Senin, 16 Maret 2020

makalah makanan 4 sehat 5 sempurna



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Makanan sehat adalah makanan yang dimana unsure unsurnya memiliki keseimbangan gizi, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk proses tumbuh kembang. Menu makanan sehat harusnya kaya akan unsur zat gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan sedikit lemak tak jenuh, atau lebih tepatnya disingkat dengan nama menu 4 sehat 5 sempurna.
Makanan yang sehat apakah perlu harus yang mahal, tidak harus, justru dalam kenyataannya makanan mahal belum tentu memiliki kandungan 4 sehat 5 sempurna, banyaknya zat-zat kimia, dan hanya memiliki 1 atau 2 kandungan saja, sehingga tubuh masih kekurangan akan beberapa zat yang sangat penting. Ini pada dasarnya banyak sekali kita temukan makanan makanan yang menyehatkan yang ada dilingkungan sekitar kita, seperti daun ketela, daun papaya, daun bayam, kangkung, terong, kentang, wortel dan lain lain sebagainya. Nah, berikut contoh gambar beberapa makanan yang sehat

B.       Tujuan

1.      Agar menjadikan siswa lebih tertarik pada bidang tata boga, karena dengan demikian kita dapat menambah pengetahuan kita akan kesehatan makanan yang kita makan, gizi dan kandungan serta manfaat yang bisa kita miliki.
2.      Untuk dapat memenuhi tugas tata boga






BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan yang dikatakan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung karbohidrat protein , vitamin . Paling tidak , dalam sehari kita perlu memperhatikan makanan yang mengandung makanan 4 sehat 5 sempurna itu. Contoh makanannya bisa seperti nasi , sayuran , daging/ikan , buah2an , dan kalau mau bisa ditambahkan dengan susu . Diusahakan juga pengolahan sayur jangan terlalu lama supaya tidak menghilangkan kadar vitaminnya.
Kalau kita bisa mempraktekkan pola makan 4 sehat 5 sempurna , yakin bisa memperoleh kondisi badan yang sehat . Tapi memang perlu diimbangkan dengan olahraga dan minum air putih yang banyak .
Dalam kandungan makanan di atas ternyata banyak lho, di antaranya ada;
  • karbohidrat : terdapat pada nasi, gandum, singkong, dan lain-lain
  • protein : banyak terdapat pada tahu, tempe, telur daging, dll
  • mineral : banyak terdapat pada sayur-sayuran
  • vitamin : banyak terdapat pada buah-buahan
  • susu
Akan tetapi menu makanan 4 sehat 5 sempurna tidak akan bisa diserap maksimal oleh tubuh jika kita tidak memiliki pola makan yang sehat pula. setiap tubuh memiliki pola waktu bekerja, sehingga konsumsi terhadap menu sehat harus dibarengi dengan pengetahuan pola sehat. menurut pakar ahli gizi Andang Gunawan, tubuh memiliki rentan waktu untuk melakukan tugas-tugasnya, dalam artian sebagai berikut :
  • Fase Pembuangan : dalam fase ini dimana tubuh melakukan proses pembuangan atas semua makanan yang telah kita makan sebelumnya, rentan waktu diantara pukul 04.00 – 12.00. sehingga dalam rentan waktu tersebut sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan-makanan berat. menurut andang dipagi hari banyak konsumsi buah-buahan akan sangat efektif, karena pada saat ini tubuh sangat memerlukan sumber energi sekaligus membantu dalam proses pembuangan.
  • Fase Pencernaan : dalam fase inilah menu makanan 4 sehat bisa dinikmati, tapi non buah, karena buah sudah kita konsumsi pada fase sebelumnya atau pada pagi hari. rentan waktu sekitar pukul 12.00 – 20.00.
  • Fase penyerapan : rentan waktu pukul 20.00 – 04.00, sehingga sangat dianjurkan untuk menghentikan aktifitas makanan.
pengetahuan terhadap menu makanan sehat pun tidak cukup jika tidak dibarengi dengan konsep pengetahuan pola hidup sehat, keteraturan dalam mengkonsumsi makanan bisa dikatakan merupakan diet alami, sekaligus akan menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat. Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah kewaspadaan terhadap makanan yang kita makan. hal ini dikarenakan semakin banyaknya tindak kecurangan dari pedangang untuk mencapai keuntungan yang maksimal, sehingga makanan yang kita makan, kadang banyak mengandung zat-zat yang berbahay
B.       Jenis-Jenis Makanan “4 Sehat 5 Sempurna”
a.      Karbohidrat:
Karbohidrat adalah polihidroksi aldehid atau polihidroksi keton dan meliputi kondensat polimer-polimer yang terbentuk. Nama karbohidrat dipakai dalam senyawa tersebut karena rumus empirisnya yang berupa CnH2nOn atau Cn(H2O)n yaitu karbon yang mengalami hidratasi.
b.      Protein:
Protein adalah senyawa organic yang berbobot molekul tinggi berkisar beberapa ribu sampai jutaan. Protein tersusun dari atom C, H, O, dan N serta unsure lain seperti P dan S yang membentuk unit-unit asam amino. Protein berasal dari bahasa yunani kuno “proteos” artinya yang utama. Protein terdapat pada semua sel hidup, kira-kira 50% dari berat keringnya dan berfungsi sebagai pembangun struktur, biokatalis, hormon, sumber energy, penyangga racun, pengatur pH, dan sebagai pembawa sifat turunan dari generasi ke generasi.
c.       Lemak:
Lemak adalah sekelompok ikatan organik yang terdiri atas unsurunsurCarbon (C), Hidrogen (H), Oksigen(O) yang mempunyai sifat dapatlarut dalam zat-zat pelarut tertentu (zat pelarut lemak).
d.      Vitamin:
Pengertian Vitamin adalah sekelompok  senyawa organik amina yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena vitamin berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh (vitamin mempunyai peran sangat penting dalam metabolisme tubuh), karena vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Jika manusia, hewan dan ataupun makhluk hidup lain tanpa asupan vitamin tidak akan dapat melakukan aktivitas hidup dengan baik, kekurangan vitamin menyebabkan tubuh kita mudah terkena penyakit.
e.      Mineral:
Mineral adalah senyawa alami yang terbentuk melalui proses geologis. Istilah mineral termasuk tidak hanya bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana sampai silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik biasanya tidak termasuk). Ilmu yang mempelajari mineral disebut mineralogi.
f.        Air:
Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air memiliki dua atom hidrogen kovalen terikat pada atom oksigen tunggal.

C.    Jenis Menu
Tumis Kangkung
Description: C:\Documents and Settings\Admin\My Documents\Bluetooth\resep-tumis-kangkung-terasi-udang-yang-enak.jpg
Tumis kangkung merupakan salah satu masakan yang sering menjadi menu sayuran favorit di rumah. Selain karena cara memasaknya yang mudah, tumis kangkung juga sangat nikmat untuk disantap bersama berbagai macam lauk, seperti ikan dan ayam. Bagi orang yang kurang menyukai sayuran, mungkin harus memulai biasakan makan sayur dimulai dengan menu tumis kangkung. Karena tidak hanya unggul dengan rasanya yang lezat, tumis kangkung juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.
Kangkung memiliki kandungan mineral, vitamin A, B, C, asam amino, zat besi, fosfor, karoten, dan kalsium. Karena berbagai kandungannya itulah, kangkung memiliki sifat anti racun, peluruh, perdarahan, diuretic (pelancar kencing), anti radang dan sedatif (penenang/obat tidur).Sebab itu ketika kita makan banyak sayur kangkung kita akan mudah merasa ngantuk, karena adanya berbagai kandungan dan sifat-sifat tersebut.
Sayur Sop
Description: Hasil gambar untuk sayur sop
Sup atau sop adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan, dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa. Bahan yang terdiri dari daging, sayur, atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari. Perebusan bukan merupakan suatu cara masak yang umum sampai penciptaan wadah tahan air sekitar 5.000 tahun yang lalu. Secara tradisional, sup dibagi menjadi dua kelompok: sup jernih dan sup kental.

Goreng Tahu Tempe
  • Tempe
Secara umum, tempe mengandung berbagai senyawa aktif antara lain sejumlah lemak, berbagai mineral baik itu makro maupun mikro, protein nabati, serat pangan alami, karbohidrat, isoflavon, beragam vitamin mulai yang larut dalam air sampai yang larut dalam minyak dan masih banyak lagi lainnya.
Asam lemak pada tempe digolongkan ke dalam kelompok Polyunsaturated Fatty Acids atau PUFA. Asam jenis ini merupakan asam lematk tidak jenuh majemuk yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Asam lemak tak jenuh ini diperoleh dari proses fermentasi tempe. Asam tersebut adalah oleat dan linolenat. Kedua asam ini bekerja efektif dalam menurunkan kolesterol serum dalam darah sehingga dampak negatif sterol bisa ditangkal.
·         Tahu
Tahu adalah makanan rendah kalori namun tinggi protein. Tahu adalah sumber yang baik dari berbagai mineral, seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, kalium. Vitamin pada tahu seperti vitamin D, A, B6, C, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat.

Description: C:\Documents and Settings\Admin\My Documents\Bluetooth\Tahu-Tempe-Goreng.jpg

·         Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban/ keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.
Description: Gambar terkait
·        Goreng Ayam
Adapun menu yang kami siapkan yaitu menu goreng daging ayam. Manfaat makan daging ayam bagi kesehatan jelas sangat tinggi, karena daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral. Makan daging ayam juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah serta mengurangi risiko kanker.
Description: Photo
Air Putih
Air merupakan sumber kehidupan, kenapa? Karena 90% tubuh manusia terdiri dari air, jadi jika kekurangan air sangat fatal akibatnya bagi tubuh karena bisa menyebabkan kematian. Manfaat air putih sangatlah banyak, meminum air putih setiap hari adalah wajib hukumnya.
Minimal tubuh membutuhkan 1 liter air putih setiap harinya, semakin berat kerja tubuh semakin banyak air yang dibutuhkan. Meminum air putih sebaiknya dilakukan sejak bangun tidur sampai akan tidur. Sebab, meminum air setelah bangun tidur dan sebelum tidur sangat baik manfaatnya untuk tubuh.

Description: Hasil gambar untuk air putih adalah

BAB III
PENUTUP

Demikianlah uraian singkat yang telah kami bahas pada makalah ini tentang makanan 4 sehat 5 sempurna. makanan yang sehat apakah perlu harus yang mahal, tidak harus, justru dalam kenyataannya makanan mahal belum tentu memiliki kandungan 4 sehat 5 sempurna, banyaknya zat-zat kimia, dan hanya memiliki 1 atau 2 kandungan saja, sehingga tubuh masih kekurangan akan beberapa zat yang sangat penting. Ini pada dasarnya banyak sekali kita temukan makanan makanan yang menyehatkan yang ada dilingkungan sekitar kita.
Akan tetapi menu makanan 4 sehat 5 sempurna tidak akan bisa diserap maksimal oleh tubuh jika kita tidak memiliki pola makan yang sehat pula. setiap tubuh memiliki pola waktu bekerja, sehingga konsumsi terhadap menu sehat harus dibarengi dengan pengetahuan pola sehat.




















DAFTAR PUSTAKA


3.      http://www.academia.edu/


























Lampiran

Description: C:\Documents and Settings\Admin\My Documents\Bluetooth\inbox\20170409_130137.jpg  Description: C:\Documents and Settings\Admin\My Documents\Bluetooth\inbox\20170409_130251-01.jpeg

Description: C:\Documents and Settings\Admin\My Documents\Bluetooth\inbox\20170409_130303.jpg   Description: C:\Documents and Settings\Admin\My Documents\Bluetooth\inbox\20170409_130236.jpg

Description: C:\Documents and Settings\Admin\My Documents\Bluetooth\inbox\20170409_130127.jpg



1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS

  MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS           Disusun Oleh : DADANG MAULANA YUSUF D4 KEARSIPAN         UNIVERSITAS...