Kamis, 24 Agustus 2023

LAPORAN HASIL BUDIDAYA BUNGA KERTAS

 

DAFTAR ISI

 

 

BAB 1. Pendahuluan

1.1 Latar belakang...................................................................................................... 1

1.2 Rumusan masalah................................................................................................. 1

1.3 Manfaat................................................................................................................ 3

BAB 2. Pembahasan

2.1 Deskripsi.............................................................................................................. 4

2.2 Langkah-langkah pembudidayaan....................................................................... 5

BAB 3. Penutup

3.1 Kesimpulan.......................................................................................................... 10

3.2 Saran.................................................................................................................... 10

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................... 11


 

BAB I

Pendahuluan

 

1.1 Latar belakang

Indonesia memiliki hortikultura tropika yang berlimpah karena keanekaragaman sumber daya lahan, iklim, dan cuaca yang dimilikinya. Sumber daya tersebut dapat dijadikan sebagai suatu kekuatan untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam agribisnis hortikultura dimasa depan. Produk-produk agribisnis hortikultura tropika nusantara yang terdiri dari buahbuahan, sayuran, tanaman hias, dan tanaman obat merupakan salah satu andalan Indonesia baik di pasar domestik, regional, maupun internasional

Usaha-usaha pembudidayaantanaman hias juga semakin berkembang dengan orientasi komersial.Hal ini secara tidak langsung dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat padaumumnya.tanaman hias diartikan sebagai segala jenis tanaman yang memiliki nilai hias (bunga, batang, daun, akar, aroma) yang menimbulkan kesan indahartistik atau kesan seni Salah satu tujuan dari pengembangan usahatani adalah meningkatkan pendapatan petani dalam melakukan kegiatan usahatani tersebut, pada dasarnya petani membandingkan antara hasil yang diharapkan akan diterima pada waktu panen (penerimaan, revenue) dengan biaya (pengorbanan, cost ) yang harus dikeluarkan. Kegiatan usahatani dinilai dengan uang yang diperhitungkan dari nilai produksi setelah dikurangi atau memperhitungkan biaya yang telah dikeluarkan. Pendapatan yang besar akan terjadi bila petani memaksimalkan penggunaan faktor-faktor produksi yang telah tersedia.

Tanaman bougenville termasuk tanaman perdu tegak, tinggi tanaman 2-4 meter. Keanekaragaman warna pada tanaman hias bougenville memberikan manfaat yang dapat membuat halaman menjadi hidup, seperti di halaman rumah, kantor dan sekolah. Bunga bougenville ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit.

 

1.2 Rumusan masalah

1. Apa pengertian Bunga Bougenville?

2. Apa saja jenis serta manfaat dari Bunga Bougenville?

3. Bagaimana sistem perencanaan pemberdayaan Bunga Bougenville?

4. Bagaimana proses produksi dalam pemberdayaan Bunga Bougenville?

 

 

1.3 Manfaat

Manfaat secara teori :

Sebagai tambahan literatur keperpustakaan dibidang penelitian tentang usahatani, biaya, penerimaan, pendapatan, dan kelayakan usahatani. Sebagai pedoman tentang pengaruh besar kecilnya biaya yang dikeluarkan terhadap penerimaan yang diperoleh petani.

 

Manfaat secara praktis :

Menambah wawasan dan pengetahuan penulis terutama dalam mengaplikasikan ilmu daribangku kuliah ke masyarakat atau lapangan. Sebagai informasi kepada petani untuk menjadi acuan atau tolak ukur apakah usahatani tanaman hias bougenville layak tidaknya untuk diusahakan dengan mengalokasikan sumber daya yang ada secara efektif  dan efisien untuk memperoleh keuntungan.

 


 

BAB 2

Pembahasan

 

2.1 Deskripsi

Description: C:\Users\s424\Downloads\bougenvile.jpg

Bunga kertas atau bugenvil adalah tanaman hias populer.Nama lain/ilmiahnya Bougainvillea bentuknya berupa pohon kecil yang sukar tumbuh tegak.Keindahanya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik karena tumbuh dengan rikbun. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan.

Tanaman ini disebut bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan mempunyai ciri-ciri seperti kertas.Nama latin Bougainvillea, seorang prajurit angkatan Prancis.

Bunga bougenville atau bunga kertas, merupakan bunga yang cukup menarik untuk hiasan di halaman rumah. Bunga ini cukup mudah dalam menemukannya. Sehingga tak susah untuk menghias halaman rumah anda dengan bunga bougenville. Bougenville atau kembang kertas berbentuk pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari segudang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian, karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian dari bunga, walaupun bunga yang sesungguhnya adalah bunga yang kecil yang terlindung oleh seludang.

 

Manfaat bagi kesehatan:

Disamping itu, bunga Bougainvillea juga memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia, seperti sebagai tanaman hias dan bisa juga dijadikan sebagai bahan tambahan obat. Diantaranya yaitu untuk mengobati penyakit seperti :

a.       Mengobati Batuk dan Sakit Tenggorokan.

b.      Mendetoksifikasi Tubuh.

c.       Menjaga Keseimbangan Kolesterol dan Tekanan Darah.

d.      Mengobati Masalah Pencernaan.

e.       Kaya Antioksidan.

f.       Mengobati Hepatitis

Tanaman bugenvil memiliki efek yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas udara dan air. Tanaman ini memiliki efek yang sangat baik untuk menekan polusi yang disebabkan

karena udara kotor, kondisi perubahan iklim dan berbagai efek timbal dari bahan bakar kendaraan.

Ciri-ciri

Description: C:\Users\s424\Downloads\images.jpg

-          Memiliki ciri khusus terdapat batang yang keras dan berduri tajam serta bercabang-cabang

-          Bentuk daunnya bulat dan elips dengan ujung yang runcing dengan sisi yang sama

-          Panjang daunnya sekitar 4-10 cm,lebarnya 2-6 cm

-          Bunganya memiliki bentuk yang kecil dan memiliki 3 kelopak dengan memiliki daun pelindung dengan urutan yang besar.

-          Bunga ini sangat tipis seperti kertas.

 

Jenis dan Warna Bunga Kertas

1. Bunga baugenville Afterglow ( warna merah,jingga,merah muda & koral )

2.California Gold ( bergradasi emas ke jingga )

3.Gold Rush ( warna keemasan )

4.Bambino Baby Allison ( warna pink )

5. Bambino Baby Lauren ( warna keunguan )

6. Baby Victoria ( warna magenta dan keunguan )

7.Cherry Blossom ( warna merah muda )

8.Coconut Ice ( warna putih salju )

9.Alexandra ( keunguan )

10.Berbara Karst ( warna magenta,merah,scarlet )

11.Bambino Majik ( warna gradasi ungu ke putih )

 

Syarat Tumbuh

- Harus di wilayah dengan curah hujan antara 112- 119 perbulan.

- Harus tepat pada suhu antara 24-36c

- Kelembaban antara 50%-80% ( lokasi yang terlalu basah & gelap )

- Bunga dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 10-1600 Mdpl

 

2.2.1 Langkah-langkah Pembudidayaan

Hal pertama yang harus anda persiapkan dalam budidaya tanaman hias bougenville yakni mempersiapkan benih. Benih yang baik dan berkualitas dapat diperoleh dari indukan yang berkualitas pulas. Anda sebaiknya memilih indukan yang sudah tua dan matang, kemudian dilakukan pemotongan bunga dan dijemur ke tempat yang panas. Kemudian pisahkan biji dari bunga untuk dijadikan benih.

1)      Pemberdayaan dengan cara menanam benih

2)      Pemberdayaan dengan cara di stuck

3)      Pemberdayaan dengan cara di tanam di pot

4)      Perisapkan pupuk yang baik

 

2.2.1 Cara memperbanyak tanaman

Dalam mengembangkan bunga kertas, diperlukan perhatian yang sangat ketat dalam proses pemberdayaan. Dimana siap proses sangat penting untuk diperhatikan sehingga dalam prosesnya pemberdayaan bunga kertas dapat berjalan dengan sangat baik. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam melakukan pemberdayaan bunga kertas, mulai dari cara perawatan sampai dengan pupuk.

A.    CARA PERAWATAN

1.      Sinar Matahari

Cahaya matahari cukup dibutuhkan untuk Bougenville supaya bisa tumbuh maksimal. Untuk memperoleh cukup sinar matahari, sesekali tempatkan bonsai bugenvil keluar ruangan.

2.      Tanah

Tentukan type tanah yang mempunyai drainase yang baik. Tanah yang mudah serta berpori bakal lebih gampang melalukan air bila Anda menanam Bougenville di dalam pot. Beragam bahan organik dapat juga ditambahkan untuk merangsang perkembangan bunga supaya tambah baik.

3.      Penyiraman

Bougenville di kenal sebagai tanaman yang tidak terlampau memerlukan banyak air. Tanaman ini lebih sukai tanah yang condong kering dari pada lembab. Tanah yang senantiasa lembab malah membikin akar Bougenville gampang berjamur serta jadi busuk. Cukup siram bonsai bugenvil Anda setiap sekian hari sekali waktu tanah dalam pot telah betul-betul kering.

4.      Nutrisi

Bougenville membutuhkan beragam nutrisi supaya bisa tumbuh maksimal. Berikanlah pupuk rendah nitrogen untuk meyakinkan kecukupan gizi tanaman bonsai Anda. Pemupukan dapat dikerjakan 2-3 kali dalam satu tahun.

5.      Pemangkasan

Bonsai Bougenville pas dipakai untuk membuat cantik interior rumah Anda. Pemangkasan teratur benar-benar utama untuk menjaga keindahannya. Saat bunga yang mekar mulai sedikit, cabang dapat dipotong kembali untuk merangsang perkembangan bunga. Sisa potongan mesti ditutup untuk menghindar cabang membusuk. Waktu Anda temukan cabang yang mulai membusuk, buang seluruhnya sisi tersebut untuk menghindar pembusukan menyebar ke sisi tanaman yang lain.

6.      Ganti pot

Bersamaan perkembangan bonsai, ganti pot jadi suatu hal hal yang dibutuhkan. Pergantian pot dapat dikerjakan tiap-tiap dua atau tiga tahun. Sesudah pot ditukar, bonsai Bougenville barangkali bakal alami stres hingga kehilangan beberapa besar daunnya. Tetapi perkembangan daun baru umumnya bakal selekasnya tampak dalam sebagian minggu.

7.      Hama

Hama yang umum menyerang bonsai Bougenville salah satunya ialah ulat, kutu daun, serta jamur. Bila dibutuhkan, pakai insektisida atau fungisida untuk membuat perlindungan bonsai bugenvil Anda dari serangan beragam hama.

8.      Pemupukan

Pemupukan merupakan hal penting dalam budidaya bunga kertas. Pupuk yang kandang dapat berupa kotoran ayam, kuda, domba atau kompos yang telah matang (siap pakai). Dosis sebanyak 20 sampai 30 ton/ha atau 2 – 3 kg per m2. Pupuk kandang ditaburkan merata setelah bedengan dibuat dan ditutup dengan tanah pada saat merapikan bedengan (1 minggu sebelum tanam). Pemberian pupuk kandang berikutnya dilakukan dengan interval 5 – 6 bulan. Pupuk NPK diberikan sebulan setelah tanam atau diperkirakan akar pada umbi bunga kertas telah tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga pupuk yang diberikan dapat diserap langsung oleh tanaman. Dosis pupuk sebayak 200 kg/ha atau 200g/m2. Pemberian pupuk NPK berikutnya dilakukan dengan interval 3 bulan. Selain itu, pupuk daun dapat juga disemprotkan sesuai dengan dosis anjuran dengan interval 2 minggu.

 

B.     cara stek batang

Cara memperbanyak tanaman bunga kertas atau bougenville dapat dilakukan dengan cara stek batang, anda bisa melakukan cara di bawah ini.

1)      Pilih batang tanaman bougenville yang sudah dewasa atau terlihat tua.

2)      Potong batang tersebut dengan cara menyerong dan runcing.

3)      Siapkan media tanam berupa tanah gembur yang telah dicampur dengan pupuk kandang.

4)      Masukkan campuran tanah tersebut pada pot berukuran sedang.

5)      Tancapkan batang bougenville tadi pada media tanam sedalam 10 cm. Agar tidak bergeser,patok dengan bilahan bambu.

6)      Letakkan pot pada tempat yang teduh dan kering. Namun usahakan tempatnya tidak begitu lembab juga tidak begitu panas. Biasanya setelah 20 hari batang bougenville tersebut sudah mengeluarkan tunas mudanya.

                                                                 

2.2.2        Proses produksi pemberdayaan bunga kertas

Untuk memberdayakan bunga kertas atau bougenville dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan diambil bibitnya dari putik bunga, stek dan menanam dengan cara pot.

A.    Proses produksi pemberdayaan bunga kertas dengan bibit.

Bibit bunga kertas sebagai bahan utama pemberdayaan. bunga kertas yang sudah di di potong dan di jemur sebelumnya setelah kering dengan sempurna akan di jadikan bibit. Selain itu setelah kering, anda bisa melanjutkan pada proses penyeaian.

Proses penyemaian dilakukan pada media yang terbuat dari campuran tanah, kompos, dan pasir yang seimbang. Proses penyemaian benih pada media berlangsung selama 3 sampai 7 hari hingga benih tumbuh dan memiliki daun. Setelah benih melalui proses penyemaian dan tumbuh menjadi bibit bunga kertas, anda bisa memindahkannya ke media tanam yang lebih besar. Anda bisa menggunakan media tanam pot atau langsung ditanam di taman atau pekarangan rumah

Pada saat proses pemindahan bibit anda harus melakukannya secara hati-hati, jangan

sampai merusak akar yang ada pada bibit yang dapat mengganggu pertumbuhan bunga. Media tanam bunga kertas bisa dibuat dari campuran tanah, pupuk, kompos, dan pasir dengan perbandingan 1 banding 1 banding 1, alias sama rata. Setelah tanaman hias bougenville melalui proses penanaman, tindakan selanjutnya yang harus dilakukan adalah tindakan perawatan untuk menunjang pertumbuhanya. Sama seperti tanaman lain, untuk menunjang pertumbuhannya tanaman hias bunga kertas memerlukan asupan air yang cukup. Oleh itu lakukan penyiraman secara rutin setiap hari saat pagi dan sore hari. Jangan lupa pula lakukan pemberian pupuk setiap 2 minggu sekali, dan jangan lupa potong tangkai yang mati dan mengganggu.

Setelah tanaman bunga kertas Anda sudah mulai tumbuh, maka tinggal lakukan  perawatan saja. Karena tanaman ini bisa tumbuh mudah di mana saja, maka perawatannyapun sudah pasti mudah. Sebenarnya perawatan terhadap tanaman dilakukan untuk membuatnya tumbuh subur, lebat dengan tampilan yang menarik. Jadi untuk mewujudkannya pada bunga

bougenville, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda ikuti. Yaitu:

2.      Penyiraman

Bougenville membutuhkan air yang banyak pada saat awal penanaman. Sama halnya dengan tanaman-tanaman lainnya yang membutuhkan nutrisi dari pasokan air di masa awal pertumbuhan. Akar yang baru tumbuh membutuhkan jumlah air yang banyak dibandingkan akar yang sudah tumbuh besar. Jadi ketika sudah tumbuh besar, bunga kertas ini akan mengalami fase dimana ia tidak membutuhkan air. Fase ini dinamakan ‘fase kering. Fase kering ini terjadi pada saat bougenville sudah mulai memperlihatkan kuncupnya yang siap berbunga. Pada saat itu, kurangi pemberian air, karena jika terlalu banyak diberi air, maka bunganya susah merekah. Namun fase kering ini tidak berlangsung lama. Hanya sekitar 3-4 hari saja sampai bunganya mekar seluruhnya. Pada saat mekar, maka bisa diberikan penyiraman lagi.

3.      Sinar Matahari

Bunga bougenville merupakan tanaman bunga yang membutuhkan banyak asupan sinar matahari. Yaitu sekitar 70% sinar matahari. Bahkan disaat matahari terik sekalipun. Maka dari itu, simpanlah bunga bougenville Anda pada tempat-tempat terbuka yang dapat terkena paparan sinar matahari secara langsung.

4.      Pemupukan

Untuk pemupukan, bunga kertas tidak memerlukan pemupukan secara khusus. Hanya

seperti tanaman-tanaman lain pada umumnya. Berikan secara berkala dalam jumlah yang sewajarnya saja. Walaupun bunga bougenville bisa tumbuh dimana-mana, namun tampilan bunga yang diberi pupuk jelas berbeda dengan yang tidak diberi. Bunga yang diberi pupuk akan tumbuh lebih lebat dan subur.

5.      Pemangkasan

Bougenville bersifat rimbun. Jadi tanaman ini akan tumbuh dan berbunga dengan lebat. Maka dari itu, diperlukan pemangkasan agar tanamannya tidak bersulur kemana-mana. Dengan pemangkasan berkala, maka tampilan bunga bougenville bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Bisa dibuat bougenville bonsai atau dijadikan penghias pagar rumah. Selain mempercantik tampilan, pemangkasan terhadap bougenville juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bunga-bunga indah yang baru juga menjauhkanya dari penyakit-penyakit atau hama tanaman.

 


 

BAB 3

Penutup

 

3.1 Kesimpula

Bunga bougenville atau bunga kertas, merupakan bunga yang cukup menarik untuk hiasan di halaman rumah. Bunga ini cukup mudah dalam menemukannya. Sehingga tak susah untuk menghias halaman rumah anda dengan bunga bougenville. Bougenville atau kembang kertas berbentuk pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari segudang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian, karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian dari bunga, walaupun bunga yang sesungguhnya adalah bunga yang kecil yang terlindung oleh seludang.

Bunga Bougenville (bougainvillea) adalah tanaman asli Amerika Selatan. Bougenville

terhitung dalam keluarga Nyctaginaceae. Tanaman ini bisa tumbuh sampai setinggi 4 meter. Tak hanya dibiarkan tumbuh dengan cara alami, Bougenville juga adalah satu diantara tanaman yang dapat di buat bonsai. Bunga Bougenville atau sering disebut dengan bunga kertas merupakan nama salah satu bunga yang banyak tumbuh disekitar kita. Bunga ini mempunyai karakteristik yang unik dan menarik serta patut kita ambil hikmahnya untuk kehidupan kita sehari hariia akan tumbuh bunga warna-warni yang indah dikala musim panas/kemarau dan kemudian ia akanmenggugurkan bunganya disaat musim hujan datang, kemudian akan tumbuh tunas-tunas daun baru yang segar dan menyejukan pandangan. Kita dapat berkreasi dengan bunga bougenville, yaitu dengan memberikan warna bunga dan daun yang berbeda pada sebuah pohon bougenville. Sehingga kalau sedang berbunga, satu pohon bisa beraneka warna daun dan bunga.

 

3.2 Saran

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka penulis mohon kritik dan saran guna perbaikan untuk masa yang akan datang.

 

 


 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Bougenville

http://dianovaanwar.blogspot.com/2013/06/aneka-jenis-dan-macam-bunga-kertas_6730.html

http://kembangpete.com/2014/07/04/mengenal-tanaman-bougenville-yang-indah/

http://www.makalah.my.id/2016/03/makalah-budidaya-bunga-baugenville.html?m=1

https://bibitbunga.com/cara-stek-bunga-kertas-bougenville/

https://bibitbunga.com/cara-merawat-bunga-bougenville/

https://disperkimtan.palangkaraya.go.id/tanaman-bunga-kertas-bougainvillea/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS

  MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS           Disusun Oleh : DADANG MAULANA YUSUF D4 KEARSIPAN         UNIVERSITAS...