Minggu, 29 Januari 2017

MAKALAH TENTANG DIARY / BUKU HARIAN



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Buku Harian atau Diary adalah catatan kejadian yang kita alami sehari-hari. Kita menulis kejadian yang mengesankan pada hari ini pada buku diary. Fungsi diary adalah sebagai kenangan masa-masa yang pernah kita alami. Bisa juga sebagai momento/sejarah kehidupan kita. Seiring dengan perubahan zaman yang terlalu cepat sehingga perubahan tersebut membuat individu semakin stress entah dengan kariernya atau keluarganya, Diary atau buku harian pun berubah fungsi dari sekadar menyimpan kenangan menjadi sebuah media untuk mencurahkan perasaan seseorang atas masalah yang dihadapinya. Menurut Alice D. Domar, menulis buku harian adalah sebuah langkah untuk mengungkapkan emosi dan perasaan kita dan membantu kita untuk merawat pikiran kita. Juga dengan berkembangnya teknologi, buku harian sekarang tidak hanya ditulis pada secarik kertas namun juga bisa berupa data di komputer atau notebook bahkan ada yang berupa fasilitas daring untuk menulis buku harian di Internet.
Dalam hal ini penulis mencoba untuk memaparkan dalam makalah ini tentang buku harian atau diary.

B.     Tujuan
Adapun tujuan dalam pembuatan makalah ini antara lain :
1.      Untuk mengetahui pengertian diary / buku harian
2.      Untuk mengetahui ciri-ciri diary
3.      Untuk mengetahui fungsi dari diary
4.      Untuk mengetahui manfaat dari diary



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Diary / Buku Harian
Setiap orang dalam kehidupan ini pasti mengalami berbagai pengalaman. Ada yang menarik, menjengkelkan, mengecewakan, bahkan membuat putus asa. Semua pengalaman tersebut dapat saja diungkapkan/dicurahkan kepada orang lain. Apakah itu teman, orang tua, guru, atau siapa saja. Jika tidak ada seseorang yang dapat mencurahkan pengalaman, bisa juga perasaan, pemikiran, bahkan hasil perenungan, kita bisa menuliskannya pada buku harian.
Jika menganggap menulis buku harian adalah sesuatu yang bodoh dan membuang-buang waktu adalah salah besar. Betapa banyak orang yang menulis buku harian bisa menjadi terkenal. Seprti: Buku Harian Seorang Demonstran yang ditulis oleh Soe Hok Gie, belum lama ini difilmkan, dan filmnya cukup menarik perhatian kaum muda. Begitu juga, dengan Buku Harian Anne Frank yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa dunia.
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, buku harian artinya buku tulis yang berisi catatan kegiatan yang harus dilakukan dari kejadian yang dialaminya setiap hari. Buku harian bisa merupakan buku catatan pribadi yang berisi catatan kejadian atau pengalaman seseorang yang dialami setiap hari. Buku harian ada bermacam-macam. Ada yang bertanggal yang biasanya disebut agenda dan tidak bertanggal biasa disebut diary. Kata diary merupakan istilah bahasa Inggris untuk buku harian.

B.     Tujuan Menulis Buku Harian

Buku harian memiliki banyak manfaat yang dapat diambil dari tujuan menulis buku harian. Tujuan yang pertama adalah sebagai pengingat masa, tentu saja, bahagia bila di kemudian hari kita bisa menemukan potongan-potongan memori kejadian yang kita alami di masa lalu dari sebuah buku catatan harian yang bahkan tidak bisa kita ingat.
Apalagi apabila dari ingatan-ingatan itu kita bisa mengambil pembelajaran yang berarti bagi kehidupan kita selanjutnya. Misalnya, apabila ingatan-ingatan itu adalah tentang hal yang kurang baik, kita bisa belajar menjadi lebih baik lagi di kemudian hari. Dan tujuan menulis buku harian yang terakhir adalah curhat. Ya, siapa yang tidak pernah curhat, baik dengan teman atau orang tua. Semua orang pernah dan ingin mencurahkan isi hatinya pada sesuatu atau orang lain untuk meringankan beban. Bagi kamu yang terlalu pemalu dan tidak bisa mencurahkan isi hati pada orang lain, sementara memendam sendirian terlalu berat dilakukan, maka kamu bisa mulai menulis buku harian untuk mencurahkan isi hatimu.

C.    Model-Model Menulis Diary / Buku Harian
Model-model menulis buku harian berdasarkan cara pengungkapannya dapat dibedakan atas:
a. Berdasarkan Hasil Pemikiran
Biasanya orang menggunakan teknik ini jika ia ingin menuliskan sesuatu yang terpikirkan pada saat itu. Pikiran ataupun gambaran tentang sesuatu peristiwa, orang, tempat, waktu, bahkan mimpi pun dapat diungkapkannya. Hal-hal yang sulit dilupakan yang merupakan penggalan dari perjalanan hidup seseorang. Para penulis buku harian biasanya senang menggunakan teknik ini. Mengapa? Karena teknik ini dapat menggambarkan semua peristiwa yang dipikirkan penulisnya.
b. Berdasarkan Hasil Perenungan
Pada model ini penulis dapat menuangkan hasil perenungan dirinya atas suatu kejadian/peristiwa yang dialaminya baik yang menyenangkan, menjengkelkan, mengecewakan, ataupun menyakitkan hati yang dapat mengubah sifat atau karakter diri. Berdasarkan hasil perenungannya penulis dapat mengambil hikmah dari semua kejadian yang telah dialaminya. Misalnya jika penulis adalah seorang yang boros maka ia akan merenungkannya sehingga ia tidaklah boros lagi.
c. Berdasarkan Hasil Pengalaman
Pengalaman merupakan sesuatu hal yang sangat pribadi. Pengalaman akan sangat menarik bila dituliskan dengan sajian yang menarik. Tentunya kita harus mengingat kejadian apa yang kita alami dan sangat berkesan.
D.    Bentuk-Bentuk Diary / Buku Harian
Bentuk-bentuk Buku Harian Berdasarkan Bentuk Karangan Dilihat dari bentuknya buku harian dapat dibedakan atas:
a. Agenda
Agenda merupakan buku catatan harian yang sudah dicetak hari, tanggal, bulan, dan tahunnya. Penulis menuliskan kegiatan atau jadwal kegiatannya pada kolom yang tersedia, sehingga panjang tulisannya terbatas (sesuai dengan tempat yang tersedia). Dengan demikian, penulis menuliskan catatannya secara singkat, padat, dan jelas.
b. Uraian
Penulisan buku harian berbentuk uraian, maksudnya adalah penulisan dengan mengambil format prosa, biasanya berupa narasi. Penulis dapat dengan bebas menuangkan ide-ide, perasaan, pengalamannya. Seperti contoh yang ditulis Anita berikut ini : Hari ini bener-bener bete. Gimana nggak? Ulangan aja ada 3: Fisika, Mat, juga BI.

E.     Unsur-Unsur Buku Harian
       Unsur-unsur buku harian sebagai berikut.
1. Tempat dan tanggal penulisan.
2. Peristiwa yang dialami.
3. Kapan peristiwa itu dialami?
4. Di mana peristiwa itu terjadi?
5. Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?
6. Mengapa peristiwa itu dapat terjadi?
7. Bagaimana peristiwa itu terjadi?
8. Bagaimana perasaan/kesan/harapan terhadap peristiwa itu?

F.     Manfaat Buku Harian / Diary
Ada beberapa manfaat menulis buku harian. Manfaat itu antara lain :
1. Menjadi sumber inspirasi.
2. Mengasah rasa bahasa.
3. Membuat memori/ingatan bertambah kuat.
4. Membuat indra bertambah tajam.
5. Membuat mengerti banyak hal.
6. Membuat lebih kreatif.
7. Membuat pandai mengatur gagasan.
8. Melatih kecerdasan emosi.
9. Mengabadikan peristiwa penting.

G.  Langkah-langkah menulis buku harian yang baik :
1.      Menulis dengan sopan, serta merta, tidak perlu dikonsep seperti mengarang.
2.      Menulis secara jujur.
3.       Menulis secara mendalam. Keluarkan pikiran serta perasaan yang terdalam.
4.      Menulis kapan saja ketika mau.
5.      Mengungkapkan perasaan dengan kata-kata atau gambar, dan tanda baca.
6.      Menulis pokok-pokok sebuah pengalaman pribadi.
7.      Mengembangkan pokok-pokok pengalaman tersebut dengan memerhatikan waktu dan tempat peristiwa.
8.      Menggunakan bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan perasaan dan pemikiranmu.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Demikianlah pembahasan tentang diary / buku harian, sehingga dapat disimpulkan bahwa diary / buku harian itu yaitu catatan pribadi yang berisi tentang pengalaman dan peristiwa yang dialami yang sifatnya rahasia dengan gaya penulisan yang tidak mengikat (bebas).
Isi dari buku harian tersebut seseorang dapat mencurahkan segala bentuk rasa dan pengalamannya di dalam buku harian tersebut baik berupa perasaan sengang, sedih, marah, sayang, jengkel, cinta, dan lain-lain. Karena bersifat bebas, maka orang lain tidak dapat membaca buku harian tersebut kecuali dengan seijin yang punya.

B.     Saran
Penulis menyarankan kepada pembaca makalah yang sederhana ini supaya dsetelah membaca makalah ini kiranya mendapatkan sedikit pengetahuan dan segera menulis buku harian mulai dari sekarang,karena buku harian sangat penting bagi pribadi kita sendiri.










DAFTAR PUSTAKA

3.      http://www.smpn1bontang.org/exelearning/BUKU HARIAN
4.      http://www.berpendidikan.com/2015/05/contoh-buku-harian-diary-dan-cara-membuatnya-dengan-benar.html


















KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan Rahmat serta RizkiNya senantiasa kepada kita semuanya, sehingga khususnya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan baik.
Adapun pembahasan dalam makalah ini yaitu tentang diary atau buku harian. Buku harian yang selalu kita isi, memiliki beberapa keuntungan, dengan menulis buku harian segala pengalaman penting yang berlangsung setiap hari akan terekam didalam buku tersebut,dengan demikian pengalaman hidup kita akan selalu diingat, buku harian membantu kita untuk mengingat  tentang berbagai hal dan yang paling penting adalaah kita luput dari suatu kesalahan yang disebabkan oleh kelupaan. Dengan menulis buku harian setiap hari wawasan kita tentang menulis akan bertambah dan sadar atau tidak sadar kita akan menciptakan keterampilan menulis.
Semoga dengan adanya makalah ini dapat memberikan wawasan serta pengetahuan tentang buku harian / diary. Adapun saran maupun kritik yang bersifat membangun kami nantikan untuk kesempurnaan penyusunan di masa yang akan datang.

Parigi, 29 Januari 2017

Penulis







DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………………………………………………..             i
DAFTAR ISI ……………………………………………………………….           ii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………….             1
A.    Latar Belakang…………………………………………………             1
B.     Tujuan………………………………………………………….             1
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………..              2
A.    Pengertian Diary / Buku Harian………………………………..             2
B.     Tujuan Menulis Buku Harian………………………………….              3
C.     Model-Model Menulis Diary / Buku Harian…………………..              3
D.    Bentuk-Bentuk Diary / Buku Harian…………………………..             4
E.     Unsur-Unsur Buku Harian……………………………………..             4
F.      Manfaat Buku Harian / Diary………………………………….             5
G.    Langkah-langkah menulis buku harian yang baik …………….              5
BAB III PENUTUP ………………………………………………………..               6
A.    Kesimpulan…………………………………………………….             6
B.     Saran……………………………………………………………            6
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………           7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS

  MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS           Disusun Oleh : DADANG MAULANA YUSUF D4 KEARSIPAN         UNIVERSITAS...