A
A/B Testing adalah pengujian dua (atau lebih) pilihan di media untuk mengukur
perbedaan statistik dalam pengaruhnya masing-masing. Contoh : menguji
mana iklan yang lebih efektif, gambar atau video ? Gambar A atau gambar B?
Ad Ops adalah pengukuran dan optimalisasi periklanan melalui teknik program
dan pengelolaan investasi media berbayar.
Ad Tech adalah teknologi untuk mengelolah penempatan, optimasi dan
otomasi iklan digital di seluruh saluran.
(Google) AdWords adalah platform periklanan
dari Google dimana kita dapat mengatur iklan bisnis kita. Disini kita
bisa mengatur tempat penempatan iklan di Google Search (pencarian Google)
atau Google Network (Jaringan Google), lokasi target pasar, bahasa,
dsb. Teknologi ini memudahkan penargetan iklan ke penelusuran tertentu, dan
iklan muncul di atas dan di sebelah kanan penelusuran organik.
(Google) AdSense adalah sebuah program yang dijalankan oleh
Google yang memungkinkan penayang di situs konten Google Network untuk
menyajikan iklan teks, gambar, video, atau media interaktif, yang ditargetkan
ke konten dan pemirsa situs.
Perbedaan antara Google Adwords dan AdSenese adalah AdSense
menayangkan iklan AdWords ke konten website lain, sehingga Google akan
membayar website penayang iklan tersebut sesuai jumlah klik atau tayangan (impressions)
iklan, tergantung jenis iklan.
Advocacy Marketing adalah memanfaatkan pendukung merek (brand)
sebagai aset untuk mendorong pembelian dari pembeli potensial, biasanya
melalui media digital.
Affiliate Marketing adalah tindakan mempromosikan perusahaan
lain dengan tujuan memberikan prospek sebagai imbalan untuk komisi
yang akan diberikan oleh perusahaan tersebut.
AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action. Ini
adalah salah satu prinsip dasar pemasaran dan periklanan modern sebagai tahapan
yang harus diingat dalam proses penjualan sebuah produk atau jasa. Menurut
model ini, alat promosi harus menarik perhatian (A), mendapatkan dan mendorong
minat (I), membangkitkan keinginan (D), dan menghasilkan tindakan (A).
Alexa Internet adalah sebuah situs web dan toolbar
yang melacak jumlah klik (pengunjung) ke situs web tertentu dan memberi
peringkat berdasarkan jumlah ini.
API adalah singkatan dari Application Programming Interface,
sebuah antarmuka dokumen yang memungkinkan aplikasi perangkat lunak
untuk berinteraksi dengan aplikasi lain. Sebagai contoh website kita dapat
memakai API Twitter atau API Facebook untuk mengijinkan pengguna masuk ke
website kita (login) dengan akun Twitter atau Facebook mereka.
Augmented Reality (AR) adalah integrasi lingkungan fisik (dunia
nyata) dan dunia digital untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara
waktu sebenarnya (real time). Contohnya adalah game PokemonGo.
Automatic Content Generation adalah sistem yang secara otomatis
membuat dan menggabungkan konten (misal Posting blog, artikel, posting
media sosial) untuk dikonsumsi oleh pengguna.
Automatic Content Recognition adalah perangkat lunak yang
memungkinkan perangkat teknologi mengenali konten dalam kedekatannya.
Contoh : Anda sedang menonton acara wisata di televisi Anda, tiba-tiba akan
muncul iklan tentang paket wisata di gadget Anda.
Auto Responder adalah program teknologi yang dirancang untuk merespon email,
komentar, atau pesan secara otomatis. Contoh artikel yang terkait tentang auto
responder dapat dilihat disini.
Avatar adalah gambar yang mewakili sebuah akun di jejaring sosial atau
forum.
B
B2B
adalah singkatan dari Business-to-Business. Perdagangan yang lebih
diutamakan antara sesama pelaku bisnis daripada antara para pelaku
bisnis dan konsumen.
B2C
adalah singkatan dari Business-to-Consumers. Perdagangan antara
para pelaku bisnis dan konsumen.
B2G
adalah singakatan dari Business-to-Government. Perdagangan antara
para pelaku bisnis dan pemerintah.
Back link adalah tautan ke situs web kita dari web lain. Jika
ada website lain yang memberi tautan (back link) ke website
kita, ini akan meningkatkan peringkat situs web kita saat dievaluasi oleh webcrawler
seperti PageRank, apalagi website tersebut sangat populer. Ini sangat
ditekankan oleh SEO.
Bitly adalah aplikasi
pemendekan URL gratis. Mereka juga menyediakan analisis pada tautan
Anda. Untuk mencobanya, silahkan klik disini.
Blekko
adalah mesin pencari yang relatif baru, bertujuan untuk lebih baik
Google. Mesin pencari ini mengklaim bebas spam dan juga berisi
fungsionalitas yang mempermudah SEO. Saat ini Teknologi blekko dan tim
pengembangnya telah bergabung dengan IBM Watson
Blog
adalah berasal dari kata WEB LOG yang secara sederhana berarti
Jurnal Online. Blog biasanya akan berisi tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai
posting) pada sebuah halaman web. Biasanya blog dipakai sebagai buku harian,
media berita, kegiatan perusahaan dan sebagainya. Bahkan tidak sedikit
e-commerce yang membuat blog untuk memperbaiki SEO mereka, seperti situs
jual kado,
Happy Kado.
Blogger
adalah penulis blog.
Blogosphere adalah kumpulan dari seluruh blog atau weblog yang
saling tersambung di jagat internet ini.
Blogroll
adalah metode tradisional bagi blogger untuk mencantumkan semua blog lain
yang telah mereka baca. Daftar blog lain biasanya di cantumkan pada
widget/sidebar. Hal ini bertujian sebagai pertukaran link (link exchange)
antara blog anda dengan blog lainnya.
Boilerplate adalah blok salinan yang berisi standarisasi atau
informasi tentang organisasi yang umumnya muncul di bagian bawah
siaran pers, artikel, dll. Dan biasanya ini cukup penting juga untuk SEO karena
akan berisi kata kunci-kata kunci yang sering dipakai oleh pengguna saat
mencari di Google.
Bounce Mail adalah surat elektronik (email) yang tidak dapat
mencapai tujuan akhir mereka karena penerima yang tidak sah alamatnya
atau tertangkap dalam filter spam atau kegagalan mengirim lainnya
Brand Awareness adalah seberapa cepat sebuah merek bisa dipanggil
ke pikiran atau dikenali oleh konsumen. Contoh : Jika saya sebuat “air mineral”,
maka Anda akan teringat merek A*ua. Atau Jika saya sebut “pompa air”, maka Anda
akan teringat merek “S*nyo”.
Buyer Persona adalah Seorang fiktif yang diciptakan untuk mewakili
semua atribut atau karakteristik suatu potensi pembeli. Dibuat berdasarkan
penelitian sehingga merek bisa lebih memahami siapa pembeli mereka
berdasarkan siapa mereka, bagaimana mereka berpikir dan bagaimana cara terbaik
untuk mencapainya.
Biasanya untuk memuali bisnis, kita harus tentukan dulu
karakteristik calon pembeli kita, seperti jenis kelamin mereka, usia mereka,
hobi mereka, finansial mereka, media sosial apa yang mereka pakai, apa
ketakutan mereka, harapan mereka dan sebagainya.
Buyer’s Journey adalah pengalaman yang dimiliki oleh pelanggan
potensial atau pelanggan yang sudah pernah membeli, mulai dari awal sampai
akhirnya dia memutuskan untuk membeli. Tahapan ini sering dikategorikan
dalam empat tahap: penemuan, pertimbangan, keputusan dan advokasi
Buzz
adalah obrolan positif, menyebut (mention) dan posting online
mengenai sebuah merek, produk atau acara.
C
Call to Action adalah bagian dari iklan yang mendorong pengguna untuk bertindak
(yaitu “klik disini” atau “Masukkan ke keranjang sekarang” atau “Gabung
sekarang”).
Campaign adalah sebuah pesan pemasaran dengan tujuan tertentu. Campaign
(Kampanye) dapat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan sebuah brand,
mengumpulkan dana atau meningkatkan penjualan produk.
Click Through Rate (CTR) adalah rasio yang menunjukkan seberapa sering
orang-orang yang melihat iklan Anda pada akhirnya mengklik iklan tersebut.
Rumus CTR adalah jumlah klik yang diterima iklan dibagi dengan frekuensi
iklan ditayangkan. Misal iklan ditampilkan 100x, dan ada 10 orang yang
melakukan klik pada iklan tersebut, maka CTR-nya adalah 0.1.
Click Bait adalah istilah yang (biasanya) merendahkan pada konten web
(biasanya pada judul konten), yang tujuan utamanya adalah membuat pengguna
meng-klik tautan untuk membuka laman web tertentu.
Cloaking adalah teknik Search Engine Optimization (SEO) dimana
konten yang disajikan ke search engine spider berbeda dengan yang
disajikan ke browser pengguna. Hal ini sangat merugikan pengguna
karena memanipulasi konten website dari yang sebenarnya dicari.
Cloud Advertising adalah layanan yang mendukung pemilihan dan penyampaian
data periklanan berdasarkan pada mekanisme lelang yang sesuai
dengan penawar tayangan iklan.
Content Aggregator adalah organisasi yang mengumpulkan konten dari
berbagai sumber dan menyediakannya untuk bisnis / perusahaan / merek dengan
biaya tertentu.
Content Marketing adalah praktik membuat dan mengurasi konten dengan
tujuan meningkatkan kesadaran akan sebuah merek, hubungan konsumen / merek,
pengalaman pelanggan, pengaruh industri dan kesetiaan. Konten dapat mencakup,
namun tidak terbatas pada, teks, video, citra, kutipan dari pernyataan
pemimpin, dll. Hal ini juga bagus untuk SEO.
Sebagai contoh, Happy Kado adalah sabuah bisnis
menjual kado yang melakukan pemasarannya dengan content marketing.
Happy Kado membuat banyak artikel dalam blog-nya
yang terkait dengan bisnis mereka, yaitu jual kado.
Conversion adalah saat pengguna menyelesaikan tindakan target, seperti
mendaftar atau mengeklik atau berbelanja melalui di situs web.
Conversion Rate Optimisation (CRO) adalah sebuah sistem
untuk meningkatkan persentase pengunjung ke situs web yang menjadi pembeli atau
pelanggan, atau lebih umum, mengambil tindakan yang diinginkan pada halaman web
(seperti mendaftar atau mengklik).
Cookies adalah kode tertulis yang disimpan sebuah website pada hard
disk komputer pengunjungnya agar bisa mengingatkan sesuatu pada
pengunjung tersebut di lain waktu. Misalnya, cookies mencatat untuk
komputer prospek kita setelah ia mengklik suatu affiliate link. Cookies
digunakan agar bisa mengidentifikasi affiliate mana yang harus diberi
komisi.
Cost Per Click (CPC) adalah biaya untuk setiap klik pada link
iklan PPC (Pay Per Click). Biasanya dihitung dari berapa budget yang
Anda keluarkan untuk sebuah campaign dibagi dengan total klik yang terjadi
melalui campaign tersebut. Misal : Anda mengeluarkan biaya Rp.10.000,- untuk
sebuah iklan di Facebook. Dalam iklan tersebut terjadi klik sebanyak 100x. Maka
CPC-nya adalah : 10.000 / 100 = Rp.100,-/klik.
Cost Per Lead (CPL) adalah biaya yang didapat pengiklan untuk setiap
prospek yang didapat oleh affiliate. Misal : dalam sebuah iklan
dengan budget Rp.10.000,- ternyata ada 10 orang yang bersedia mendaftar, maka
CPL-nya adalah 10.000 / 10 = Rp.1.000/leads.
Cost Per Thousand (CPM) adalah istilah pemasaran yang digunakan untuk
menunjukkan harga 1.000 tayangan iklan pada satu halaman web. Jika
penayang situs web menagih BPS Rp.10.000,-, itu berarti pengiklan harus
membayar Rp.10.000,- untuk setiap 1.000 tayangan iklannya. “M” dalam CPM
mewakili angka Romawi untuk 1.000.
Crawler adalah program yang secara sistematis menjelajahi World Wide
Web, biasanya untuk tujuan pengindeksan Web (web spidering).
Sering disebut dengan spider.
Cross Selling adalah konsep penjualan yang menggunakan produk utama
sebagai trigger untuk penjualan selanjutnya karena adanya
keterkaitan kebutuhan. Lihat artikelnya disini.
Crowdsourcing adalah sebuah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan
suatu proses dalam mendapatkan pekerjaan ataupun pendanaan dari sekelompok
orang dalam jumlah banyak melalui fasilitas online.
Customer Acquisition Cost (CAC) adalah biaya yang terkait dalam
meyakinkan pelanggan untuk membeli produk / jasa. Biaya ini dikeluarkan oleh
organisasi untuk meyakinkan calon pelanggan. Biaya ini termasuk biaya produk
serta biaya yang terlibat dalam biaya penelitian, pemasaran, dan aksesibilitas.
Customer Effort Score adalah ukuran usaha yang dibutuhkan pelanggan untuk
terlibat dan berbisnis dengan sebuah merek.
Customer Touch Points adalah peluang yang tersedia bagi merek untuk
terlibat dengan pelanggan di banyak saluran, baik digital maupun
tradisional.
D
Data-Driven Marketing adalah pemasaran yang didukung oleh data yang
diperoleh mengenai perilaku dan keinginan dari pelanggan.
Digital Commerce adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa
menggunakan jaringan internet, jaringan mobile dan infrastruktur perdagangan.
Digital Marketing adalah penggunaan teknologi dan informasi
terpadu untuk menciptakan
dan memasarkan produk dan layanan baru, memperbaiki proses dan terlibat (engage) dengan influencer dan pembeli dengan tujuan memperoleh dan mempertahankan pelanggan. Ada agency tertentu yang menawarkan jasa digital marketing, seperti Alpha Next.
dan memasarkan produk dan layanan baru, memperbaiki proses dan terlibat (engage) dengan influencer dan pembeli dengan tujuan memperoleh dan mempertahankan pelanggan. Ada agency tertentu yang menawarkan jasa digital marketing, seperti Alpha Next.
Digital Touch Points adalah peluang interaktif selama perjalanan
pembelian oleh pelanggan yang dimungkinkan oleh media digital dan mungkin
memerlukan tindakan (yaitu klik-tayang).
Digg adalah sebuah situs berita online yang memiliki algoritma unik. Situs
ini memungkinkan pembacanya mengirimkan artikel dan juga memungkinkan orang
untuk memilih apakah mereka menyukai artikel tersebut atau tidak. Artikel
dengan jumlah suara tertinggi muncul di bagian atas halaman sementara cerita
yang kurang populer bergerak ke bawah halaman.
E
Event-Triggered Marketing adalah pemasaran yang mempersonalisasikan
pengalaman pelanggan dengan menawarkan penawaran dan komunikasi
berdasarkan rincian yang secara khusus relevan bagi pelanggan
dan kepentingan mereka. Contoh : pelanggan kita punya hobi olahraga basket, maka kita
hanya akan menawarkan produk yang berkaitan dengan olahraga basket.
E-Commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce yang
berarti transaksi jual beli secara online.
Email Marketing adalah pemasaran dengan
mengirim pesan komersial, biasanya ke sekelompok orang, menggunakan email
(surat elektronik). Beberapa alat email marketing seperti : Active Campaign,
Alpha Mail, Get Response dan sebagainya.
Email Automation adalah proses otomatisasi pemasaran dengan
email (email marketing) yang memungkinkan Anda mengirim pesan ke
pelanggan Anda pada waktu atau kondisi yang telah ditentukan.
Email Signature adalah sebuah pesan singkat yang menjadi
kalimat penutup pada setiap email yang dikirim oleh seseorang. Email
signature isinya bisa berupa affiliate links, yautan ke situs
yang relevan, penawaran gratis dan pesan-pesan iklan lainnya.
Earning Per Click (EPC) adalah rata-rata pendapatan kita per klik.
Jumlah ini diperoleh dari hasil pembagian pendapatan kita dengan banyaknya
klik. Contohnya, jika kita mendapatkan klik sebanyak 100 kali dan setiap klik
harganya (CPC) Rp.500,-, maka nilai EPC adalah Rp.5,-.
F
Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk
mempromosikan atau mengiklankan melalui Fan Page yang sebelumnya sudah
dibuat oleh pengguna Facebook. Ada 3 obyektif dari Facebook Ads, yaitu Awareness, Consideration
dan Conversion.
Filter Bubble adalah sebuah keadaan “isolasi intelektual’ yang dapat dihasilkan
dari penelusuran yang dipersonalisasi saat algoritma situs web secara selektif menebak
informasi apa yang pengguna ingin lihat berdasarkan informasi tentang pengguna,
seperti lokasi, riwayat klik-perilaku dan penelusuran terakhir.
Saat ini Google dan mesin pencari lainnya berusaha untuk memiliki lebih
dulu apa yang Anda inginkan saat Anda mencari. Geo-Targeting adalah salah satu
contohnya, namun mesin pencari juga akan mencoba menebak yang Anda inginkan,
dan menyesuaikan hasil Anda, dengan riwayat pencarian Anda sebelumnya.
Flame adalah pesan yang isinya menghina atau menghasut yang dikirim melalui
email, atau dikirim ke sebuah forum atau newsgroup.
Flash adalah teknologi yang digunakan untuk memungkinkan video dan animasi
disematkan di situs web atau di sebuah iklan digital.
Footer adalah bagian terbawah dari sebuah halaman web. Biasanya akan
berisi tautan penting ke beberapa halaman atau media sosial yang terkait dengan
website tersebut.
G
Gamification adalah penggunaan mekanisme permainan untuk melibatkan pemain, dan
menerapkannya pada pengalaman non-game untuk memotivasi tindakan yang memberi
nilai tambah bagi bisnis Anda.
Geotargeting adalah layanan yang memungkinkan pengiklan dan pemasar menargetkan
pengguna menurut lokasi secara berurutan untuk menyampaikan lebih
banyak konten atau iklan yang relevan. Umumnya diraih oleh menggunakan
layanan pencarian IP, perangkat berbasis GPS atau triangulasi menara sel.
Google+ adalah media sosial seperti Facebook atau Twitter yang diciptakan
oleh Google sendiri. Google+ merupakan pesaing terbaru ke pasar jejaring
sosial, dan menawarkan keuntungan untuk menggabungkan semua layanan Google
lainnya di bawah satu situs jejaring sosial.
Google Analytics adalah alat berbasis browser gratis milik Google
yang memungkinkan pengguna melacak banyak statistik yang berbeda mengenai situs
web yang dimiliki. Alat ini sangat penting untuk SEO. Misalnya, seorang
webmaster akan dapat melacak dari mana pengguna tiba di situs Anda, browser
apa yang mereka gunakan, halaman apa saja yang mereka akses dan banyak
informasi lainnya.
Google Ad Grants adalah tawaran dari Google hingga $ 10.000 dalam
iklan PPC gratis untuk tujuan amal (non-profit) yang memenuhi syarat. Seperti
Google Adwords tapi untuk tujuan non-profit.
Google Display Network (GDN) adalah bagian dari Google Adwords
yang memungkinkan Anda menampilkan iklan di jutaan situs di dunia seperti
Detik, Kompas dan lainnya.
Google Keyword Planner adalah layanan gratis di Google untuk mengetahui
berapa banyak suatu kata kunci dicari oleh orang setiap bulannya.
Google Trends adalah layanan gratis di Google yang menunjukkan kepadatan
penelusuran menurut kata kunci. Hal ini dapat menunjukkan popularitas kata
kunci dibandingkan dengan orang lain, serta popularitas selama jumlah waktu
tertentu pada suatu negara tertentu.
Perbedaan Google Trends dari Google Keyword Planner adalah Google
Keyword Planner lebih detil dan dapat dipakai langsung untuk membuat iklan
Google Adwords.
Guerilla Marketing adalah strategi pemasaran konten kreatif
yang membanggakan dirinya karena tidak konvensional.
H
Hangout adalah layanan video yang disediakan oleh Google + yang memungkinkan
hingga 10 orang berbicara sekaligus.
Hoplink adalah nomor I.D keagenan dari suatu produk yang dapat ditawarkan oleh
seorang affiliate. Sering juga disebut affiliate link.
HTML adalah singkatan dari Hyper-Text Mark-up Language yang merupakan
bahasa yang digunakan untuk menulis halaman di Web. Jika Anda klik kanan pada
halaman ini pilih “view code” atau klik “Ctrl + U” Anda bisa melihat kode ini.
HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol yang
merupakan sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk
sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia
HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang
merupakan tambahan keamanan dari HTTP. Program ini melindungi encrypts
dan decrypts permintaan dari halaman web. Setiap kali kita membayar barang yang
kita beli dengan kartu kredit di internet, HTTPS akan melindungi rincian kartu
kredit kita.
Hyperlink adalah sebuah tautan yang disematkan di dokumen elektronik yang, saat
diklik, mengarahkan pengguna ke halaman web yang sesuai.
I
Impression adalah istilah yang mengacu pada titik di mana iklan dilihat satu
kali oleh pengunjung, atau ditampilkan satu kali pada halaman web. Jumlah
tayangan iklan (impression) dihitung dari berapa kali iklan itu dipanggil
dan dimunculkan dalam suatu web.
In-App Advertising adalah penempatan media berbayar di dalam
aplikasi, baik di platform seluler atau sosial.
In-Game Advertising adalah media berbayar ditempatkan dalam
game online atau game mobile.
Incoming Link adalah link yang datang ke situs kita dari situs lain. Sering
disebut juga dengan Inbound Link atau Incoming Link
Inbound Link adalah link yang datang ke situs kita dari situs lain. Sering
disebut juga dengan Backlink atau Incoming Link.
Influencer adalah seseorang yang ahli dalam bidang tertentu dan, atau,
memiliki banyak pengikut, sehingga punya kekuatan dalam mengkomunikasikan
pendapat mereka kepada pengikut mereka, mungkin mempengaruhi pendapat dan
perilaku mereka.
Instagram Ads adalah fitur iklan di Instagram untuk mendorong kesadaran dan
meningkatkan basis pelanggannya melalui visual (foto maupun video).
Internet Marketing adalah pemasaran sebuah produk fisik maupun digital
melalui media internet.
IM adalah singkatan dari Instant Messaging yang merupakan teks yang
dikirim secara real-time. Hal ini dapat terjadi one-to-one
atau dalam pesan grup. IM juga memungkinkan pengguna untuk merekam live dan
video calling.
J
JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan
dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian
besar penjelajah web populer seperti Chrome, Internet Explorer (IE), Mozilla
Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam
halaman web menggunakan tag SCRIPT.
Joint Venture adalah kerjasama bisnis di mana dua atau lebih pihak sepakat
untuk mengumpulkan sumber daya mereka untuk tujuan menyelesaikan tugas
tertentu.
K
Keyword (kata kunci) adalah istilah yang pengguna inputkan di
mesin pencari, seperti Google, atau istilah yang digunakan oleh situs web
dengan tujuan meningkatkan kemungkinan peringkat tinggi di mesin pencari.
Keyword Stuffing adalah pengisian kata kunci, yang relevan maupun
yang tidak relevan dengan situs web tersebut, yang diletakkan pada meta tag
atau bagian lain yang tersembunyi di HTML, dengan harapan ketika pengguna
mencari kata kunci tersebut akan menemukan website kita di hasil pencarian
mesin pencari. Cara ini sering disebut dengan “black hat” untuk
memasukkan banyak kata kunci yang tidak relevan. Tapi Google sudah memperbaiki
secara terus-meneurs alogoritma pencariannya yang dapat menghindari black
hat.
Keyword Density adalah persentase
berapa kali kata kunci atau frasa muncul di halaman web dibandingkan jumlah
kata di halaman tersebut. Dalam konteks optimasi mesin pencari,
kepadatan kata kunci dapat digunakan untuk menentukan apakah sebuah halaman web
relevan dengan kata kunci atau frase tertentu. Tidak ada persentase yang
ideal atau tepat untuk peringkat yang lebih baik. Tidak lebih dari 5% adalah cukup baik.
Keyword Proximity adalah kemiripan dua atau lebih kata kunci dalam
teks.
L
Landing Page adalah sebuah halaman pada website sebagai
tempat pertama kali pengguna tiba di website tersebut. Biasanya pengguna tiba
di halaman tersebut karena meng-klik iklan PPC atau tautan dalam email. Landing
page bisa jadi adalah homepage maupun halaman
khusus sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna.
Lead adalah calon pelanggan atau prospek.
Lead Magnet adalah penawaran gratis dengan imbalan email dari
pengguna. Lead Magnet dapat berupa e-book, buku panduan, video training,
Free Trial, resep, diskon, kuis, tes dan sebagainya. Dan yang terpenting adalah
itu semua gratis.
Link Building adalah proses untuk meningkatkan jumlah tautan ke sebuah situs.
Ini bisa dengan menghasilkan konten yang lebih menarik atau layak diberitakan,
membuat blog, meminta klien untuk menautkan, ditambah banyak teknik lainnya.
Ini adalah tujuan SEO untuk membangun banyak tautan bagus ke situs web
tersebut.
Long Tail Keyword adalah memperpanjang atau membuat lebih spesifik
dari kata kunci utama atau kata kunci yang sering dicari. Long tail
keyword mendapatkan lebih sedikit traffic (lalu lintas
penelusuran), namun biasanya akan memiliki nilai konversi yang lebih tinggi,
karena lebih spesifik.
Contoh Long tail keyword : kata kunci utamanya adalah
“sepatu”. Kita bisa menambahkan sedikitnya 3 kata lagi dari kata kunci
tersebut, seperti “sepatu wanita hak tinggi”, “sepatu anak untuk sekolah” dan
lain sebagainya.
Link Bait adalah sebuah halaman web dengan konten yang menarik yang
membuat orang akan membagikan tautan ke web tersebut ke orang lain. Mereka
dapat membagikannya melalui email, atau melalui Facebook atau Twitter, atau
bahkan berita sosial lainnya.
Location-Based Advertising adalah periklanan yang dirancang untuk menarik
calon pelanggan di lokasi tertentu yang sering menggunakan alamat IP atau
informasi dari mobile GPS.
Location-Based Offers adalah penawaran digital yang berbasis
eksklusif pada lokasi calon pelanggan.
Loyalty Marketing adalah jenis pemasaran berdasarkan terciptanya
hubungan yang berkelanjutan dan bermanfaat dengan pelanggan melalui kenyamanan,
harga kompetitif dan insentif yang dapat disesuaikan.
M
M-Commerce adalah tindakan jual beli barang dan jasa melalui perangkat
mobile yang menggunakan teknologi nirkabel
Mailing List adalah daftar nama dan alamat email dari orang-orang yang akan
menerima materi iklan, informasi, atau majalah dan sebagainya secara berkala.
Marketing Automation adalah aplikasi pemasaran yang mengotomatisasi
berbagai aspek proses kampanye, seperti email automation.
Marketing Qualified Lead adalah seorang calon pelanggan yang
memenuhi kriteria yang telah ditentukan yang mengindikasikan akan menjadi
pelanggan. Atau seringkali disebut dengan prospek.
Meme adalah sebuah ide, lelucon atau konsep yang orang bagikan.
Meme bisa berupa gambar atau video atau teks. Biasanya meme datang dalam bentuk
gambar dengan teks yang mendukung.
Meta Tags adalah informasi yang tertanam dalam kode halaman web (HTML)
yang berisi deskripsi dasar dari halaman, sering digunakan untuk
tujuan optimasi mesin pencari. Meta tags bisa berupa judul,
kata kunci, deskripsi dan sebagainya.
Mobile App adalah jenis perangkat lunak yang dirancang untuk berjalan di
perangkat mobile, seperti komputer tablet atau smartphone.
Contoh Mobile App yang terkenal seperti Whatsapp, Google Map, Instagram, Angry
Birds dan sebagainya.
Monetization adalah proses mengubah aset yang tidak menghasilkan menjadi sumber
pendapatan. Sebagai contoh : membuat blog kita untuk
menghasilkan uang.
Multichannel Marketing adalah jenis pemasaran yang dirancang untuk
mengoptimalkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan interaksi dengan
pelanggan melalui kombinasi saluran tradisional maupun digital.
N
NoFollow adalah sebuah kode yang diletakkan pada tautan oleh webmaster
untuk memberi tahu mesin telusur agar “Jangan mengikuti tautan di laman ini”
atau “Jangan mengikuti tautan khusus ini”.
Negative Keyword adalah kebalikan dari “keyword” (kata kunci). Jadi
jika pengguna memasukkan negative keyword (kata kunci negatif), maka
hasilnya tidak akan ditampilkan. Hal ini berguna jika Anda memasang iklan di
Google Adwords.
Kata kunci negatif dapat membantu memfokuskan kampanye Anda pada apa
yang benar-benar dicari atau diminati pelanggan Anda. Misalnya, saat Anda
menambahkan “gratis” sebagai kata kunci negatif ke kampanye atau grup iklan
Anda, Anda memberi tahu AdWords agar tidak menampilkan iklan Anda untuk
penelusuran yang berisi istilah “gratis”.
News Feed adalah pusat dari semua update berita atau postingan
orang lain. Untuk Facebook, news feed terdiri dari posting milik
teman. Di Twitter, ini dikenal sebagai Timeline yang terdiri dari
tweet dari orang-orang yang Anda ikuti. Umpan berita terus disegarkan dengan
tulisan terbaru.
Newsletter adalah sebuah buletin yang
diterbitkan secara periodik, biasanya melalui email, ke anggota, bisnis atau
organisasi.
O
Online
Advertising Data Exchanges
adalah pasar online dimana anggota dapat membeli dan menjual data dengan
tujuan meningkatkan efektivitas periklanan.
Online
Retailers adalah perusahaan yang menjual
produk atau layanan secara online.
Organic
Marketing adalah
suatu tindakan agar pelanggan Anda datang kepada Anda secara alami dari
waktu ke waktu tanpa menggunakan tautan berbayar atau boosted post. Organic Marketing adalah
kebalikan dari Paid Marketing (berbayar).
Organic
Listing adalah merupakan hasil pencarian
web secara alami (tanpa berbayar).
Outgoing
Link adalah tautan di website kita yang
membawa pengguna ke website lain. Sama dengan Outbound Link.
Opt-in
Email adalah istilah yang digunakan
ketika seseorang diberi opsi untuk menerima email yang didahului dengan
proses subscribe atau berlangganan.
P
Page
Rank adalah cara untuk mengukur
penting-tidaknya sebuah halaman situs web. Menurut Google: PageRank
bekerja dengan menghitung jumlah dan kualitas tautan ke halaman untuk
menentukan perkiraan kasar seberapa penting situs web tersebut.
Page
View adalah metrik untuk menghitung
berapa banyak pengguna berkunjung ke halaman tersebut. Sering disebut juga
dengan Page Impression.
Paid
Marketing adalah bentuk pemasaran di dunia
digital dengan cara berbayar (bukan alami). Pemasaran ini dapat berupa tautan
berbayar ataupun boosted boost. Paid Marketing adalah
kebalikan dari Organic Marketing.
Paths
to Purchase adalah rangkaian perjalanan dari
calon pembeli hingga menjadi pembeli (terjadi pembelian). Disebut juga Customer
Journey.
Pay-Per-Action
(PPA) adalah komisi yang dibayarkan
oleh pemasang iklan untuk setiap tindakan tertentu yang dihasilkan oleh affiliate.
Tindakan itu seperti penjualan, klik, pengiriman formulir (pendaftaran) dan
sebagainya.
Pay-Per-Click
(PPC) adalah komisi yang dibayar oleh
pemasang iklan untuk setiap klik yang melalui situs affiliate.
Pay-Per-Lead (PPL)
adalah komisi yang dibayar oleh
pemasang iklan untuk setiap prospek yang dihasilkan oleh affiliate.
Pay-Per-Sale
(PPS) adalah komisi yang dibayar
oleh pemasang iklan untuk setiap penjualan yang dihasilkan oleh affiliate.
Payment
Gateway adalah sebuah layanan
e-commerce yang memproses pembayaran online seperti kartu kredit.
(Google)
Penguin adalah pembaruan algoritma
pencarian Google yang diumumkan pada tahun 2012 yang berfungsi
mencegah black-hat SEO.
Platform adalah kerangka yang menjalankan
perangkat lunak dan menyajikan konten. Sebagai contoh ada begitu banya
platform untuk e-commerce seperti WooCommerce, Magento, Easy
Store, dan sebagainya.
Plugin adalah komponen perangkat
lunak yang menambahkan fitur tertentu ke program komputer yang lebih
besar yang sudah ada sebelumnya.
Podcast adalah file audio digital
yang tersedia di Internet untuk diunduh ke komputer atau perangkat seluler,
biasanya tersedia dalam bentuk series (rangkaian).
Posting adalah proses transfer informasi.
Sebagai contoh kita posting sebuah status di Facebook, unggah foto di Instagram
dan sebagainya.
Privacy
Compliance adalah alat yang memastikan
semua data yang dikumpulkan dari web, periklanan atau pihak lainnya
adalah dalam peraturan yang diatur oleh undang-undang privasi.
Programmatic
Direct Advertising
adalah periklanan yang mengandalkan teknologi otomasi untuk pelacakan dan
penempatan iklan digital, umumnya berdasarkan kontrak antara pengiklan dan
perusahaan media lainnya. Juga berlaku untuk penempatan iklan televisi.
Q
Quantified Self adalah jumlah semua analitik, aktivitas sosial dan
seluler, dan aktivitas digital lainnya dari seorang pengguna, dikumpulkan oleh
pengguna itu sendiri untuk lebih memahami jejak digital dirinya.
Query adalah rangkaian kata-kata yang menjadi input pada mesin pencari.
R
Rate Card adalah sebuah dokumen yang berisi harga dan deskripsi untuk
berbagai pilihan penempatan iklan yang tersedia dari outlet media.
Real-Time Bidding (RTB) adalah format yang memungkinkan kesempatan lelang
online secara real-time antara pembeli dan penjual iklan,
yang memungkinkan tayangan (impression) ditawar saat itu terjadi.
Real-Time Marketing adalah respon cepat terhadap berbagai peluang
dan ancaman dengan tujuan mengambil segera aksi yang dibutuhkan konsumen
saat itu juga. Berbeda dengan penjadwalan set jangka panjang yang mungkin
tidak memungkinkan untuk tindakan cepat dan relevan.
Reciprocal Link adalah sebuah kesepakatan antara dua webmaster
untuk menyediakan tautan di dalam situs mereka sendiri ke situs web
masing-masing. Dengan kata lain, pertukaran tautan. Umumnya hal ini
dilakukan untuk memberi pembaca akses cepat ke situs terkait, atau untuk
menunjukkan kemitraan antara dua situs.
Rectangle ad adalah beberapa ukuran banner (spanduk) besar yang disarankan
oleh Biro Periklanan Interaktif (Interactive Advertising Bureau / IAB).
Referrer adalah URL atau alamat situs darimana pengunjung tersebut berasal.
Referring URL adalah tautan yang membawa pengguna ke halaman tertentu pada saat dia
klik tautan tersebut.
Repeat Visitor adalah seorang pengguna yang pernah berkunjung ke Website sebelumnya
dan sekarang kembali. Repeat Visitor juga sebagai metrik
ukuran jumlah aktivitas kunjungan selama periode pelaporan.
Responsive Design adalah desain yang memungkinkan situs web Anda
menyesuaikan diri dengan perangkat yang dilihat pengguna Anda.
Rel adalah singkatan dari “relation” yang merupakan bagian dari kode
tautan (href) yang berfungsi untuk menentukan hubungan antara dokumen
saat ini dan dokumen / sumber terkait.
Retargeting adalah mentarget kembali individu yang telah menyatakan
minatnya terhadap sebuah produk namun gagal untuk melakukan pembelian
menggunakan teknik tertentu berdasarkan data dan analisis seputar individu
tersebut.
Robots.txt adalah sebuah file yang mengatakan ke mesin pencari WebCrawler “Jangan
cari saya!”. Dengan menempatkan sebuah file bernama robots.txt di direktori
utama sebuah situs web memungkinkan webmaster untuk memblokir semua WebCrawlers
mengakses halaman, atau secara khusus memblokir WebCrawlers tertentu, dan oleh
karena itu berhenti tampil di hasil search engine.
ROI adalah singkatan dari Return on Investment yang
merupakan rasio laba bersih terhadap biaya. ROI biasanya
merupakan pengukuran yang paling penting bagi pengiklan karena pengukuran ini
didasarkan pada sasaran iklan tertentu dan menunjukkan pengaruh yang nyata dari
upaya periklanan terhadap bisnis Anda.
RSS Feed adalah singkatan dari Rich Site Summary yang
meruapakan jenis umpan web (feed) yang memungkinkan pengguna mengakses
pembaruan konten online dalam format standar dan mudah terbaca oleh
komputer.
RSS Reader adalah fitur untuk mengambil semua informasi dari situs berita dan
blog yang berlangganan, fitur tersebut akan memasukkan semua informasi ini
ke dalam satu tempat yang mudah dicerna.
RON (Run Of Network) adalah sebuah bentuk pemasaran internet
dimana sebuah kampanye iklan online diterapkan pada kumpulan situs web yang
luas tanpa kemampuan untuk memilih situs tertentu. Jaringan periklanan menjual
ruang untuk iklan online agar muncul di sejumlah situs web, blog, dan saluran
serupa.
ROS (Run Of Site) adalah bentuk pemasaran internet dimana penempatan
iklan dapat muncul di halaman manapun dari sebuah situs target.
S
Sales Page adalah sebuah halaman atau bahkan website yang biasanya hanya
merupakan 1 halaman panjang ke bawah, dan berisikan penawaran khusus tentang
suatu produk atau jasa.
Search Engine adalah situs web yang memungkinkan pengguna memasukkan kata kunci dan
mencari di Internet untuk situs web dan informasi yang terkait dengan kata
kunci tersebut. Contoh Search Engine adalah Google, Yahoo,
Baidu, Ask.com, dan sebagainya.
Search Retargeting adalah layanan yang menggunakan informasi yang
dikumpulkan dari data penelusuran konsumen untuk menargetkannya dengan
iklan dan penawaran di lokasi lain di web.
SERPS adalah singkatan dari Search Engine Results Pages. Anda
mungkin melihat ini setiap hari; itu adalah halaman yang ditampilkan saat Anda
mencari dengan mesin pencari. Ini akan memiliki daftar hasil yang relevan
dengan pencarian Anda, begitu pula iklan PPC. Tujuan SEO adalah untuk
memindahkan situs web ke bagian atas halaman hasil dari istilah pencarian yang
relevan.
Server Logs adalah sebuah file log (atau beberapa file) yang dibuat dan
dikelola secara otomatis oleh server yang terdiri dari daftar aktivitas yang
dilakukan. Contoh tipikal adalah log web server yang menyimpan riwayat
permintaan halaman.
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization.
Suatu proses yang mempengaruhi visibilitas online situs web atau halaman
web dalam hasil mesin pencari yang tidak dibayar – sering disebut sebagai hasil
“natural”, “organic”, atau “earned”. SEO dilakukan dengan harapan web kita
muncul pada halaman pertama dan bagian atas pada hasil pencarian dengan kata
kunci tertentu.
Shopping Cart adalah keranjang belanja pada situs e-commerce.
Shopping Cart Abandonment adalah istilah yang digunakan saat pembelanja
di situs e-commerce menempatkan barang belanjaan mereka di keranjang
belanja untuk membeli, namun meninggalkan situs tanpa membeli
barang-barang tersebut.
Site Retargeting adalah layanan yang menggunakan iklan, email dan
alat pemasaran lainnya untuk mendorong pelanggan yang telah meninggalkan
keranjang belanja atau transaksi lainnya untuk kembali dan
menyelesaikan transaksinya itu.
Sebagai contoh kita sedang berbelanja di situs A, tapi kita tidak
selesai hingga proses checkout. Maka pada saat kita sedang di
situs B, tiba-tiba muncul iklan yang meminta kita menyelesaikan belanja kita di
situs A.
Site Map adalah sebuah model visual dan tekstual yang berisi daftar
halaman-halaman yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi untuk
menemukan informasi yang dicarinya dalam suatu website. Biasanya, peta situs
disusun secara hierarkis, mengelompokan informasi website tersebut pada area
subyek yang spesifik secara bertingkat.
Skyscrapper Ad adalah iklan banner yang tinggi (bahkan sangat tinggi) dan
sempit dengan ketinggian sering berkisar antara 500 sampai 800 piksel (dan
lebar biasanya berkisar antara 120 sampai 160 piksel) yang biasanya diletakkan
di sisi kanan konten pada halaman website.
Smart Kiosk adalah bagian teknologi interaktif di tempat umum yang memberikan
informasi berbasis pada teknik seperti motion sense atau
mengenali fitur dari pengguna seperti usia atau jenis kelamin.
Social Analytics adalah analisis data dan informasi yang dikumpulkan
berdasarkan interaksi digital dan keterlibatan dengan orang dan ide dalam
konteks komunikasi sosial.
Social Co-browsing adalah berbagi layar kolaboratif dengan banyak
pihak di jejaring sosial sehingga masing-masing pihak dapat melihat
layar yang sama dengan yang lainnya dimanapun lokasinya.
Social Commerce adalah penggunaan jejaring sosial untuk
berjualan.
Social Content adalah ide organik, pernyataan, opini, posting blog, citra, dll. yang
disampaikan melalui saluran sosial dan ditujukan untuk dilihat oleh
pengguna lain.
Social Feedback adalah komentar yang diberikan oleh pengguna
media sosial pada potongan konten.
Social Marketing adalah subkategori pemasaran yang didedikasikan
untuk keterlibatan (engagement), peningkatan merek (brand
enhancement) dan sukses melalui interaksi sosial.
Social Marketing Management Platforms adalah alat yang ada untuk
membantu kehadiran sosial, suara dan interaksi sosial sebuah merek. Beberapa
alat yang terkenal seperti HootSuite, HubSpot, MeetEdgar, TweetDeck
dan sebagainya.
Social Media Optimization (SMO) adalah suatu tindakan mengarahkan lalu
lintas (traffic) melalui saluran media sosial untuk mencapai tujuan
tertentu.
Social Media Policy (SMP) adalah dokumen tertulis yang menguraikan bagaimana
karyawan harus berbicara tentang bekerja di media sosial dan juga memberi saran
kepada mereka tentang cara terbaik menggunakan situs media sosial. Ini ditulis
untuk melindungi perusahaan dan menjelaskan apa yang dapat dan tidak dapat
dikatakan oleh karyawan di media sosial.
Social Network Analysis (SNA) adalah mengumpulkan dan menganalisis data
dari berbagai platform dalam jaringan sosial untuk mengidentifikasi informasi
dan hubungan yang lebih baik.
Social Networking adalah pemanfaatan koneksi personal dan profesional
dengan tujuan berbagi informasi dengan atau mendapatkan keuntungan dari
jaringan orang secara online.
Social Ops adalah pengoperasian percakapan publik dengan pelanggan di situs
media sosial dengan tujuan untuk menumbuhkan hubungan dan meningkatkan
kesadaran dan keterlibatan merek.
Social TV adalah interaksi sosial yang terkait dengan TV (baik melalui TV atau
melalui perangkat digital) yang menciptakan keterlibatan komunitas secara real
time atau berkenaan dengan konten sesuai permintaan. Atau dengan kata lain
bersatunya antara TV dengan media sosial.
Social TV Enablers adalah platform yang dirancang untuk membantu
pengembangan aplikasi sosial untuk mendukung interaksi program TV dengan media
sosial.
Spam adalah pesan atau tautan yang tidak relevan atau tidak pantas dikirim
ke Internet ke sejumlah besar penerima.
Splash Page adalah halaman awal pada sebuah website yang berfungsi untuk
menarik perhatian pengunjung dalam waktu singkat, juga sebagai promosi atau
penuntun menuju halaman web berikutnya.
SSL (Secure Sockets Layer) adalah standar teknologi keamanan untuk membangun
hubungan terenkripsi antara server web dan browser.
Subscribe adalah tindakan mendaftar untuk mendapatkan
update dan informasi dari situs tertentu seperti majalah bulanan.
T
Tag adalah kata kunci yang dilekatkan pada sepotong konten, seperti entri
blog, untuk membantu hasil pencarian.
Target Audience adalah sebuah kelompok yang menjadi target pengiklan
yang biasanya berdasarkan demografi, minat, pola pembelian produk, pemakaian
produk atau pemakaian media.
Template adalah sebuah file yang berfungsi sebagai titik awal untuk sebuah
dokumen baru.
Thread adalah aliran percakapan, misalnya daftar komentar di posting blog.
Thumbnail adalah stilah yang digunakan oleh desainer grafis
dan fotografer untuk representasi gambar kecil dari gambar yang lebih besar,
biasanya dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat tampilan atau
pengelolaan kelompok gambar yang lebih besar.
Tracking URL adalah URL (Uniform Resource Locator) khusus yang
digunakan untuk melacak elemen tertentu saat link diklik. Contoh url :
http//www.namaweb.com/?myID. Sehingga pengunjung yang telah datang dilacak
kembali melalui kode khusus atau ID Kita.
Traffic Generation adalah cara untuk mendatangkan traffic ke
webiste atau landing page dari produk kita.
Trending adalah acara atau topik yang populer dan banyak dibicarakan secara
online.
Trick Banner adalah iklan spanduk yang mencoba mengelabui orang
agar mengklik, sering dengan meniru pesan sistem operasi.
U
Uniform Resource Locator (URL) adalah referensi ke
sumber daya web yang menentukan lokasinya di jaringan komputer dan mekanisme
untuk mengambilnya. Dalam bahasa sehari-hari sering disebut alamat website.
Unique Visitor adalah seorang pengguna yang telah mengunjungi situs
web dan telah dihitung sebagai satu tampilan statistik, meski ada
kemungkinan pengguna tersebut pernah berkunjung ke website berkali-kali.
Ini dibedakan dari keseluruhan jumlah pemirsa (viewers), yang
mungkin berisi mereka yang telah berkunjung lebih dari sekali.
Uptime adalah waktu dimana sebuah website dapat diakses / sedang online.
Lawan dari dari “down time“.
User Experience Design adalah proses peningkatan kepuasan pengguna
dengan suatu produk dengan meningkatkan kegunaan, aksesibilitas, dan kesenangan
yang diberikan dalam interaksi dengan produk.
User Experience Platforms adalah teknologi yang menyediakan kemampuan untuk
membuat desain yang berfokus pada pengalaman pengguna.
User-Generated Content (UGC) adalah konten yang dibuat secara
organik oleh pengguna di situs web untuk digunakan di situs web itu sendiri
atau untuk didistribusikan ke situs lain juga, seperti blog, komentar,
ulasan (review), podcast dan lainnya.
V
Viral adalah persitiwa menyebarnya sebuah konten dari orang ke orang dengan
sangat cepat di dunia maya.
Virtual Actors adalah tokoh manusia, seperti hologram, yang membawa kehidupan nyata
ke sebuah merek dan bisa bertindak sebagai panduan atau tenaga penjualan virtual
dalam pengaturan iklan dan penjualan.
Virtual Domain adalah domain yang ada di virtual server.
Virtual Server adalah server yang berada di lokasi orang lain yang dibagi
kepada sejumlah pemilik website sehingga setiap pemilik website dapat menggunakan
dan mengelolahnya karena mereka memiliki kuasa penuh atas server
tersebut.
Vlog adalah sama seperti blog, tapi didokumentasikan menggunakan
video bukan konten tertulis.
W
Web 2.0 adalah sebuah istilah yang menggambarkan perubahan tren
penggunaan teknologi World Wide Web dan desain Web yang bertujuan untuk
meningkatkan kreativitas, berbagi informasi yang aman, meningkatkan kolaborasi,
dan memperbaiki fungsionalitas Web seperti yang kita ketahui di Web 1.0.
Tidak seperti Web 1.0, Web 2.0 memfasilitasi interaksi antara
pengguna dan situs web, sehingga memungkinkan pengguna berinteraksi lebih
bebas satu sama lain. Web 2.0 mendorong partisipasi, kolaborasi, dan berbagi
informasi.
Web Analytics adalah aplikasi yang memungkinkan untuk pemahaman, perbaikan dan optimalisasi pengalaman
pengguna online dan pengembangan kampanye digital, seperti Google Analytics.
Webinar adalah seminar secara online termasuk audio dan / atau
video yang dapat diikuti oleh pengguna melalui saluran telepon atau sebuah
panggilan telepon di web.
Web Crawler adalah mesin pencari bekerja dengan mengindeks semua halaman web
yang tersedia dan mencetaknya berdasarkan sejumlah faktor untuk mengukur
kepercayaan dan popularitas mereka. Kadang-kadang disebut bot,
robot atau spider.
Web Hosting adalah aktivitas atau bisnis penyediaan ruang penyimpanan dan
akses untuk situs web.
Web Ops adalah pengelolaan merek dan konten digital perusahaan, termasuk
penerapan,
pembaruan dan analisis keberhasilan.
pembaruan dan analisis keberhasilan.
Website Experience Analytics adalah subkategori analisis web dengan
tujuan menganalisis seberapa efektif sebuah website memberikan pengalaman
pengguna yang positif.
WordPress adalah sistem pengelolaan konten blog dan situs web yang open
source.
Y
Youtube adalah situs berbagi video gratis yang memungkinkan orang
mengunggah, melihat, dan berbagi video
Z
Zine adalah majalah yang hanya dipublikasikan secara digital (online),
yang merupakan kebalikan dari yang dipublikasikan di media cetak
tradisional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar