a. Gerakan dasar tangan
1. Ngithing
Ada yang menyebutnya dengan istilah
nyekithing. Yaitu posisi tangan dengan ibu jari menempel pada jari tengah,
membentuk bulatan. Sedang jari yang lain ditekuk(menekuk/melengkung
kebawah).
2. Ngrayung
Ngrayung adalah bentuk gerak tangan dengan
posisi ibu jari menempel pada telapak tangan, dan keempat jari berdiri dengan
posisi jari-jari rapat.
3. Nyempurit
Nyempurit, posisi jari-jari tangan hampir
sama dengan ngithing. Hanya saja posisi ibu jari menempel pada sisi jari tengah
sedang jari yang lainnya posisi tekuk (melengkung ke bawah)
4. Ukel
Gerakan tangan dengan memutar pergelangan
tangan berlawanan arah jarum jam, dengan posisi tangan ngithing.
5. Kebyok
Gerak kebyok adalah gerakan tangan dengan
menggunakan selendang yang dihentakkan ke pergelangan tangan dengan menggunakan
selendang sehingga selendang menyangkut dipergelangan tangan.
6. Kebyak
Adalah gerakan tangan dengan menggunakan
selendang yang dihentakkan atau dibuang sehingga selendang lepas dan tidak lagi
menyangkut di pergelangan tangan. Gerak kebyak dilakukan setelah kebyok.
7. Ulap-ulap
Posisi tangan seperti ngrayung, dengan
posisi pergelangan tangan ditekuk dan posisi ibu jari berdiri, terletak lurus
pada dahi/kening (seperti hormat).
Ulap-ulap ada 2 yaitu ulap-ulap kanan dan ulap-ulap kiri.
a) Ulap-ulap kanan
Ulap-ulap
kanan adalah gerakan tangan kanan menekuk di depan
kening,
sedang tangan kiri menekuk dipinggang (malangkerik)
b) Ulap-ulap kiri
Ulap-ulap
kiri adalah tangan kiri yang menekuk di depan kening, sedang tangan kanan
menekuk di pinggang (malangkerik)
8. Tawing
Posisi tangan ngrayung yang terletak di depan
pundak. Posisi ini ada 2, yakni tawing kanan dan tawing kiri. Tawing kanan
dilakukan tangan kanan yang diletakkan pada depan pundak kiri. Sebaliknya
tawing kiri, dilakukan tangan kiri yang diletakkan pada pundak kanan.
9. Mbaya
mangap
Digunakan pada tari putra gagah. Posisi tangan mbaya
mangap adalah posisi tangan sama seperti ngrayung tetapi ibu jari tidak
menempel pada telapak tangan. Ibu jari membuka lurus ke depan.
10. Nayung
Digunakan pada tari putra alus. Posisi tangan kanan
mbaya mangap yang letaknya di depan dada, biasanya berpasangan dengan mingkis.
11. Mingkis
Pasangan nayung yang dilakukan tangan kiri, posisi
dimana tangan kiri mbaya mangapdengan telapak tangan menghadap atas, terletak
di pinggang kiri (trap cethik).
12. Seblak
Gerakan menyibak selendang/sampur dari pangkal
ikatan selendang sampai merentang lurus kesamping badan. Kemudian arahkan
selendang kebelakang. Seblak kanan kearah kanan, seblak kiri kearah kiri dengan
tangan kiri, atau secara bersamaan.
13. Ngepel
Posisi jari tangan mengepal, dengan ibu jari
menempel di depan jari telunjuk. Digunakan pada tari putra gagah.
14. Bapang
Posisi tangan pada tari putra gagah dengan telapak
tangan mbaya mangap dimana tangan kiri posisi membuka menghadap atas, lengan
tangan membuka kesamping. Sedang tangan kanan lengan kanan membuka lurus pundak
dengan posisi telapak tangan mbaya mangap menghadap depan.
15. Kambeng
Posisi lengan tangan membuka didepan dada dengan
kedua tangan mengepal.
b. Gerak Dasar Kaki
1.
Nggroda
Adalah bentuk dasar gerakan kaki dimana posisi
telapak kaki saling merapat bagian tumit sedang bagian depan membuka 45 derajat
(menghadap sudut)
2. Mendak
Adalah bentuk dasar kaki yang paling dominan, yaitu
posisi lutut kaki ditekuk (merendah). Posisi ini dilakukan selama menari.bentuk
telapak kaki nggroda posisi kaki mendhak (lutut di tekuk)
3. Tanjak
Kanan
Adalah posisi kaki dimana letak telapak kaki kanan
agak di depan telapak kaki kiri dan kaki kiri dibelakang kaki kanan. Pada tari
putri, tidak ada jarak antara telapak kaki kanan dan kaki kiri. Sedang pada
tari putra alus berjarak satu telapak kaki, dan pada tari putra gagah lebih lebar
lagi, dengan ukuran lebar kurang lebih 2 x telapak kaki.
4. Sila
Adalah posisi duduk bersila. Kaki kanan didepan kaki
kiri.
5. Jengkeng
Adalah posisi duduk di atas kaki. Jengkeng pada
ketigajenis tari sangat berbeda. Pada tari putri posisi kaki kanan sebagai
tumpuan duduk, sedang posisi kaki kiri didepan kaki kanan
Pada tari putra, posisi kaki kanan sebagai tumpuan
duduk, sedang kaki kiri membuka kesamping kiri.
6. Srisig
Srisig adalah posisi atau gerakan lari-lari kecil,
dengan posisi kaki jinjit dan mendak (lutut ditekuk)
7.
Jinjit
Berdiri dengan menggunakan ujung telapak kaki bagian
depan.
8. Trecet
Trecet adalah gerakan seperti lari ditempat dengan
posisi kaki membuka dan jinjit.
9. Kenser
kenser adalah gerakan kaki dengan berpindah posisi
menggeserkan telapak kaki secara bersamaan
10. Lumaksana
Lumaksana dalam tari Jawa adalah gerakan
berjalan. Baik itu berjalan kedepan (maju) maupun berjalan ke arah belakang
(mundur).
11. Enjeran
Lumaksana/jalan yang dilakukan seperti jalan
kepiting/jalan miring. Jalan kesamping baik kekanan maupun ke kiri.
12. Debeg
Debeg adalah menghentakkan telapak kaki bagian
depan. Debeg kanan yang dihentakkan kaki kanan, sedang debeg kiri yang
dihentakkan kaki kiri. Setiap gerakan debeg selalu diikuti gejug. Debeg dan
gejug merupakan satu rangkaian, namun gejug tidak selalu diawali dengan debeg.
Gejug dapat berdiri sendiri.
13. Gejug
Gejug adalah menghentakkan kaki bagian telapak kaki
kebelakang kaki yang menjadi tumpuan. gejug ada 2, yaitu gejug kanan dan gejug
kiri
GERAK DASAR KEPALA
1. Kedet,
yaitu gerakan kepala seolah menarik dagu
2. Gedug,
yaitu kepala tegak di gerakan kesamping kanan dan kiri
3. Gedug
angka delapan, yaitu gerak kepala dengan memfokuskan putaran dagu seolah
menulis angka angka delapan dengan diakhiri gerak hedot
4. Gilek,
yaitu gerak kepala membuat lengkungan kebawah kiri dan kanan
5. Godeg
cangreud, yaitu gerak gilek diakhiri gerak kedet
6. Galieur,
yaitu gerak halus pada kepala yang dimulai dari menarik dagu, kemudian ditarik
dengan leher kembali ke arah tengah diakhiri dengan kedet
GERAK DASAR TANGAN
- Meber, yaitu kedua tangan kesamping, telapak tangan menghadap ke belakang
- Nangreu, yaitu kedua tangan kedepan, empat jari lurus keatas ibu jari ditekuk
- Nyampurit, yaitu kedua tangan kedepan, telapak tangan kedalam ibu jari dan jari telunjuk membuat lingkaran
- Mereket, yaitu telapak tangan dikepalkan
- Rumbe, yaitu kedua tangan kesamping, telapak tangan keluar lima jari lurus kebawah
- Ngaplek, yaitu kedua tangan kesamping, telapak tangan keluar lima jari lurus kebawah
- Tumpang tali, yaitu kedua tangan nangreu lalu disilangkan
- Mungkur, yaitu kedua tangan kedepan ditekuk kedua telapak tangan menghadap keluar punggung tangan disatukan
- Nyawang, yaitu tangan ditekuk tepat dimuka kepala (seperti hormat)
- Sembah, yaitu telapak tangan dirapatkan tepat didepan hidung
- Capit soder, yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan ibu jari keatas, jari manis dan jari kelingking disatukan
- Jiwir soder, yaitu ibu jari dan jari tengah membuat lingkaran lalu disatukan
- Kepret soder, yaitu kedua tangan sikap mungkur didepan perut lalu kesampingkan dengan cara menggerakan kelima jari
- Ukel, yaitu gabungan dari gerak mungkur, ngaplek, rumbe, dan nangreu dengan cara diputarkan
- Lontang, yaitu tangan kanan kedepan dengan posisi nangreu tangan kiri kedepan dengan posisi nyampurit
- Capang, yaitu tangan kanan kedepan nangreu dan tangan kiri ditekuk nangreu
- Selut, yaitu tangan kanan nangreu dan tangan kiri rumbe dengan cara tangan kiri yang rumbe ditarik keatas
- Baplang, yaitu tangn kanan serong nangreu dan tangan kiri kesamping rumbe
GERAK DASAR KAKI
- Adeg-adeg masekon, yaitu kaki
kanan dilangkahkan, serong kanan serong kiri kaki tetap diam
- Adeg-adeg serong, yaitu sikap kaki sama adeg-adeg masekon hanya badan menjadi serong kanan
- Adeg-adeg kembar, yaitu sikap tumit kaki merapat telapak kaki dibuka
- Tengkoh, yaitu gerak kaki dengan kedua lutut ditekuk sikap badan merendah
- Jangreng, sikap kaki lurus / tegak
- Sasag, yaitu gerak sikap posisi tumit sejajar dengan mata kaki
- Adeg-adeg serong, yaitu sikap kaki sama adeg-adeg masekon hanya badan menjadi serong kanan
- Adeg-adeg kembar, yaitu sikap tumit kaki merapat telapak kaki dibuka
- Tengkoh, yaitu gerak kaki dengan kedua lutut ditekuk sikap badan merendah
- Jangreng, sikap kaki lurus / tegak
- Sasag, yaitu gerak sikap posisi tumit sejajar dengan mata kaki
GERAK DASAR CALIK
- Sila mando, yaitu kedua kaki disilangkan dengan sikap cantik
- Calik deku, yaitu kedua lutut untuk menyentuh lantai badan tegak
- Calik jengkong, yaitu sikap badan tegap duduk diatas tumit kiri/kanan
- Calik ningkat, yaitu lutut kiri dan kanan diangkat duduk diatas tumit kaki