Senin, 29 April 2019

Kamus Istilah dalam Digital Marketing.



A

A/B Testing adalah pengujian dua (atau lebih) pilihan di media untuk mengukur perbedaan statistik dalam pengaruhnya masing-masing. Contoh  : menguji mana iklan yang lebih efektif, gambar atau video ? Gambar A atau gambar B?
Ad Ops adalah pengukuran dan optimalisasi periklanan melalui teknik program dan pengelolaan investasi media berbayar.
Ad Tech adalah teknologi untuk mengelolah penempatan, optimasi dan otomasi iklan digital di seluruh saluran.
(Google) AdWords adalah platform periklanan dari Google dimana kita dapat mengatur iklan bisnis kita. Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan di Google Search (pencarian Google) atau Google Network (Jaringan Google), lokasi target pasar, bahasa, dsb. Teknologi ini memudahkan penargetan iklan ke penelusuran tertentu, dan iklan muncul di atas dan di sebelah kanan penelusuran organik.
(Google) AdSense adalah sebuah program yang dijalankan oleh Google yang memungkinkan penayang di situs konten Google Network untuk menyajikan iklan teks, gambar, video, atau media interaktif, yang ditargetkan ke konten dan pemirsa situs.
Perbedaan antara Google Adwords dan AdSenese adalah AdSense menayangkan iklan AdWords ke konten website lain, sehingga Google akan membayar website penayang iklan tersebut sesuai jumlah klik atau tayangan (impressions) iklan, tergantung jenis iklan.
Advocacy Marketing adalah memanfaatkan pendukung merek (brand) sebagai aset untuk mendorong pembelian dari pembeli potensial, biasanya melalui media digital.
Affiliate Marketing adalah tindakan mempromosikan perusahaan lain dengan tujuan memberikan prospek sebagai imbalan untuk komisi yang akan diberikan oleh perusahaan tersebut.
AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action. Ini adalah salah satu prinsip dasar pemasaran dan periklanan modern sebagai tahapan yang harus diingat dalam proses penjualan sebuah produk atau jasa. Menurut model ini, alat promosi harus menarik perhatian (A), mendapatkan dan mendorong minat (I), membangkitkan keinginan (D), dan menghasilkan tindakan (A).
Alexa Internet adalah sebuah situs web dan toolbar yang melacak jumlah klik (pengunjung) ke situs web tertentu dan memberi peringkat berdasarkan jumlah ini.
API adalah singkatan dari Application Programming Interface, sebuah antarmuka dokumen yang memungkinkan aplikasi perangkat lunak untuk berinteraksi dengan aplikasi lain. Sebagai contoh website kita dapat memakai API Twitter atau API Facebook untuk mengijinkan pengguna masuk ke website kita (login) dengan akun Twitter atau Facebook mereka.
Augmented Reality (AR) adalah integrasi lingkungan fisik (dunia nyata) dan dunia digital untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara waktu sebenarnya (real time). Contohnya adalah game PokemonGo.
Automatic Content Generation adalah sistem yang secara otomatis membuat dan menggabungkan konten (misal Posting blog, artikel, posting media sosial) untuk dikonsumsi oleh pengguna.
Automatic Content Recognition adalah perangkat lunak yang memungkinkan perangkat teknologi mengenali konten dalam kedekatannya. Contoh : Anda sedang menonton acara wisata di televisi Anda, tiba-tiba akan muncul iklan tentang paket wisata di gadget Anda.
Auto Responder adalah program teknologi yang dirancang untuk merespon email, komentar, atau pesan secara otomatis. Contoh artikel yang terkait tentang auto responder dapat dilihat disini.
Avatar adalah gambar yang mewakili sebuah akun di jejaring sosial atau forum.
B
B2B adalah singkatan dari Business-to-Business. Perdagangan yang lebih diutamakan antara sesama pelaku bisnis daripada antara para pelaku bisnis dan konsumen.
B2C adalah singkatan dari Business-to-Consumers. Perdagangan antara para pelaku bisnis dan konsumen.
B2G adalah singakatan dari Business-to-Government. Perdagangan antara para pelaku bisnis dan pemerintah.
Back link adalah tautan ke situs web kita dari web lain. Jika ada website lain yang memberi tautan (back link) ke website kita, ini akan meningkatkan peringkat situs web kita saat dievaluasi oleh webcrawler seperti PageRank, apalagi website tersebut sangat populer. Ini sangat ditekankan oleh SEO.
Bitly adalah aplikasi pemendekan URL gratis. Mereka juga menyediakan analisis pada tautan Anda. Untuk mencobanya, silahkan klik disini.
Blekko adalah mesin pencari yang relatif baru, bertujuan untuk lebih baik Google. Mesin pencari ini mengklaim bebas spam dan juga berisi fungsionalitas yang mempermudah SEO. Saat ini Teknologi blekko dan tim pengembangnya telah bergabung dengan IBM Watson
Blog adalah berasal dari kata WEB LOG yang secara sederhana berarti Jurnal Online. Blog biasanya akan berisi tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Biasanya blog dipakai sebagai buku harian, media berita, kegiatan perusahaan dan sebagainya. Bahkan tidak sedikit e-commerce yang membuat blog untuk memperbaiki SEO mereka, seperti situs jual kado, Happy Kado.
Blogger adalah penulis blog.
Blogosphere adalah kumpulan dari seluruh blog atau weblog yang saling tersambung di jagat internet ini.
Blogroll adalah metode tradisional bagi blogger untuk mencantumkan semua blog lain yang telah mereka baca. Daftar blog lain biasanya di cantumkan pada widget/sidebar. Hal ini bertujian sebagai pertukaran link (link exchange) antara blog anda dengan blog lainnya.
Boilerplate adalah blok salinan yang berisi standarisasi atau informasi tentang organisasi yang umumnya muncul di bagian bawah siaran pers, artikel, dll. Dan biasanya ini cukup penting juga untuk SEO karena akan berisi kata kunci-kata kunci yang sering dipakai oleh pengguna saat mencari di Google.
Bounce Mail adalah surat elektronik (email) yang tidak dapat mencapai tujuan akhir mereka karena penerima yang tidak sah alamatnya atau tertangkap dalam filter spam atau kegagalan mengirim lainnya
Brand Awareness adalah seberapa cepat sebuah merek bisa dipanggil ke pikiran atau dikenali oleh konsumen. Contoh : Jika saya sebuat “air mineral”, maka Anda akan teringat merek A*ua. Atau Jika saya sebut “pompa air”, maka Anda akan teringat merek “S*nyo”.
Buyer Persona adalah Seorang fiktif yang diciptakan untuk mewakili semua atribut atau karakteristik suatu potensi pembeli. Dibuat berdasarkan penelitian sehingga merek bisa lebih memahami siapa pembeli mereka berdasarkan siapa mereka, bagaimana mereka berpikir dan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya.
Biasanya untuk memuali bisnis, kita harus tentukan dulu karakteristik calon pembeli kita, seperti jenis kelamin mereka, usia mereka, hobi mereka, finansial mereka, media sosial apa yang mereka pakai, apa ketakutan mereka, harapan mereka dan sebagainya.
Buyer’s Journey adalah pengalaman yang dimiliki oleh pelanggan potensial atau pelanggan yang sudah pernah membeli, mulai dari awal sampai akhirnya dia memutuskan untuk membeli. Tahapan ini sering dikategorikan dalam empat tahap: penemuan, pertimbangan, keputusan dan advokasi
Buzz adalah obrolan positif, menyebut (mention) dan posting online mengenai sebuah merek, produk atau acara.

C

Call to Action adalah bagian dari iklan yang mendorong pengguna untuk bertindak (yaitu “klik disini” atau “Masukkan ke keranjang sekarang” atau “Gabung sekarang”).
Campaign adalah sebuah pesan pemasaran dengan tujuan tertentu. Campaign (Kampanye) dapat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan sebuah brand, mengumpulkan dana atau meningkatkan penjualan produk.
Click Through Rate (CTR) adalah rasio yang menunjukkan seberapa sering orang-orang yang melihat iklan Anda pada akhirnya mengklik iklan tersebut. Rumus CTR adalah jumlah klik yang diterima iklan dibagi dengan frekuensi iklan ditayangkan. Misal iklan ditampilkan 100x, dan ada 10 orang yang melakukan klik pada iklan tersebut, maka CTR-nya adalah 0.1.
Click Bait adalah istilah yang (biasanya) merendahkan pada konten web (biasanya pada judul konten), yang tujuan utamanya adalah membuat pengguna meng-klik tautan untuk membuka laman web tertentu.
Cloaking adalah teknik Search Engine Optimization (SEO) dimana konten yang disajikan ke search engine spider berbeda dengan yang disajikan ke browser pengguna. Hal ini sangat merugikan pengguna karena memanipulasi konten website dari yang sebenarnya dicari.
Cloud Advertising adalah layanan yang mendukung pemilihan dan penyampaian data periklanan berdasarkan pada mekanisme lelang yang sesuai dengan penawar tayangan iklan.
Content Aggregator adalah organisasi yang mengumpulkan konten dari berbagai sumber dan menyediakannya untuk bisnis / perusahaan / merek dengan biaya tertentu.
Content Marketing adalah praktik membuat dan mengurasi konten dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan sebuah merek, hubungan konsumen / merek, pengalaman pelanggan, pengaruh industri dan kesetiaan. Konten dapat mencakup, namun tidak terbatas pada, teks, video, citra, kutipan dari pernyataan pemimpin, dll. Hal ini juga bagus untuk SEO.
Sebagai contoh, Happy Kado adalah sabuah bisnis menjual kado yang melakukan pemasarannya dengan content marketing. Happy Kado membuat banyak artikel dalam blog-nya yang terkait dengan bisnis mereka, yaitu jual kado.
Conversion adalah saat pengguna menyelesaikan tindakan target, seperti mendaftar atau mengeklik atau berbelanja melalui di situs web.
Conversion Rate Optimisation (CRO) adalah sebuah sistem untuk meningkatkan persentase pengunjung ke situs web yang menjadi pembeli atau pelanggan, atau lebih umum, mengambil tindakan yang diinginkan pada halaman web (seperti mendaftar atau mengklik).
Cookies adalah kode tertulis yang disimpan sebuah website pada hard disk komputer pengunjungnya agar bisa mengingatkan sesuatu pada pengunjung tersebut di lain waktu. Misalnya, cookies mencatat untuk komputer prospek kita setelah ia mengklik suatu affiliate link. Cookies digunakan agar bisa mengidentifikasi affiliate mana yang harus diberi komisi.
Cost Per Click (CPC) adalah biaya untuk setiap klik pada link iklan PPC (Pay Per Click). Biasanya dihitung dari berapa budget yang Anda keluarkan untuk sebuah campaign dibagi dengan total klik yang terjadi melalui campaign tersebut. Misal : Anda mengeluarkan biaya Rp.10.000,- untuk sebuah iklan di Facebook. Dalam iklan tersebut terjadi klik sebanyak 100x. Maka CPC-nya adalah : 10.000 / 100 = Rp.100,-/klik.
Cost Per Lead (CPL) adalah biaya yang didapat pengiklan untuk setiap prospek yang didapat oleh affiliate. Misal : dalam sebuah iklan dengan budget Rp.10.000,- ternyata ada 10 orang yang bersedia mendaftar, maka CPL-nya adalah 10.000 / 10 = Rp.1.000/leads.
Cost Per Thousand (CPM) adalah istilah pemasaran yang digunakan untuk menunjukkan harga 1.000 tayangan iklan pada satu halaman web. Jika penayang situs web menagih BPS Rp.10.000,-, itu berarti pengiklan harus membayar Rp.10.000,- untuk setiap 1.000 tayangan iklannya. “M” dalam CPM mewakili angka Romawi untuk 1.000.
Crawler adalah program yang secara sistematis menjelajahi World Wide Web, biasanya untuk tujuan pengindeksan Web (web spidering). Sering disebut dengan spider.
Cross Selling adalah konsep penjualan yang menggunakan produk utama sebagai trigger untuk penjualan selanjutnya karena adanya keterkaitan kebutuhan. Lihat artikelnya disini.
Crowdsourcing adalah sebuah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan suatu proses dalam mendapatkan pekerjaan ataupun pendanaan dari sekelompok orang dalam jumlah banyak melalui fasilitas online.
Customer Acquisition Cost (CAC) adalah biaya yang terkait dalam meyakinkan pelanggan untuk membeli produk / jasa. Biaya ini dikeluarkan oleh organisasi untuk meyakinkan calon pelanggan. Biaya ini termasuk biaya produk serta biaya yang terlibat dalam biaya penelitian, pemasaran, dan aksesibilitas.
Customer Effort Score adalah ukuran usaha yang dibutuhkan pelanggan untuk terlibat dan berbisnis dengan sebuah merek.
Customer Touch Points adalah peluang yang tersedia bagi merek untuk terlibat dengan pelanggan di banyak saluran, baik digital maupun tradisional.

D

Data-Driven Marketing adalah pemasaran yang didukung oleh data yang diperoleh mengenai perilaku dan keinginan dari pelanggan.
Digital Commerce adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa menggunakan jaringan internet, jaringan mobile dan infrastruktur perdagangan.
Digital Marketing adalah penggunaan teknologi dan informasi terpadu untuk menciptakan
dan memasarkan produk dan layanan baru, memperbaiki proses dan terlibat (engage) dengan influencer dan pembeli dengan tujuan memperoleh dan mempertahankan pelanggan. Ada agency tertentu yang menawarkan
jasa digital marketing, seperti Alpha Next.
Digital Touch Points adalah peluang interaktif selama perjalanan pembelian oleh pelanggan yang dimungkinkan oleh media digital dan mungkin memerlukan tindakan (yaitu klik-tayang).
Digg adalah sebuah situs berita online yang memiliki algoritma unik. Situs ini memungkinkan pembacanya mengirimkan artikel dan juga memungkinkan orang untuk memilih apakah mereka menyukai artikel tersebut atau tidak. Artikel dengan jumlah suara tertinggi muncul di bagian atas halaman sementara cerita yang kurang populer bergerak ke bawah halaman.
 E
Event-Triggered Marketing adalah pemasaran yang mempersonalisasikan pengalaman pelanggan dengan menawarkan penawaran dan komunikasi berdasarkan rincian yang secara khusus relevan bagi pelanggan dan kepentingan mereka. Contoh : pelanggan kita punya hobi olahraga basket, maka kita hanya akan menawarkan produk yang berkaitan dengan olahraga basket.
E-Commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce yang berarti transaksi jual beli secara online.
Email Marketing adalah pemasaran dengan mengirim pesan komersial, biasanya ke sekelompok orang, menggunakan email (surat elektronik). Beberapa alat email marketing seperti : Active Campaign, Alpha Mail, Get Response dan sebagainya.
Email Automation adalah proses otomatisasi pemasaran dengan email (email marketing) yang memungkinkan Anda mengirim pesan ke pelanggan Anda pada waktu atau kondisi yang telah ditentukan.
Email Signature adalah sebuah pesan singkat yang menjadi kalimat penutup pada setiap email yang dikirim oleh seseorang. Email signature isinya bisa berupa affiliate links, yautan ke situs yang relevan, penawaran gratis dan pesan-pesan iklan lainnya.
Earning Per Click (EPC) adalah rata-rata pendapatan kita per klik. Jumlah ini diperoleh dari hasil pembagian pendapatan kita dengan banyaknya klik. Contohnya, jika kita mendapatkan klik sebanyak 100 kali dan setiap klik harganya (CPC) Rp.500,-, maka nilai EPC adalah Rp.5,-.

F

Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan melalui Fan Page yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook. Ada 3 obyektif dari Facebook Ads, yaitu AwarenessConsideration dan Conversion.
Filter Bubble adalah sebuah keadaan “isolasi intelektual’ yang dapat dihasilkan dari penelusuran yang dipersonalisasi saat algoritma situs web secara selektif menebak informasi apa yang pengguna ingin lihat berdasarkan informasi tentang pengguna, seperti lokasi, riwayat klik-perilaku dan penelusuran terakhir.
Saat ini Google dan mesin pencari lainnya berusaha untuk memiliki lebih dulu apa yang Anda inginkan saat Anda mencari. Geo-Targeting adalah salah satu contohnya, namun mesin pencari juga akan mencoba menebak yang Anda inginkan, dan menyesuaikan hasil Anda, dengan riwayat pencarian Anda sebelumnya.
Flame adalah pesan yang isinya menghina atau menghasut yang dikirim melalui email, atau dikirim ke sebuah forum atau newsgroup.
Flash adalah teknologi yang digunakan untuk memungkinkan video dan animasi disematkan di situs web atau di sebuah iklan digital.
Footer adalah bagian terbawah dari sebuah halaman web. Biasanya akan berisi tautan penting ke beberapa halaman atau media sosial yang terkait dengan website tersebut.

 

G

Gamification adalah penggunaan mekanisme permainan untuk melibatkan pemain, dan menerapkannya pada pengalaman non-game untuk memotivasi tindakan yang memberi nilai tambah bagi bisnis Anda.
Geotargeting adalah layanan yang memungkinkan pengiklan dan pemasar menargetkan pengguna menurut lokasi secara berurutan untuk menyampaikan lebih banyak konten atau iklan yang relevan. Umumnya diraih oleh menggunakan layanan pencarian IP, perangkat berbasis GPS atau triangulasi menara sel.
Google+ adalah media sosial seperti Facebook atau Twitter yang diciptakan oleh Google sendiri. Google+ merupakan pesaing terbaru ke pasar jejaring sosial, dan menawarkan keuntungan untuk menggabungkan semua layanan Google lainnya di bawah satu situs jejaring sosial.
Google Analytics adalah alat berbasis browser gratis milik Google yang memungkinkan pengguna melacak banyak statistik yang berbeda mengenai situs web yang dimiliki. Alat ini sangat penting untuk SEO. Misalnya, seorang webmaster akan dapat melacak dari mana  pengguna tiba di situs Anda, browser apa yang mereka gunakan, halaman apa saja yang mereka akses dan banyak informasi lainnya.
Google Ad Grants adalah tawaran dari Google hingga $ 10.000 dalam iklan PPC gratis untuk tujuan amal (non-profit) yang memenuhi syarat. Seperti Google Adwords tapi untuk tujuan non-profit.
Google Display Network (GDN) adalah bagian dari Google Adwords yang memungkinkan Anda menampilkan iklan di jutaan situs di dunia seperti Detik, Kompas dan lainnya.
Google Keyword Planner adalah layanan gratis di Google untuk mengetahui berapa banyak suatu kata kunci dicari oleh orang setiap bulannya.
Google Trends adalah layanan gratis di Google yang menunjukkan kepadatan penelusuran menurut kata kunci. Hal ini dapat menunjukkan popularitas kata kunci dibandingkan dengan orang lain, serta popularitas selama jumlah waktu tertentu pada suatu negara tertentu.
Perbedaan Google Trends dari Google Keyword Planner adalah Google Keyword Planner lebih detil dan dapat dipakai langsung untuk membuat iklan Google Adwords.
Guerilla Marketing adalah strategi pemasaran konten kreatif yang membanggakan dirinya karena tidak konvensional.

H

Hangout adalah layanan video yang disediakan oleh Google + yang memungkinkan hingga 10 orang berbicara sekaligus.
Hoplink adalah nomor I.D keagenan dari suatu produk yang dapat ditawarkan oleh seorang affiliate. Sering juga disebut affiliate link.
HTML adalah singkatan dari Hyper-Text Mark-up Language yang merupakan bahasa yang digunakan untuk menulis halaman di Web. Jika Anda klik kanan pada halaman ini pilih “view code” atau klik “Ctrl + U” Anda bisa melihat kode ini.
HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol yang merupakan sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia
HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang merupakan tambahan keamanan dari HTTP. Program ini melindungi encrypts dan decrypts permintaan dari halaman web. Setiap kali kita membayar barang yang kita beli dengan kartu kredit di internet, HTTPS akan melindungi rincian kartu kredit kita.
Hyperlink adalah sebuah tautan yang disematkan di dokumen elektronik yang, saat diklik, mengarahkan pengguna ke halaman web yang sesuai.

I

Impression adalah istilah yang mengacu pada titik di mana iklan dilihat satu kali oleh pengunjung, atau ditampilkan satu kali pada halaman web. Jumlah tayangan iklan (impression) dihitung dari berapa kali iklan itu dipanggil dan dimunculkan dalam suatu web.
In-App Advertising adalah penempatan media berbayar di dalam aplikasi, baik di platform seluler atau sosial.
In-Game Advertising adalah media berbayar ditempatkan dalam game online atau game mobile.
Incoming Link adalah link yang datang ke situs kita dari situs lain. Sering disebut juga dengan Inbound Link atau Incoming Link
Inbound Link adalah link yang datang ke situs kita dari situs lain. Sering disebut juga dengan Backlink atau Incoming Link.
Influencer adalah seseorang yang ahli dalam bidang tertentu dan, atau, memiliki banyak pengikut, sehingga punya kekuatan dalam mengkomunikasikan pendapat mereka kepada pengikut mereka, mungkin mempengaruhi pendapat dan perilaku mereka.
Instagram Ads adalah fitur iklan di Instagram untuk mendorong kesadaran dan meningkatkan basis pelanggannya melalui visual (foto maupun video).
Internet Marketing adalah pemasaran sebuah produk fisik maupun digital melalui media internet.
IM adalah singkatan dari Instant Messaging yang merupakan teks yang dikirim secara real-time. Hal ini dapat terjadi one-to-one atau dalam pesan grup. IM juga memungkinkan pengguna untuk merekam live dan video calling.

J

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Chrome, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.
Joint Venture adalah kerjasama bisnis di mana dua atau lebih pihak sepakat untuk mengumpulkan sumber daya mereka untuk tujuan menyelesaikan tugas tertentu.

K

Keyword (kata kunci) adalah istilah yang pengguna inputkan di mesin pencari, seperti Google, atau istilah yang digunakan oleh situs web dengan tujuan meningkatkan kemungkinan peringkat tinggi di mesin pencari.
Keyword Stuffing adalah pengisian kata kunci, yang relevan maupun yang tidak relevan dengan situs web tersebut, yang diletakkan pada meta tag atau bagian lain yang tersembunyi di HTML, dengan harapan ketika pengguna mencari kata kunci tersebut akan menemukan website kita di hasil pencarian mesin pencari. Cara ini sering disebut dengan “black hat” untuk memasukkan banyak kata kunci yang tidak relevan. Tapi Google sudah memperbaiki secara terus-meneurs alogoritma pencariannya yang dapat menghindari black hat.
Keyword Density adalah persentase berapa kali kata kunci atau frasa muncul di halaman web dibandingkan jumlah kata di halaman tersebut. Dalam konteks optimasi mesin pencari, kepadatan kata kunci dapat digunakan untuk menentukan apakah sebuah halaman web relevan dengan kata kunci atau frase tertentu. Tidak ada persentase yang ideal atau tepat untuk peringkat yang lebih baik. Tidak lebih dari 5% adalah cukup baik.
Keyword Proximity adalah kemiripan dua atau lebih kata kunci dalam teks.

L

Landing Page adalah sebuah halaman pada website sebagai tempat pertama kali pengguna tiba di website tersebut. Biasanya pengguna tiba di halaman tersebut karena meng-klik iklan PPC atau tautan dalam email. Landing page bisa jadi adalah homepage maupun halaman khusus sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna.
Lead adalah calon pelanggan atau prospek.
Lead Magnet adalah penawaran gratis dengan imbalan email dari pengguna. Lead Magnet dapat berupa e-book, buku panduan, video training, Free Trial, resep, diskon, kuis, tes dan sebagainya. Dan yang terpenting adalah itu semua gratis.
Link Building adalah proses untuk meningkatkan jumlah tautan ke sebuah situs. Ini bisa dengan menghasilkan konten yang lebih menarik atau layak diberitakan, membuat blog, meminta klien untuk menautkan, ditambah banyak teknik lainnya. Ini adalah tujuan SEO untuk membangun banyak tautan bagus ke situs web tersebut.
Long Tail Keyword adalah memperpanjang atau membuat lebih spesifik dari kata kunci utama atau kata kunci yang sering dicari. Long tail keyword mendapatkan lebih sedikit traffic (lalu lintas penelusuran), namun biasanya akan memiliki nilai konversi yang lebih tinggi, karena lebih spesifik.
Contoh Long tail keyword : kata kunci utamanya adalah “sepatu”. Kita bisa menambahkan sedikitnya 3 kata lagi dari kata kunci tersebut, seperti “sepatu wanita hak tinggi”, “sepatu anak untuk sekolah” dan lain sebagainya.
Link Bait adalah sebuah halaman web dengan konten yang menarik yang membuat orang akan membagikan tautan ke web tersebut ke orang lain. Mereka dapat membagikannya melalui email, atau melalui Facebook atau Twitter, atau bahkan berita sosial lainnya.
Location-Based Advertising adalah periklanan yang dirancang untuk menarik calon pelanggan di lokasi tertentu yang sering menggunakan alamat IP atau informasi dari mobile GPS.
Location-Based Offers adalah penawaran digital yang berbasis eksklusif pada lokasi calon pelanggan.
Loyalty Marketing adalah jenis pemasaran berdasarkan terciptanya hubungan yang berkelanjutan dan bermanfaat dengan pelanggan melalui kenyamanan, harga kompetitif dan insentif yang dapat disesuaikan.

M

M-Commerce adalah tindakan jual beli barang dan jasa melalui perangkat mobile yang menggunakan teknologi nirkabel
Mailing List adalah daftar nama dan alamat email dari orang-orang yang akan menerima materi iklan, informasi, atau majalah dan sebagainya secara berkala.
Marketing Automation adalah aplikasi pemasaran yang mengotomatisasi berbagai aspek proses kampanye, seperti email automation.
Marketing Qualified Lead adalah seorang calon pelanggan yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan yang mengindikasikan akan menjadi pelanggan. Atau seringkali disebut dengan prospek.
Meme adalah sebuah ide, lelucon atau konsep yang orang bagikan. Meme bisa berupa gambar atau video atau teks. Biasanya meme datang dalam bentuk gambar dengan teks yang mendukung.
Meta Tags adalah informasi yang tertanam dalam kode halaman web (HTML) yang berisi deskripsi dasar dari halaman, sering digunakan untuk tujuan optimasi mesin pencari. Meta tags bisa berupa judul, kata kunci, deskripsi dan sebagainya.
Mobile App adalah jenis perangkat lunak yang dirancang untuk berjalan di perangkat mobile, seperti komputer tablet atau smartphone. Contoh Mobile App yang terkenal seperti Whatsapp, Google Map, Instagram, Angry Birds dan sebagainya.
Monetization adalah proses mengubah aset yang tidak menghasilkan menjadi sumber pendapatan. Sebagai contoh : membuat blog kita untuk menghasilkan uang.
Multichannel Marketing adalah jenis pemasaran yang dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan melalui kombinasi saluran tradisional maupun digital.

N

NoFollow adalah sebuah kode yang diletakkan pada tautan oleh webmaster untuk memberi tahu mesin telusur agar “Jangan mengikuti tautan di laman ini” atau “Jangan mengikuti tautan khusus ini”.
Negative Keyword adalah kebalikan dari “keyword” (kata kunci). Jadi jika pengguna memasukkan negative keyword (kata kunci negatif), maka hasilnya tidak akan ditampilkan. Hal ini berguna jika Anda memasang iklan di Google Adwords.
Kata kunci negatif dapat membantu memfokuskan kampanye Anda pada apa yang benar-benar dicari atau diminati pelanggan Anda. Misalnya, saat Anda menambahkan “gratis” sebagai kata kunci negatif ke kampanye atau grup iklan Anda, Anda memberi tahu AdWords agar tidak menampilkan iklan Anda untuk penelusuran yang berisi istilah “gratis”.
News Feed adalah pusat dari semua update berita atau postingan orang lain. Untuk Facebook, news feed terdiri dari posting milik teman. Di Twitter, ini dikenal sebagai Timeline yang terdiri dari tweet dari orang-orang yang Anda ikuti. Umpan berita terus disegarkan dengan tulisan terbaru.
Newsletter adalah sebuah buletin yang diterbitkan secara periodik, biasanya melalui email, ke anggota, bisnis atau organisasi.
O
Online Advertising Data Exchanges adalah pasar online dimana anggota dapat membeli dan menjual data dengan tujuan meningkatkan efektivitas periklanan.
Online Retailers adalah perusahaan yang menjual produk atau layanan secara online.
Organic Marketing adalah suatu tindakan agar pelanggan Anda datang kepada Anda secara alami dari waktu ke waktu tanpa menggunakan tautan berbayar atau boosted postOrganic Marketing adalah kebalikan dari Paid Marketing (berbayar).
Organic Listing adalah merupakan hasil pencarian web secara alami (tanpa berbayar).
Outbound Link adalah tautan dalam situs web yang akan mengarahkan pengguna ke website lain.
Outgoing Link adalah tautan di website kita yang membawa pengguna ke website lain. Sama dengan Outbound Link.
Opt-in Email adalah istilah yang digunakan ketika seseorang diberi opsi untuk menerima email yang didahului dengan proses subscribe atau berlangganan.
P
Page Rank adalah cara untuk mengukur penting-tidaknya sebuah halaman situs web. Menurut Google: PageRank bekerja dengan menghitung jumlah dan kualitas tautan ke halaman untuk menentukan perkiraan kasar seberapa penting situs web tersebut.
Page View adalah metrik untuk menghitung berapa banyak pengguna berkunjung ke halaman tersebut. Sering disebut juga dengan Page Impression.
Paid Marketing adalah bentuk pemasaran di dunia digital dengan cara berbayar (bukan alami). Pemasaran ini dapat berupa tautan berbayar ataupun boosted boost. Paid Marketing adalah kebalikan dari Organic Marketing.
Paths to Purchase adalah rangkaian perjalanan dari calon pembeli hingga menjadi pembeli (terjadi pembelian). Disebut juga Customer Journey.
Pay-Per-Action (PPA) adalah komisi yang dibayarkan oleh pemasang iklan untuk setiap tindakan tertentu yang dihasilkan oleh affiliate. Tindakan itu seperti penjualan, klik, pengiriman formulir (pendaftaran) dan sebagainya.
Pay-Per-Click (PPC) adalah komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap klik yang melalui situs affiliate.
Pay-Per-Lead (PPL) adalah komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap prospek yang dihasilkan oleh affiliate.
Pay-Per-Sale (PPS) adalah komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap penjualan yang dihasilkan oleh affiliate.
Payment Gateway adalah sebuah layanan e-commerce yang memproses pembayaran online seperti kartu kredit.
(Google) Penguin adalah pembaruan algoritma pencarian Google yang diumumkan pada tahun 2012 yang berfungsi mencegah black-hat SEO.
Platform adalah kerangka yang menjalankan perangkat lunak dan menyajikan konten. Sebagai contoh ada begitu banya platform untuk e-commerce seperti WooCommerce, Magento, Easy Store, dan sebagainya.
Plugin adalah komponen perangkat lunak yang menambahkan fitur tertentu ke program komputer yang lebih besar yang sudah ada sebelumnya.
Podcast adalah file audio digital yang tersedia di Internet untuk diunduh ke komputer atau perangkat seluler, biasanya tersedia dalam bentuk series (rangkaian).
Posting adalah proses transfer informasi. Sebagai contoh kita posting sebuah status di Facebook, unggah foto di Instagram dan sebagainya.
Privacy Compliance adalah alat yang memastikan semua data yang dikumpulkan dari web, periklanan atau pihak lainnya adalah dalam peraturan yang diatur oleh undang-undang privasi.
Programmatic Direct Advertising adalah periklanan yang mengandalkan teknologi otomasi untuk pelacakan dan penempatan iklan digital, umumnya berdasarkan kontrak antara pengiklan dan perusahaan media lainnya. Juga berlaku untuk penempatan iklan televisi.

Q

Quantified Self adalah jumlah semua analitik, aktivitas sosial dan seluler, dan aktivitas digital lainnya dari seorang pengguna, dikumpulkan oleh pengguna itu sendiri untuk lebih memahami jejak digital dirinya.
Query adalah rangkaian kata-kata yang menjadi input pada mesin pencari.

R

Rate Card adalah sebuah dokumen yang berisi harga dan deskripsi untuk berbagai pilihan penempatan iklan yang tersedia dari outlet media.
Real-Time Bidding (RTB) adalah format yang memungkinkan kesempatan lelang online secara real-time antara pembeli dan penjual iklan, yang memungkinkan tayangan (impression) ditawar saat itu terjadi.
Real-Time Marketing adalah respon cepat terhadap berbagai peluang dan ancaman dengan tujuan mengambil segera aksi yang dibutuhkan konsumen saat itu juga. Berbeda dengan penjadwalan set jangka panjang yang mungkin tidak memungkinkan untuk tindakan cepat dan relevan.
Reciprocal Link adalah sebuah kesepakatan antara dua webmaster untuk menyediakan tautan di dalam situs mereka sendiri ke situs web masing-masing. Dengan kata lain, pertukaran tautan. Umumnya hal ini dilakukan untuk memberi pembaca akses cepat ke situs terkait, atau untuk menunjukkan kemitraan antara dua situs.
Rectangle ad adalah beberapa ukuran banner (spanduk) besar yang disarankan oleh Biro Periklanan Interaktif (Interactive Advertising Bureau / IAB).
Referrer adalah URL atau alamat situs darimana pengunjung tersebut berasal.
Referring URL adalah tautan yang membawa pengguna ke halaman tertentu pada saat dia klik tautan tersebut.
Repeat Visitor adalah seorang pengguna yang pernah berkunjung ke Website sebelumnya dan sekarang kembali. Repeat Visitor juga sebagai metrik ukuran jumlah aktivitas kunjungan selama periode pelaporan.
Responsive Design adalah desain yang memungkinkan situs web Anda menyesuaikan diri dengan perangkat yang dilihat pengguna Anda.
Rel adalah singkatan dari “relation” yang merupakan bagian dari kode tautan (href) yang berfungsi untuk menentukan hubungan antara dokumen saat ini dan dokumen / sumber terkait.
Retargeting adalah mentarget kembali individu yang telah menyatakan minatnya terhadap sebuah produk namun gagal untuk melakukan pembelian menggunakan teknik tertentu berdasarkan data dan analisis seputar individu tersebut.
Robots.txt adalah sebuah file yang mengatakan ke mesin pencari WebCrawler “Jangan cari saya!”. Dengan menempatkan sebuah file bernama robots.txt di direktori utama sebuah situs web memungkinkan webmaster untuk memblokir semua WebCrawlers mengakses halaman, atau secara khusus memblokir WebCrawlers tertentu, dan oleh karena itu berhenti tampil di hasil search engine.
ROI adalah singkatan dari Return on Investment yang merupakan rasio laba bersih terhadap biayaROI biasanya merupakan pengukuran yang paling penting bagi pengiklan karena pengukuran ini didasarkan pada sasaran iklan tertentu dan menunjukkan pengaruh yang nyata dari upaya periklanan terhadap bisnis Anda.
RSS Feed adalah singkatan dari Rich Site Summary yang meruapakan jenis umpan web (feed) yang memungkinkan pengguna mengakses pembaruan konten online dalam format standar dan mudah terbaca oleh komputer.
RSS Reader adalah fitur untuk mengambil semua informasi dari situs berita dan blog yang berlangganan, fitur tersebut akan memasukkan semua informasi ini ke dalam satu tempat yang mudah dicerna.
RON (Run Of Network) adalah sebuah bentuk pemasaran internet dimana sebuah kampanye iklan online diterapkan pada kumpulan situs web yang luas tanpa kemampuan untuk memilih situs tertentu. Jaringan periklanan menjual ruang untuk iklan online agar muncul di sejumlah situs web, blog, dan saluran serupa.
ROS (Run Of Site) adalah bentuk pemasaran internet dimana penempatan iklan dapat muncul di halaman manapun dari sebuah situs target.

S

Sales Page adalah sebuah halaman atau bahkan website yang biasanya hanya merupakan 1 halaman panjang ke bawah, dan berisikan penawaran khusus tentang suatu produk atau jasa.
Search Engine adalah situs web yang memungkinkan pengguna memasukkan kata kunci dan mencari di Internet untuk situs web dan informasi yang terkait dengan kata kunci tersebut. Contoh Search Engine adalah Google, Yahoo, Baidu, Ask.com, dan sebagainya.
Search Retargeting adalah layanan yang menggunakan informasi yang dikumpulkan dari data penelusuran konsumen untuk menargetkannya dengan iklan dan penawaran di lokasi lain di web.
SERPS adalah singkatan dari Search Engine Results Pages. Anda mungkin melihat ini setiap hari; itu adalah halaman yang ditampilkan saat Anda mencari dengan mesin pencari. Ini akan memiliki daftar hasil yang relevan dengan pencarian Anda, begitu pula iklan PPC. Tujuan SEO adalah untuk memindahkan situs web ke bagian atas halaman hasil dari istilah pencarian yang relevan.
Server Logs adalah sebuah file log (atau beberapa file) yang dibuat dan dikelola secara otomatis oleh server yang terdiri dari daftar aktivitas yang dilakukan. Contoh tipikal adalah log web server yang menyimpan riwayat permintaan halaman.
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Suatu proses yang mempengaruhi visibilitas online situs web atau halaman web dalam hasil mesin pencari yang tidak dibayar – sering disebut sebagai hasil “natural”, “organic”, atau “earned”. SEO dilakukan dengan harapan web kita muncul pada halaman pertama dan bagian atas pada hasil pencarian dengan kata kunci tertentu.
Shopping Cart adalah keranjang belanja pada situs e-commerce.
Shopping Cart Abandonment adalah istilah yang digunakan saat pembelanja di situs e-commerce menempatkan barang belanjaan mereka di keranjang belanja untuk membeli, namun meninggalkan situs tanpa membeli barang-barang tersebut.
Site Retargeting adalah layanan yang menggunakan iklan, email dan alat pemasaran lainnya untuk mendorong pelanggan yang telah meninggalkan keranjang belanja atau transaksi lainnya untuk kembali dan menyelesaikan transaksinya itu.
Sebagai contoh kita sedang berbelanja di situs A, tapi kita tidak selesai hingga proses checkout. Maka pada saat kita sedang di situs B, tiba-tiba muncul iklan yang meminta kita menyelesaikan belanja kita di situs A.
Site Map adalah sebuah model visual dan tekstual yang berisi daftar halaman-halaman yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi untuk menemukan informasi yang dicarinya dalam suatu website. Biasanya, peta situs disusun secara hierarkis, mengelompokan informasi website tersebut pada area subyek yang spesifik secara bertingkat.
Skyscrapper Ad adalah iklan banner yang tinggi (bahkan sangat tinggi) dan sempit dengan ketinggian sering berkisar antara 500 sampai 800 piksel (dan lebar biasanya berkisar antara 120 sampai 160 piksel) yang biasanya diletakkan di sisi kanan konten pada halaman website.
Smart Kiosk adalah bagian teknologi interaktif di tempat umum yang memberikan informasi berbasis pada teknik seperti motion sense atau mengenali fitur dari pengguna seperti usia atau jenis kelamin.
Social Analytics adalah analisis data dan informasi yang dikumpulkan berdasarkan interaksi digital dan keterlibatan dengan orang dan ide dalam konteks komunikasi sosial.
Social Co-browsing adalah berbagi layar kolaboratif dengan banyak pihak di jejaring sosial sehingga masing-masing pihak dapat melihat layar yang sama dengan yang lainnya dimanapun lokasinya.
Social Commerce adalah penggunaan jejaring sosial untuk berjualan.
Social Content adalah ide organik, pernyataan, opini, posting blog, citra, dll. yang disampaikan melalui saluran sosial dan ditujukan untuk dilihat oleh pengguna lain.
Social Feedback adalah komentar yang diberikan oleh pengguna media sosial pada potongan konten.
Social Marketing adalah subkategori pemasaran yang didedikasikan untuk keterlibatan (engagement), peningkatan merek (brand enhancement) dan sukses melalui interaksi sosial.
Social Marketing Management Platforms adalah alat yang ada untuk membantu kehadiran sosial, suara dan interaksi sosial sebuah merek. Beberapa alat yang terkenal seperti HootSuite, HubSpot, MeetEdgar, TweetDeck dan sebagainya.
Social Media Optimization (SMO) adalah suatu tindakan mengarahkan lalu lintas (traffic) melalui saluran media sosial untuk mencapai tujuan tertentu.
Social Media Policy (SMP) adalah dokumen tertulis yang menguraikan bagaimana karyawan harus berbicara tentang bekerja di media sosial dan juga memberi saran kepada mereka tentang cara terbaik menggunakan situs media sosial. Ini ditulis untuk melindungi perusahaan dan menjelaskan apa yang dapat dan tidak dapat dikatakan oleh karyawan di media sosial.
Social Network Analysis (SNA) adalah mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai platform dalam jaringan sosial untuk mengidentifikasi informasi dan hubungan yang lebih baik.
Social Networking adalah pemanfaatan koneksi personal dan profesional dengan tujuan berbagi informasi dengan atau mendapatkan keuntungan dari jaringan orang secara online.
Social Ops adalah pengoperasian percakapan publik dengan pelanggan di situs media sosial dengan tujuan untuk menumbuhkan hubungan dan meningkatkan kesadaran dan keterlibatan merek.
Social TV adalah interaksi sosial yang terkait dengan TV (baik melalui TV atau melalui perangkat digital) yang menciptakan keterlibatan komunitas secara real time atau berkenaan dengan konten sesuai permintaan. Atau dengan kata lain bersatunya antara TV dengan media sosial.
Social TV Enablers adalah platform yang dirancang untuk membantu pengembangan aplikasi sosial untuk mendukung interaksi program TV dengan media sosial.
Spam adalah pesan atau tautan yang tidak relevan atau tidak pantas dikirim ke Internet ke sejumlah besar penerima.
Splash Page adalah halaman awal pada sebuah website yang berfungsi untuk menarik perhatian pengunjung dalam waktu singkat, juga sebagai promosi atau penuntun menuju halaman web berikutnya.
SSL (Secure Sockets Layer) adalah standar teknologi keamanan untuk membangun hubungan terenkripsi antara server web dan browser.
Subscribe adalah tindakan mendaftar untuk mendapatkan update dan informasi dari situs tertentu seperti majalah bulanan.

 T

Tag adalah kata kunci yang dilekatkan pada sepotong konten, seperti entri blog, untuk membantu hasil pencarian.
Target Audience adalah sebuah kelompok yang menjadi target pengiklan yang biasanya berdasarkan demografi, minat, pola pembelian produk, pemakaian produk atau pemakaian media.
Template adalah sebuah file yang berfungsi sebagai titik awal untuk sebuah dokumen baru.
Thread adalah aliran percakapan, misalnya daftar komentar di posting blog.
Thumbnail adalah stilah yang digunakan oleh desainer grafis dan fotografer untuk representasi gambar kecil dari gambar yang lebih besar, biasanya dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat tampilan atau pengelolaan kelompok gambar yang lebih besar.
Tracking URL adalah URL (Uniform Resource Locator) khusus yang digunakan untuk melacak elemen tertentu saat link diklik. Contoh url : http//www.namaweb.com/?myID. Sehingga pengunjung yang telah datang dilacak kembali melalui kode khusus atau ID Kita.
Traffic Generation adalah cara untuk mendatangkan traffic ke webiste atau landing page dari produk kita.
Trending adalah acara atau topik yang populer dan banyak dibicarakan secara online.
Trick Banner adalah iklan spanduk yang mencoba mengelabui orang agar mengklik, sering dengan meniru pesan sistem operasi.

U

Uniform Resource Locator (URL) adalah referensi ke sumber daya web yang menentukan lokasinya di jaringan komputer dan mekanisme untuk mengambilnya. Dalam bahasa sehari-hari sering disebut alamat website.
Unique Visitor adalah seorang pengguna yang telah mengunjungi situs web dan telah dihitung sebagai satu tampilan statistik, meski ada kemungkinan pengguna tersebut pernah berkunjung ke website berkali-kali. Ini dibedakan dari keseluruhan jumlah pemirsa (viewers), yang mungkin berisi mereka yang telah berkunjung lebih dari sekali.
Uptime adalah waktu dimana sebuah website dapat diakses / sedang online. Lawan dari dari “down time“.
User Experience Design adalah proses peningkatan kepuasan pengguna dengan suatu produk dengan meningkatkan kegunaan, aksesibilitas, dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi dengan produk.
User Experience Platforms adalah teknologi yang menyediakan kemampuan untuk membuat desain yang berfokus pada pengalaman pengguna.
User-Generated Content (UGC) adalah konten yang dibuat secara organik oleh pengguna di situs web untuk digunakan di situs web itu sendiri atau untuk didistribusikan ke situs lain juga, seperti blog, komentar, ulasan (review), podcast dan lainnya.

V

Viral adalah persitiwa menyebarnya sebuah konten dari orang ke orang dengan sangat cepat di dunia maya.
Virtual Actors adalah tokoh manusia, seperti hologram, yang membawa kehidupan nyata ke sebuah merek dan bisa bertindak sebagai panduan atau tenaga penjualan virtual dalam pengaturan iklan dan penjualan.
Virtual Domain adalah domain yang ada di virtual server.
Virtual Server adalah server yang berada di lokasi orang lain yang dibagi kepada sejumlah pemilik website sehingga setiap pemilik website dapat menggunakan dan mengelolahnya karena mereka memiliki kuasa penuh atas server tersebut.
Vlog adalah sama seperti blog, tapi didokumentasikan menggunakan video bukan konten tertulis.

W

Web 2.0 adalah sebuah istilah yang menggambarkan perubahan tren penggunaan teknologi World Wide Web dan desain Web yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, berbagi informasi yang aman, meningkatkan kolaborasi, dan memperbaiki fungsionalitas Web seperti yang kita ketahui di Web 1.0.
Tidak seperti Web 1.0, Web 2.0 memfasilitasi interaksi antara pengguna dan situs web, sehingga memungkinkan pengguna berinteraksi lebih bebas satu sama lain. Web 2.0 mendorong partisipasi, kolaborasi, dan berbagi informasi.
Web Analytics adalah aplikasi yang memungkinkan untuk pemahaman, perbaikan dan optimalisasi pengalaman pengguna online dan pengembangan kampanye digital, seperti Google Analytics.
Webinar adalah seminar secara online termasuk audio dan / atau video yang dapat diikuti oleh pengguna melalui saluran telepon atau sebuah panggilan telepon di web.
Web Crawler adalah mesin pencari bekerja dengan mengindeks semua halaman web yang tersedia dan mencetaknya berdasarkan sejumlah faktor untuk mengukur kepercayaan dan popularitas mereka. Kadang-kadang disebut bot, robot atau spider.
Web Hosting adalah aktivitas atau bisnis penyediaan ruang penyimpanan dan akses untuk situs web.
Web Ops adalah pengelolaan merek dan konten digital perusahaan, termasuk penerapan,
pembaruan dan analisis keberhasilan.
Website Experience Analytics adalah subkategori analisis web dengan tujuan menganalisis seberapa efektif sebuah website memberikan pengalaman pengguna yang positif.
WordPress adalah sistem pengelolaan konten blog dan situs web yang open source.

Y

Youtube adalah situs berbagi video gratis yang memungkinkan orang mengunggah, melihat, dan berbagi video

Z

Zine adalah majalah yang hanya dipublikasikan secara digital (online), yang merupakan kebalikan dari yang dipublikasikan di media cetak tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH PENGARUH PENDIDIKAN DAN LATIHAN DASAR TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS SDM

  MAKALAH PENGARUH PENDIDIKAN DAN LATIHAN DASAR TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS SDM Disusun untuk memenuhi Tugas Mata kuliah Eko...