Rabu, 24 Januari 2018

MAKALAH OLAHRAGA BASKET



BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang         
                        Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri dari dua tim yang beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang milik lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena bisa dilakukan di ruang  terbuka dan di ruang tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut. Selain itu Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di seluruh dunia, antara lain di Eropa Selatan, Amerika Selatan, Lithuania, China, dan juga di Indonesia. Permainan Bola Basket dimainkan oleh dua regu yang berlawanan. Tiap-tiap regu yang melakukan permainan di lapangan terdiri dari 5 orang, sedangkan pemain pengganti sebanyak-banyaknya 7 orang, sehingga setiap regu paling banyak terdiri dari 12 orang pemain.
Permainan Bola Basket dilakukan di atas lapangan keras yang sengaja diadakan untuk itu, baik di lapangan terbuka maupun di ruangan tertutup. Pada hakekatnya, tiap-tiap regu mempunyai kesempatan untuk menyerang dan memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke keranjang lawan, dan sebisa mungkin menjaga keranjangnya sendiri agar tidak kemasukan oleh lawan. Secara garis besar permainan Bola Basket dilakukan dengan mempergunakan tiga unsur teknik yang menjadi pokok permainan, yaitu : menggiring bola (dribbling), mengoper dan menangkap bola (pasing and catching), serta menembak (shooting).
Ketiga unsur teknik tersebut berkembang menjadi beberapa teknik lanjutan yang memungkinkan permainan Bola Basket hidup dan bervariasi. Misalnya, dalam teknik mengoper dan menangkap bola terdapat beberapa cara seperti : tolakan dada (chest pass), tolakan di atas kepala (overhead pass), tolakan pantulan (bounce pass), dan lain sebagainya. Dalam rangkaian teknik ini, dikenal pula sebutan pivot yakni pada saat memegang bola, salah satu kaki bergerak dan satu kaki lainnya tetap di lantai sebagai tumpuan.

1.2. Rumusan Masalah
Bagaimanakah sejarah olah raga Basket yang dikenal sejak dulu hingga akhirnya menjadi salah satu pendidikan disekolah

1.3 Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui bagaimanakah sejarah bola basket yang dikenal sejak dulu hingga akhirnya menjadi salah satu pendidikan disekolah.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Sejarah basket
            Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga. Pada tahun 1891, Dr. James Naismith, seorang guru Olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield,Massachusetts, beliau membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswanya pada masa liburan musim dingin di New England. Karena terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Dr. James Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada tanggal 15 Desember 1891.
Menurut cerita, setelah menolak beberapa gagasan karena dianggap terlalu keras dan kurang cocok untuk dimainkan di gelanggang-gelanggang tertutup, dia lalu menulis beberapa peraturan dasar, menempelkan sebuah keranjang di dinding ruang gelanggang olahraga, dan meminta para siswa untuk mulai memainkan permainan ciptaan yaitu.
Pertandingan resmi bola basket yang pertama, diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr.James Naismith. Basket adalah sebutan yang diucapkan oleh salah seorang muridnya. Olahraga ini pun menjadi segera terkenal di seantero Amerika Serikat. Penggemar fanatik ditempatkan di seluruh cabang di Amerika Serikat. Pertandingan demi pertandingan pun segera dilaksanakan di kota-kota di seluruh negara bagian Amerika Serikat.
            Pada awalnya,setiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble,sehingga bola hanya dapat berpindah melalui lemparan. Sejarah peraturan permainan basket diawali dari 13 aturan dasar yang ditulis sendiri oleh James Naismith. Aturan dasar tersebut adalah sebagai berikut
1.      Bola dapat dilemparkan ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan.
2.      Bola dapat dipukul ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan, tetapi tidak boleh dipukul menggunakan kepalan tangan (meninju).
3.      Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola. Pemain harus melemparkan bola tersebut dari titik tempat menerima bola, tetapi diperbolehkan apabila pemain tersebut berlari pada kecepatan biasa.
4.      Bola harus dipegang di dalam atau diantara telapak tangan. Lengan atau anggota tubuh lainnya tidak diperbolehkan memegang bola.
5.      Pemain tidak diperbolehkan menyeruduk, menahan, mendorong, memukul pemain lawan dengan cara disengaja. Pelanggaran pertama terhadap peraturan ini akan dihitung sebagai kesalahan, pelanggaran kedua akan diberi sangsi berupa diskualifikasi pemain pelanggar hingga keranjang tim nya dimasuki oleh bola lawan, dan apabila pelanggaran tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencederai lawan, maka pemain pelanggar akan dikenai hukuman tidak boleh ikut bermain sepanjang pertandingan. Pada masa ini, pergantian pemain tidak diperbolehkan.
6.      Sebuah kesalahan dibuat pemain apabila memukul bola dengan kepalan tangan (meninju), melakukan pelanggaran terhadap aturan 3 dan 4, serta melanggar hal-hal yang disebutkan pada point 5.
7.      Apabila salah satu pihak melakukan tiga kesalahan berturut-turut, maka kesalahan itu akan dihitung sebagai gol untuk lawannya (berturut-turut berarti tanpa adanya pelanggaran balik oleh lawan).
8.      Gol terjadi apabila bola yang dilemparkan atau dipukul dari lapangan masuk ke dalam keranjang, dalam hal ini pemain yang menjaga keranjang tidak menyentuh atau mengganggu gol tersebut. Apabila bola terhenti di pinggir keranjang atau pemain lawan menggerakkan keranjang, maka hal tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah gol.
9.      Apabila bola keluar lapangan pertandingan, bola akan dilemparkan kembali ke dalam dan dimainkan oleh pemain pertama yang menyentuhnya. Apabila terjadi perbedaan pendapat tentang kepemilikan bola, maka wasit yang akan melemparkannya ke dalam lapangan. pemain yang melempar bola diberi waktu 5 detik untuk melemparkan bola. Apabila ia memegang lebih lama dari waktu tersebut, maka kepemilikan bola akan berpindah. Apabila salah satu pihak melakukan hal yang dapat menunda pertandingan, maka wasit dapat memberi mereka sebuah peringatan pelanggaran.
10.  Wasit berhak untuk memperhatikan permainan para pemain dan mencatat jumlah pelanggaran dan memberi tahu wasit pembantu apabila terjadi pelanggaran berturut-turut. Wasit memiliki hak penuh untuk memberikan diskualifikasi pemain yang melakukan pelanggaran sesuai dengan yang tercantum dalam aturan 5.
11.  Wasit pembantu memperhatikan bola dan mengambil keputusan apabila bola dianggap telah keluar lapangan, pergantian kepemilikan bola, serta menghitung waktu. Wasit pembantu berhak menentukan sah tidaknya suatu gol dan menghitung jumlah gol yang terjadi.
12.  Waktu pertandingan adalah 4 babak masing-masing 10 menit
13.  Pihak yang berhasil memasukkan gol terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang.

Lapangan, Waktu, dan Jumlah Pemain Bola Basket
§  Lapangan yang digunakan untuk permainan bola basket adalah persegi panjang dengan ukuran panjang lapangan yaitu 26 meter serta lebar lapangan yaitu 14 meter. Tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan basket memiliki panjang jari-jari yaitu 1,80 meter
§  Papan pantul terbuat dari kayu atau bahan lain yang sifatnya sama, tebal papan ini 3 cm.  Ukuran papan pantul 1,80 meter x 1,20 meter. Di tengah papan pantul terdapat garis bingkai empat persegi panjang dengan ukuran 0,59 meter x 0,45 meter.
§  Tiang penyangga atau simpei terbuat dari besi dengan garis tengah 20 mm. Simpei berdiri dengan ketinggian dari atas lantai 3,03 meter.
§  Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu regu dengan cadangan 5 orang. Sedangkan jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit 1 disebut Referee sedangkan wasit 2 disebut Umpire.
§  Waktu permainan 4 X 10 menit. Di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor. Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit. Waktu untuk lemparan ke dalam yaitu 5 detik.
§  Keliling bola yang digunakan dalam permainan bola basket adalah 75 cm - 78 cm.
§  Sedangkan berat bola adalah 600 - 650 gram. Jika bola dijatuhkan dari ketinggian 1,80 meter pada lantai papan, maka bola harus kembali pada ketinggian antara 1,20 - 1,40 meter.
§  Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0,30 meter. Ring basket memiliki panjang yaitu 0,40 meter. Sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter.
§  Panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket adalah 1,80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter. Panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman yaitu 3,60 meter.

2.2 Peraturan Permainan Bola Basket
Peraturan PermainanBola Basket Aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh pemain dalam permainan Bola Basket adalah sebagai berikut :
§  Bola dapat dilemparkan ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan.
§  Bola dapat dipukul ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan, tetapi tidak boleh dipukul menggunakan kepalan tangan (meninju).
§  Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola. Pemain harus melemparkan bola tersebut dari titik tempat menerima bola, tetapi diperbolehkan apabila pemain tersebut berlari pada kecepatan biasa.
§  Bola harus dipegang di dalam atau diantara telapak tangan. Lengan atau anggota tubuh lainnya tidak diperbolehkan memegang bola.
§  Pemain tidak diperbolehkan menyeruduk, menahan, mendorong, memukul, atau menjegal pemain lawan dengan cara bagaimanapun. Pelanggaran pertama terhadap peraturan ini akan dihitung sebagai kesalahan, pelanggaran kedua akan diberi sanksi berupa diskualifikasi pemain pelanggar hingga keranjang timnya dimasuki oleh bola lawan, dan apabila pelanggaran tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencederai lawan, maka pemain pelanggar akan dikenai hukuman tidak boleh ikut bermain sepanjang pertandingan. Dan pada masa ini, pergantian pemain tidak diperbolehkan.
§  Apabila salah satu pihak melakukan tiga kesalahan berturut-turut, maka kesalahan itu akan dihitung sebagai gol untuk lawannya (berturut-turut berarti tanpa adanya pelanggaran balik oleh lawan).
§  Gol terjadi apabila bola yang dilemparkan atau dipukul dari lapangan masuk ke dalam keranjang, dalam hal ini pemain yang menjaga keranjang tidak menyentuh atau mengganggu gol tersebut. Apabila bola terhenti di pinggir keranjang atau pemain lawan menggerakkan keranjang, maka hal tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah gol.
§  Apabila bola keluar lapangan pertandingan, bola akan dilemparkan kembali ke dalam dan dimainkan oleh pemain pertama yang menyentuhnya. Apabila terjadi perbedaan pendapat tentang kepemilikan bola, maka wasitlah yang akan melemparkannya ke dalam lapangan.
§  Wasit berhak untuk memperhatikan permainan para pemain dan mencatat jumlah pelanggaran dan memberi tahu wasit pembantu apabila terjadi pelanggaran berturut-turut. Wasit memiliki hak penuh untuk memberikan diskualifikasi pemain yang melakukan pelanggaran sesuai dengan yang tercantum diatas.
§  Pelempar bola diberi waktu 5 detik untuk melemparkan bola dalam genggamannya. Apabila ia memegang lebih lama dari waktu tersebut, maka kepemilikan bola akan berpindah. Apabila salah satu pihak melakukan hal yang dapat menunda pertandingan, maka wasit dapat memberi mereka sebuah peringatan pelanggaran.
§  Wasit pembantu memperhatikan bola dan mengambil keputusan apabila bola dianggap telah keluar lapangan, pergantian kepemilikan bola, serta menghitung waktu. Wasit pembantu berhak menentukan sah tidaknya suatu gol dan menghitung jumlah gol yang terjadi.
§  Waktu pertandingan adalah 4 quarter masing-masing 10 menit
§  Pihak yang berhasil memasukkan gol terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang


2.3. Teknik Dasar Permainan Bola Basket
            Cara memegang bola basket adalah sikap tangan membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.
Dalam menangkap bola harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada.
            Mengoper atau melempar bola terdiri atas tiga cara yaitu melempar bola dari atas kepala (over head pass), melempar bola dari dari depan dada (chest pass) yang dilakukan dari dada ke dada dengan cepat dalam permainan, serta melempar bola memantul ke tanah atau lantai (bounce pass).
Menggiring bola (dribbling ball) adalah suatu usaha membawa bola ke depan. Caranya yaitu dengan memantulkan bola beberapa kali ke lantai dengan satu tangan. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. Menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi. Menggiring bola rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Menggiring bola tinggi dilakukan untuk mengadakan serangan yang cepat ke daerah pertahanan lawan.
Crossover
            Crissover merupakan cara dribble dengan cara memantulkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan atau sebaliknya. biasanya teknik sudah banyak di improvisasi dengan cara memantulkan bola di antara celah kaki.
Pivot
            Pivot atau memoros adalah suatu usaha menyelamatkan bola dari jangkauan lawan dengan salah satu kaki sebagai porosnya, sedangkan kaki yang lain dapat berputar 360 derajat.
Lay-up
            Lay-up adalah usaha memasukkan bola ke ring atau keranjang basket dengan dua langkah dan meloncat agar dapat meraih poin. Lay-up disebut juga dengan tembakan melayang.
Fade Away
            Fade away adalah tehnik yang mendorong badan kebelakang saat melakukan shoot, sehingga menyulitkan defender untuk menghadang bola. tehnik ini agak sulit dilakukan untuk pemain amatir yang baru belajar basket. Bila keseimbangan badan tidak terjaga maka pemain akan  terpelanting dan jatuh kebelakang.
Hook Shoot
            Hook adalah tehnik yang sangat efektif bila pemain dijaga oleh orang yang lebih tinggi dari pemain. Yaitu cara menembak dari samping dengan satu tangan. Jadi jarak antara orang yang menghadang dan pemain bisa agak jauh, tehnik ini sering dipakai oleh para pemain basket professional dengan keakuratan bisa mencapai 80%.

Jump Shoot
            Teknik yang butuh lompatan tinggi, dan akurasi tembakan yang mumpuni.
Bounce pass ( Mengoper bola pantulan )
            Operan pantulan dengan dua tangan dilakukan dalam posisi bola di depan dada. Operan ini sangat baik dilakukan untuk menerobos lawan yang tinggi
  •ChestPass                                                                                                                        
            Chest Pass adalah melempar bola dari depan dada yang dilakukan dari dada ke dada dengan cepat dalam permainan.
 •Overhead pass                                                                                                                  
            Overhead pass adalah cara yang sangat sempurna untuk melewati rekan kerja Anda lebih kecil atau menutup menandai lawan. Hati-hati untuk tidak melakukan melewati ini ketika lawan lebih tinggi dari Anda.
            Sebenarnya ada dua jenis Overhead pass, satu dengan hanya menggunakan satu tangan dan yang lainnya adalah dengan menggunakan kedua tangan Anda. Overhead pass menggunakan hanya satu tangan biasanya digunakan untuk melempar bola untuk jarak jauh. Overhead Pass menggunakan kedua tangan biasanya digunakan hanya untuk jarak dekat.

Cara Melakukan Overhead Pass :
~ Pegang bola di atas kepala menggunakan kedua tangan anda.
~ Melepaskan bola dari belakang kepala Anda (Anda juga dapat menggunakan mata palsu untuk membuat lawan bingung).
Boxing Out                                                                                                                           
            Boxing out adalah untuk mendorong lawan keluar dari daerah keranjang bawah, sehingga Anda bisa mendapatkan posisi terbaik untuk melakukan rebound. Boxing out adalah salah satu kunci untuk mendapatkan rebound yang baik dan memberi Anda posisi keuntungan yang lebih dan pilihan untuk melakukan rebound.

2.4. Perkembangan Bola Basket di Indonesia
            Permainan basket sudah sangat berkembang dan digemari sejak pertama kali diperkenalkan oleh James Naismith. Salah satu perkembangannya adalah diciptakannya gerakan slam dunk atau menombok, yaitu gerakan untuk memasukkan dan melesakan bola basket langsung ke dalam keranjang yang bisa dilakukan dengan gerakan akrobatik yang berkekuatan luar biasa.
1.Lahirnya Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia
            Ada beberapa informasi mengatakan masuknya basket bersamaan dengan kedatangan pedagang dari Cina menjelang kemerdekaan. Tepatnya, sejak 1894, bola basket sudah dimainkan orang-orang Cina di Provinsi Tientsien dan kemudian menjalar ke seluruh daratan Cina. Mereka yang berdagang ke Indonesia adalah kelompok menengah kaya yang memilih olahraga dari Amerika itu sebagai identitas kelompok Cina modern.
Informasi ini diperkuat fakta menjelang awal kemerdekaan,  klub-klub bola basket di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, D.I.Yogyakarta, dan Surabaya sebagian besar tumbuh dari sekolah-sekolah Cina. Dari klub itu pula kemudian lahir salah seorang pemain legenda Indonesia, Liem Tjien Siong yang kemudian dikenal dengan nama Sonny Hendrawan (Pada 1967 Sonny terpilih sebagai Pemain Terbaik pada Kejuaraan Bola Basket Asia IV di Seoul, Korea Selatan. Waktu itu, tim Indonesia menduduki peringkat ke-4 di bawah Filipina, Korea, dan Jepang).
Pada tahun 1948, ketika Negara Indonesia menggelar PON I digelar di Solo, bola basket, sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Hal ini membuktikan bahwa basket dengan cepat memasyarakat dan secara resmi diakui oleh Negara. Tiga tahun kemudian, Maladi sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang kemudian menjadi Menteri Olahraga, meminta Tonny Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk organisasi bola basket. Namun akhirnya karena tuntutan kebutuhan untuk menyatukan organisasi basket, maka dibentuk Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia pada 1955, yang disingkat Perbasi.

2. Liga Bola Basket Nasional Indonesia
            Liga Bola Basket Nasional Indonesia (nama resmi: National Basketball League Indonesia, disingkat NBL Indonesia) adalah liga bola basket tertinggi yang dikelola secara profesional di Indonesia, diikuti oleh 10 klub peserta dari seluruh Indonesia. NBL Indonesia dikelola oleh DBL Indonesia dan diatur oleh Perbasi. Liga ini dimulai pada tahun 2003 dengan nama Indonesian Basketball League (IBL). Pada tahun 2010, Perbasi menunjuk DBL Indonesia untuk menangani kompetisi ini dan mengubah namanya menjadi NBL Indonesia

3. Sejarah NBL
            Bola basket memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Tercatat sejak tahun 1930-an, walau belum resmi menjadi sebuah negara yang merdeka, beberapa kota di Indonesia telah memiliki klub-klub lokalnya sendiri. Walaupun belum memiliki induk olahraga nasional, pada saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional pertama yang diadakan di Solo pada tahun 1948, bola basket telah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dan mendapat sambutan cukup meriah baik dari segi peserta maupun penonton.
Tiga tahun setelah itu, pada tanggal 23 Oktober 1951, Persatuan Basketball Seluruh Indonesia lahir, dan kemudian berganti nama menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) di tahun 1955. Mengikuti hasil keputusan Kongres ke VIII pada tahun 1981, Perbasi akhirnya menyelenggarakan sebuah kompetisi antar klub-klub basket di Indonesia yang merupakan kompetisi tertinggi yang diikuti oleh klub-klub besar yang berasal dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.
Tanggal 3 April 1982 adalah tanggal bersejarah bagi dunia basket di Indonesia. Pada hari itu, pertandingan antara klub Rajawali Jakarta menghadapi Semangat Sinar Surya Yogyakarta menandai dimulainya Kompetisi Bola Basket Utama (Kobatama) yang pertama sekaligus langkah awal sejarah panjang kompetisi klub-klub papan atas di Indonesia. Indonesia Muda Jakarta mencatatkan diri sebagai klub pertama yang meraih gelar bergengsi Juara Kobatama.
Setelah bergulir selama 20 tahun, Kobatama mendapatkan kesempatan untuk berjalan lebih mandiri. Tahun 2003, Kobatama “terlahir kembali” dengan nama Indonesian Basketball League (IBL) dan diikuti oleh 10 tim papan atas di Indonesia. Aspac Jakarta berhasil menjadi peraih gelar juara yang pertama sejak Kobatama berganti menjadi IBL di tahun 2003. Pada tahun 2004, Satria Muda muncul sebagai kekuatan baru menyingkirkan Aspac pada grand final dan tampil menjadi juara. Aspac kembali merebut gelar kampiun di tahun 2005. Tahun-tahun selanjutnya (2006-2009) menjadi milik Satria Muda Jakarta.
Selain kompetisi reguler tahunan, IBL juga menggelar Turnamen IBL Cup pada setiap awal atau akhir musim kompetisi. Pada tahun 2009 lalu, Satria Muda Jakarta mengalahkan Pelita Jaya Jakarta di final yang diadakan di GOR C-Tra Arena Bandung. Pada tahun 2008, Garuda Bandung berhasil mencuri gelar juara Turnamen IBL Cup yang sebelumnya, pada tahun 2006 dan 2007 juga menjadi milik Satria Muda. Sayangnya, perkembangan IBL tidak berjalan sesuai harapan. Setelah berkali-kali ganti promotor, liga itu terancam bubar di penghujung 2009. Seluruh perwakilan klub peserta pun meminta kepada PT DBL Indonesia untuk tampil sebagai pengelola. Sebelumnya, DBL Indonesia dianggap sukses mengelola Development Basketball League (DBL), liga basket pelajar terbesar di Indonesia, yang pada 2010 telah merambah 21 kota di Indonesia, diikuti sekitar 25.000 pemain dan ofisial.
Untuk mengembalikan lagi pamor liga profesional ini, re-branding tak terelakkan. Mulai 2010, IBL berubah nama menjadi National Basketball League (NBL) Indonesia. Sejumlah perubahan pun dilakukan, mencoba meningkatkan lagi jumlah pertandingan, mendekatkan lagi liga ini dengan penggemarnya. Dengan NBL, Indonesia pun punya harapan baru, semangat baru.

2.5. Istilah Yang Digunakan Dalam Olahraga Bola Basket

-  Dribble
membawa bola dengan cara memantulkan ke tanah
-  Shot
menembak ke ring dengan cara melemparkan bola. Untuk hasil yang bagus, arah bola sebaiknya mementuk kurva parabolic
-  Shot Clock
Waktu menyerang sebelum bola menyentuh ring. NBA : 24 detik, FIBA 30 detik
-  Rebound
mengambil bola pantul hasil tembakan yang tidak masuk
-  Block Shot
melakukan blok terhadap tembakan lawan
-  Steal
mencuri bola dari lawan saat dribble
-  Intercept
mencuri bola dari lawan dengan cara memotong passing lawan
-  Passing
mengoper bola ke rekan satu tim
-  Foul
pelanggaran
-  Team Foul
jumlah pelanggaran dalam satu team per babak nya. Otomatis akan diberikan free throw ke lawan apabila sudah mencapai 5
-  Foul Out
Foul Out adalah Kartu merah dalam permainan basket, diberikan setelah seorang pemain melakukan 5 kali foul
-  Free Throw
Free Throw adalah Tembakan bebas akibat pelanggaran yang dilakukan pemain lawan. Free throw diberikan apabila yang dilanggar dalam posisi akan melakukan shot atau sudah team foul
-  Three Seconds Violation
Three Seconds Violation adalah Pelanggaran yang diberikan apabila seorang pemain berada di area tembakan bebas (key area) selama 3 detik
-  Back Ball / Back Court
Back Ball arau Back Court adalah Pelanggaran karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah
-  Back Door
Back Door adalah Strategi menyerang dengan cara membalik badan ke arah yang berlawanan untuk menghindari penjagaan lawan.
-  Pick and Roll
Pick and Roll adalah Strategi menyerang 2 orang dengan cara 1 orang melakukan blok, menghalangi pergerakan lawan yang menjaga rekannya yang membawa bola, sehingga dapat bebas berlari. Setalah itu orang tadi berputar (roll)

-  Man to man marking
Strategi bertahan 1 lawan 1
-  Zone Defense
Pertahanan sistem area, ada model 2-1-2, 1-2-2, 1-3-1, 2-3, 3-2
-  Full press defense
Pertahanan 1 lawan 1, dimulai dari garis pertahanan lawan
-  Travelling atau Walking
Pelanggaran karena membawa bola tidak di dribble, lebih dari 2 langkah
-  Double
Double adalah Pelanggaran karena setelah berhenti mend dribble, melakukan dribble lagi.
-  Rebound
Rebound adalah suatu istilah dalam permainan bola basket dimana seorang pemain menangkap atau mendapatkan bola pantul yang tidak berhasil masuk yang ditembakkan oleh pemain lain. Pebasket yang melakukan Rebound kebanyakan adalah yang berada posisi Center (tengah) dan Power Forward. Karena rebound lebih efektif untuk orang yang bertubuh lebih tinggi dan yang lebih dekat dengan ring basket.
            Rebound terbagi menjadi 2 jenis, yaitu: Offensive Rebound dan Defensive Rebound. Offensive Rebound terjadi jika pemain mendapatkan bola pantul yang tidak masuk yang ditembak oleh teman, sedangkan Defensive Rebound terjadi jika pemain mendapatkan bola pantul yang tidak berhasil masuk yang ditembak oleh pihak lawan. Biasanya Defensive Rebound lebih banyak dibanding Offensive Rebound dalam suatu pertandingan dikarenakan pebasket itu lebih dekat dengan ring basket dibanding pihak lawan. Keseluruhan jumlah rebound dalam satu tim selama satu pertandingan disebut Team Rebound, dan rata-rata jumlah rebound yang dilakukan seorang pemain setiap pertandingan disebut RPG (Rebound Per Game).
-  Assist
            Assist adalah suatu istilah dalam permainan bola basket dimana seorang pemain mengoper bola kepada temannya, dan pemain yang mendapat bola operan dari temannya itu tanpa men-dribble (memantulkan bola ke tanah) langsung melempar atau memasukkan bola kedalam jaring basket (bola yang tidak masuk tidak dihitung). Orang yang mengoper bola kepada temannya itu berarti sedang melakukan assist, atau bisa juga disebut  tukang assist bola. Assist biasa dilakukan oleh pemain dengan posisi Guard (penjaga) kepada pemain posisi lainnya, karena mereka lebih banyak menguasai atau men-dribble bola dan menjalankan strategi tim pada pertandingan. Assist dibagi dua yaitu; Assist pantul dan Assist langsung. Assist pantul berarti operan bolanya ke teman dengan cara memantulkan ke tanah, sedang Assist langsung berarti tanpa memantulkan bola. Sekilas Assist dan operan memang mirip, hanya saja Assist  berhubungan dengan lemparan bola masuk tanpa dribble.
-  Blok
            Blok dalam basket adalah suatu istilah dimana seorang pemain bertahan melakukan lompatan dan berhasil menghalang/menahan bola yang sedang dilempar oleh pihak lawan atau penyerang, sehingga bola tidak berhasil melaju dan masuk kedalam ring. Pemain bertahan tidak diperbolehkan menyentuh tangan pihak lawan yang sedang melempar bola, jika tersentuh maka akan terjadi pelanggaran. Blok dapat dilakukan dengan satu tangan ataupun kedua tangan.
-  Steal
            Steal dalam basket adalah suatu istilah dimana seorang pemain bertahan berhasil merebut bola yang sedang dipegang, dioper atau didribble pihak lawan, tetapi tidak menyentuh tangan lawan atau akan dinyatakan sebagai pelanggaran. Posisi pebasket yang paling sering melakukan steal adalah Small Forward.
-  Slamdunk
            Slam dunk (atau biasa hanya disebut Dunk) adalah suatu gaya didalam permainan olahraga bola basket, seorang pemain berusaha memasukkan bola ke dalam keranjang dimana muka telapak tangan menyentuh besi pada ring basket (satu atau dua tangan) setelah bola melewati tinggi dari ring besi basket.
-  Jenis-jenis Slam dunk:
·    Walking in the air; atau biasa hanya disebut “air”; suatu teknik dunk dengan melompat jauh dan tinggi, sehingga sepintas terlihat seperti sedang berjalan diudara.
·    Ally-ops; suatu jenis dunk dimana teman satu tim mengoper bola kepada seorang pemain yang sedang melompat. Disaat melompat, pemain itu menangkap bola operan temannya dan langsung melakukan Slam dunk.
·    360 degree dunk; suatu dunk yang dilakukan dengan memutar badan sebanyak 360 derajat
·    Tip dunk; suatu jenis dunk dimana teman satu tim melempar bola tetapi tidak masuk, dan kemudian pemain melompat dan menangkap bola pantul (rebound) yang tidak masuk itu yang disambung dengan Slam dunk sebelum kaki turun menginjak tanah.
·    Back-dunk; dunk ini dilakukan dengan badan menghadap kebelakang
·    Cross over dunk; suatu jenis dunk aksi, tangan yang satu mengoper bola ke tangan yang lain melewati selangkang kaki dan kemudian melakukan dunk.
BAB III
PENUTUP

            Segala sesuatu tidak akan menjadi kenyataan sebelum kita mengalami sendiri, demikian juga kreasi dan inovasi hanya akan menjadi Tulisan tidak bermakna diatas kertas sebelum direalisasikan didunia nyata, marilah kita bangun indonesia yang sehat dengan olahraga salah satunya dalam bidang olahraga basket ini.


3.1. Kesimpulan

            Berdasarkan uraian diatas bahwa olahraga basket baik itu di sekolah maupun di tingkat Nasional telah melakukan fungsinya. Namun demikian agar olahraga basket ini arif dan bijaksana, maka perlu ada peningkatan sistem penyelenggaraan yaitu selain memberikan layanan dalam bentuk ekstra kulikuler juga memberikan layanan dalam pertandingan. Hal ini merupakan  bentuk kepedulian Nasional untuk ikut menyehatkan kehidupan bangsa melalui olahraga basket yang tepat, cepat, akurat dan relatif dapat dijangkau oleh kebutuhan masyarakat dan diharapkan mampu menciptakan atlit basket professional khususnya pada cabang olahraga basket yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.

3.2. Saran

            Supaya pertumbuhan dan perkembangan olahraga basket berjalan dengan normal, maka sebagai olahragawan, harus memotivasi dan merangsang masyarakat umum ( masyarakat/siswa ) dalam pertumbuhan dan perkembangan untuk mencintai olahraga supaya keingintahuan tentang dunia olahraga bertambah. Supaya generasi yang akan datang lebih optimal dalam bidang olahraga sehingga dalam era globalisasi ini bangsa kita tidak tertinggal perkembangannya dalam berbagai bidang terutama dalam bidang olahraga.

Senin, 22 Januari 2018

Benarkah Impian Itu Penting?

Benarkah Impian Itu Penting? Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Sudah berapa banyak Anda mendengar bahwa impian itu sangat penting dalam mencapai kesuksesan? Sudah berapa banyak buku yang Anda baca yang menyarankan untuk membuat impian tertulis, karena kata mereka impian tertulis itu begitu penting dalam mencapai kesuksesan? Benarkah impian itulah yang menggerakkan kita untuk bekerja mencapai kesuksesan?

Mungkin Anda pernah mendengar tentang sebuah survey mengenai impian. Jujur saja, saya juga belum tahu sumber asli survey tersebut. Saya hanya membaca survey itu dari buku-buku yang saya baca, dimana penulis buku-buku tersebut hanya mencantumkan mengenai survey tersebut dan tidak menyebutkan asal survey tersebut. Dan hal ini menyebabkan beberapa buku yang berbeda menyebutkan angka prosentasenya dengan sedikit berbeda. Kata survey tersebut, banyak orang gagal dan tidak sukses karena mereka tidak memiliki impian. Dan bagi mereka yang mempunyai impian itu hanya mengalami kesuksesan dengan jumlah prosentase yang semakin sedikit, dan lebih sedikit lagi adalah orang-orang yang sangat sukses dan terkaya karena mereka adalah orang-orang yang memiliki impian dan menulis impian tersebut. Dengan kata lain, jumlah orang-orang sangat sukses dan terkaya i
... baca selengkapnya di Benarkah Impian Itu Penting? Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Perjuangan Revita

Perjuangan Revita Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Nama gue Revita, gue tinggal di Jakarta Selatan. Sekarang gue sekolah di salah satu sekolah favorit dan terkenal di Jakarta, yaitu SMA Negeri 1, gue baru masuk tahun kemarin.

Malam minggu ini gue seperti biasa menghabiskan waktu dengan membaca dan membaca. Entah itu pelajaran, komik, ataupun novel. Kalau gak ngebaca ya gue sibukin diri untuk di depan komputer, ataupun berlatih main gitar. Yang penting gue gak ke luar rumah. Awalnya sih bisa dibilang bad mood banget di rumah terus-terusan. Tapi kalau udah terbiasa sih enak aja kok.

Dari gue kelas 2 SMP, gue gak boleh main yang gak jelas sama keluarga gue, yaa bisa dibilang gue dilarang main terus-terusan. Ada waktu buat main dan ada waktu buat belajar. Tapi main juga harus sewajarnya. Awalnya gue tuh ngerasa kesiksa kayak gini terus. Pasti lo pengen tau kan kenapa gue bisa kayak gini? nih ceritanya.

Dulu waktu gue masih duduk di kelas 1 SMP, gue hobi banget yang namanya main, hunting, ngumpul sama temen-temen. Biasanya gue sehabis pulang sekolah suka ke Mall, Main billiard, karaokean bareng temen-temen, hunting ke tempat yang bagus. Kerjaannya gitu
... baca selengkapnya di Perjuangan Revita Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Selasa, 16 Januari 2018

Cara Mudah Download File di Scribd Gratis

Setelah sekian lama akhirnya nemu juga cara mendownload dari siru scribed. awalnya sempet frustasi juga soalnya nyari dari blog lain terkadang gak nemu materi yang diinginkan.... namuin setelah nemu blog https://prelo.co.id/blog/cara-mudah-download-file-di-scribd-gratis/ yang mengunggah cara mendownload gratis ini sangat ngebantu banget. apalagi bagi kita2 para pelajar/mahasiswa....

Berbagai sites di internet menyajikan sumber untuk mengunduh karya tulis orang lain. Salah satu tempatnya adalah Srcribd. Scribd adalah salah satu tempat penyimpanan data dokumen atau slide power point. Karya yang telah anda upload di Scribd dapat di unduh oleh pengguna yang lain. Jika anda ingin berbagi informasi dengan pengguna lain, disarankan untuk menupload karya anda disini karena karya anda dilindungi oleh hak cipta. Karena beberapa karya yang dilindungi hak cipta, untuk dapat mengunduh file yang anda inginkan ada beberapa langkah yang diperlukan. Berikut akan dijabarkan cara download file di Scribd secara gratis
  1. Buka situs scribd.com kemudian cari file yang akan kalian download.
  2. Klik tombol “mengunduh” di bagian pojok kiri atas.
  3. Setelah itu akan muncul jendela baru yang mengarah pada login. Jika kalian belum pernah mendaftar, cobalah mendaftar. Atau jika kalian punya akun facebook, bisa menggunakan akun facebook kalian.
  4. Setelah masuk, kalian akan ditawari paket membership berbayar. Jika kalian tidak ingin membayar, kalian harus mengupload sebuah wacana berbentuk file word terlebih dahulu. Upload lah wacana apapun, dapat berbentuk makalah, surat, atau buku. Disarankan makalah dengan ukuran file yang kecil supaya cepat dalam proses menguploadnya. Cara menguploadnya dengan klik tulisan “Start uploading” yang berada di bagian paling bawah halaman tersebut.
  5. Pilihlah dokumen yang akan di upload kemudian tekan tombol unggahan.
  6. Setelah ter-upload, kalian harus mengisi boring deskripsi mengenai wacana yang diunggah tadi. Jangan lupa setting “Free” agar dokumen bisa di download pengguna lain dengan gratis. Kemudian klik “simpan dan lanjutkan”.
  7. Setelah selesai, anda akan disarankan untuk mengupload lagi. Jika kalian tidak ingin mengupload lagi, tolaklah. Kemudian jika anda ingin diarahkan kepada file yang ingin anda download diawal mmasuk klik lah tulisan “Terima kasih atas kontribusi anda! Kembali ke dokumen untuk mengunduhnya”.
  8. Ketika anda kembali ke halaman awal, anda bisa mendownloadnya sekarang.
Ada cara lain yang mudah jika kalian tidak ingin login di scribd.com.


  1. Siapkan link file di scribd yang ingin anda unduh.
  2. Buka lah situs http://autogeneratelink.com/, masukkan link scribd yang ingin kalian unduh kemudian klik “generate”.
  3. Tunggu hingga proses generate-nya selesai. Setelah selesai, klik tombol “download” atau klik link baru yang telah ter-generate tadi.
  4. Dokumen sudah terunduh. Tunggu hingga proses mengunduh selesai.
  5. Dokumen yang anda inginkan sudah selesai diunduh. Anda bisa membuka dokumennya sekarang
 saya udah nyobaaa lhooo dan berhasilllll....... coba juga yaaaaaa.....✌✌✌
















Minggu, 14 Januari 2018

Mitos Mitos Kepemimpinan

Mitos Mitos Kepemimpinan Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Oleh: Erwin

Kepemimpinan atau bahasa kerennya “Leadership“ adalah hal yang sangat penting yang sering digaung gaungkan semua orang. Katanya orang sukses harus punya “leadership yang baik.“ Di dalam sebuah organisasi yang besar selalu dimulai dari “seorang pemimpin yang hebat“. Di sini ijinkan saya untuk sharing apa sih sebenarnya esensi dari “kepemimpinan“.

Berdasarkan Wikipedia Indonesia, kepemimpinan meliputi proses memengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, memengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Jadi di sini kata kuncinya adalah “pengaruh untuk mencapai tujuan“. Namun mungkin banyak di antara kita yang terkecoh dengan arti dari kepemimpinan tersebut.

Pertanyaannya, apakah kepemimpinan selalu berupa hal yang positif? Mungkin Anda akan serentak menjawab, “Ya iyalah, masa negatif. Kalau negatif itu disebutnya kejahatan hehe“. Ok. Menurut pandangan saya, kepemimpinan adalah netral, no positif no negatif .

Saya berikan contoh, salah satu kepemimpinan negatif yang luar biasa yang terjadi di dunia ini adalah kepemimpinan Adolf Hitler. Bila
... baca selengkapnya di Mitos Mitos Kepemimpinan Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Kamis, 11 Januari 2018

makalah:: fungsi, makna dn peralatan tari ronggeng gunung



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan, baik itu dari kesenian, bahasa, agama, mata pencaharian. Khususnya dalam kesenian Indonesia memiliki ciri khas yaitu seni tradisional. Seni tradisional setiap daerah memiliki ciri khas, untuk cakupan Jawa Barat saja kesenian tradisional sangatlah bermacam-macam. Seni tradisional khas Bandung, Cirebon, Tasik, Garut, Ciamis dan  daerah  lainnya. Kesenian yang  dijadikan sebagai  objek penelitian di  sini adalah kesenian  khas Jawa barat khususnya Kabupaten Ciamis yang merupakan salah satu kesenian tradisional  yaitu Ronggeng Gunung.  Kesenian Ronggeng Gunung merupakan kesenian tradisional berupa tarian yang  berasal  dari  Banjarsari  Kabupaten  Ciamis. 
Berbicara  mengenai  kesenian tradisional  khususnya  Ronggeng Gunung  pada  saat    ini    keberadaanya  mulai tergeser  oleh  kesenian modern.    Saat  ini  masyarakat  pada  umumnya  baik  dari kalangan  muda  atau  tua  lebih  mengenal  dengan  kesenian modern dibandingkan dengan  kesenian  tradisional,  padahal  kesenian  tradisional  merupakan  aset  yang sangat berharga bagi masyarakat. Berharga di sini adalah dimana kesenian tradisional merupakan hasil cipta, karsa dan karya masyarakat daerah yang harus dijaga dan dilestarikan.

B. Tujuan
1.    Untuk mengetahui makna nyanyian dan pengiring ronggeng gunung
2.    Untuk mengetahui makna Gerakan Tari Ronggeng Gunung
3.    Untuk mengetahui Fungsi dan Makna Tari Ronggeng Gunung
4.    Untuk mengetahui  Pertunjukan Tari Ronggeng Gunung
5.    Untuk mengetahui Kostum Penari Ronggeng Gunung
6.    Untuk mengetahui Musik Pengiring  Tari Ronggeng Gunung







BAB II
PEMBAHASAN

A. Makna Nyanyian & Pengiring Ronggeng Gunung
Kesenian Ronggeng Gunung merupakan sebuah seni berbentuk tarian dan didalamnya memiliki  struktur  atau  bagian  seperti nayaga dan  penari. Nayaga terbagai menjadi tiga bagian pertama pemukul kendang, pemukul kenong, pemukul  gong  dan  sinden.  Setiap  bagian  tersebut  memiliki  fungsinya  masing- masing  seperti  pemukul  kendang  berfungsi  untuk  memukul  kendang  begitupun yang lainnya, hanya saja ada satu bagian yang tidak memegang alat yaitu sinden, sinden  disini  berfungsi  untuk  menyanyi.  Lagu  yang  biasanya  dinyanyikan  oleh sinden dalam Ronggeng  Gunung ada 18  lagu, hanya  saja masyarakat Banjarsari menyebut lagu ronggeng gunung itu adalah sisindiran dan wangsalan.
wangsalan itu diantaranya adalah kudupturi, ladrang, sisigaran, golewang, kawungan  banter,  parut,  dengdet,  ondai,  liring,  kawungan  kulonan,  manangis, mangonet, urung-urung, tunggul kawung, trondol, cacar burung, kidung, raja pulang, wangsalan ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu pembuka,inti dan penutup, untuk bagian pembuka yaitu wangsalan ladrang dan kudupturi, bagian inti adalah wangsalan  golewang,  kawungan  banter, parut,  ondai, liring,  kawungan  kulonan, manangis, mangonet, urung-urung, tunggul kawung, trondol, cacar burung, kidung dan bagian penutup adalah wangsalan dengdet, raja pulang dan   sisigaran.
 Setiap wangsalan menurut BR selaku sinden Ronggeng Gunung, memiliki makna tetapi  jika  dilihat maknanya  hampir  sama  yaitu  berisi  tentang  kehidupan sehari-hari, mulai dari percintaan, humor, keagamaan, kejujuran, keadilan, kasih sayang, saling menghormati, nasionalisme. Wangsalan dalam Ronggeng Gunung tidak pernah menggunkan bahasa yang terlalu sulit akan tetapi lirik dalam wangsalan adalah lirik yang menggambarkan kehidupan masyarakat. Seperti salah satu wangsalan berjudul Kawung Pugur di bawah ini :
Malela dianggo pala
Dianggo pager jayanti
Rek bela ulah kapalang
Urang silih beuli ati

Manuk sepuh manu haur
Euntreup dina luhur pager
Hirup anu jadi paur
Laku lampah anu teu bener

Wayang mana wayang mana
Wayang teh wayang ponggawa
Palay mana palay mana
Palay jembar anu bela

Itu seueur parapatan
Jalanna ka alun alun
Bilih seueur kalepatan
Hapunten anu kasuhun

Isi dan makna dari wangsalan ini adalah kita sebagai manusia tidak boleh takut  dengan  kesalahan,  selalu  membela  pada  kebenaran.  Nilai  yang  ada  dalam wangsalan tersebut  adalah  nilai  kebenaran,  keadilan  dan  kebijaksanaan.  Selain wangsalan kawung pugur ada wangsalan lain yang merupakan gambaran kehidupan masyarakat sekitar yaitu kawungan, liriknya seperti di bawah ini :
Kawung pugur sisi lembur
Ditinggur ku dadap ngora
Bujang guyur salelembur
Kaedanan ku rangda ngora

Isuk iwung sore iwung
Ti beurang longgaranana
Isuk bingung sore bingung
Hoream mikiranana

Isi dari wangsalan ini adalah seorang pemuda yang tergila-gila oleh janda, pemuda tersebut selalu memikirkan janda tersebut sepanjang waktu. Dari 18 wangsalan dua diantaranya tertera di atas. Ke dua wangsalan tersebut telah menggambarkan bahwa isi dari wangsalan tidak pernah lepas dari gambaran kehidupan sehari-hari, untuk wangsalan yang pertama menggambarkan nilai yang sifatnya  positif  dan  untuk wangsalan kedua  lebih  pada  ke  nilai  humoris  dan hiburan.

B. Makna Gerakan Tari Ronggeng Gunung
Bagian selanjutnya selain nayaga yang memiliki nilai adalah penari, menurut N yang merupakan penari dalam Ronggeng Gunung menyebutkan bahwa tarian dalam ronggeng lebih fokus pada gerakan kaki dan gerakan tangan, gerakan kaki ini seperti maju dan mundur saja tidak ada gerakan yang rumit. N menegaskan bahwa dalam tarian Ronggeng Gunung itu tidak erotis seperti ronggeng lainnya hal ini didukung dengan bentuk tarian serta baju yang biasa N kenakan  yaitu  baju  yang  sopan.  Tarian  Ronggeng  Gunung  menurut  N  terbagimenjadi  dua  yaitu  tarian  yang  bentuknya  memutar  dimana  tarian  ini  dilakukanoleh  perempuan    dan  tarian  yang  menyerupai  gerakan  pencak  silat atau  dikenal dengan istilah eredan dalam Ronggeng Gunung ini biasanya dilakukan oleh laki-laki.
Gerakan  memutar  ini  dimulai  dengan  pertama-tama  sinden  memanggil salah seorang dan digaet oleh sang penari, lalu si orang yang digaet diajari bagaimana caranya menari, lalu satu persatu orang maju kedepan dan melakukan bergerak  dengan  cara  memutar,  lamanya  putaran  dalam  Ronggeng  Gunung  ini tergantung dari penari apakah ia sanggup untuk berapa jam serta kesanggupan dari si sinden ketika menyanyi wangsalan. Hal ini menurutnya ketika dalam pementasan  ronggeng,  terkadang  menari  itu  dilakukan  beberapa  jam  tergantung dengan kondisi lapangan yang dipakai penari, cuaca dan fisik sang penari. Menurut  N  biasanya  dalam  Ronggeng  Gunung  dibagi  menjadi  beberapa babak. Jika penari seperti yang dikatakan di atas yaitu ketika keadaan yang mendukung beberapa babakpun dilakukan tanpa berhenti akan tetapi jika kondisi tidak mendukung menari dalam satu babak hanya dengan waktu sekitar 30 menit. Menurut N ketika menari dengan gerakan memutar ia merasakan kedekatan antar satu  sama  lain.  Selain  merasakan  kedekatan  dari  banyak  orang  yang  mengikuti gerakan  memutar  ini  N  sering  mendapatkan  saweran  dari  para pangibing yang ikut menari di depan. Menurutnya sawer itu merupakan hadiah atau penghargaan bagi si penari. Berbeda pandangan dengan masyarakat dimana masyarakat menganggap bahwa ketika ada yang meberikan sawer maka antara pemberi sawer dan penerima sawer memiliki maksud tertentu, seperti sesuatu yang berhubungan dengan seksual.
Gerakan  yang  kedua  adalah  gerakan  yang  menyerupai  gerakan  pencak silat.  Gerakan  ini  menurut  narasumber  ke  dua  yaitu  O  yang  merupakan  penari laki-laki khusus di gerakan eredan, menurutnya gerakan yang meyerupai pencak silat   tidak  berubah  dari  mulai  adanya  seni  Ronggeng  Gunung  ada,  karena  pada awalnya seni Ronggeng Gunung gerakannya seperti pencak silat untuk mengalahkan  para bajo,  hal  ini  dilakukan  dengan  cara  dimana  penari  laki-laki ditutupi  kepalanya dengan sarung atau iket. Gerakan pencak silat ini disebut juga dengan eredan, ngered atau dalam bahasa Indonesia adalah bertarung. Gerakan ini mula-mulanya masyarakat dijadi menjadi dua bagian yaitu bagian A dan bagian B, sebagai contoh bagian Dadang dan bagian Eko, ketika eredan ini mulai mereka layaknya penonton bola atau suporter bola saling menjagokan bagiannya masing-masing, saling beradu mulut tetapi ada yang menjadi kelebihannya adalah ketika tarian yang sifatnya bertarung ini tidak memiliki ekor permasalahan yang berkelanjutan.
Gerakan eredan berubah semenjak jaman G30 S PKI, perubahannya adalah  dimana  pada  jaman  dulu  untuk  gerakan  ini  menggunakan  senjata  tajam dalam  gerakannya  sedangkan  sekarang  tidak  menggunakan  senjata  tajam,  dan untuk krubun semapat  dilarang  ketika  G  30  S  PKI,  tetapi  setelah  itu krubun dipakai lagi ketika eredan hingga sekarang.  Ke dua bagian tersebut seperti nayaga dan penari merupakan satu kesatuan, dan telah disebutkan sebelumnya bahwa wangsalan dalam nayaga memiliki  nilai  begitu  juga  dengan  penari  dan  dua-duanya  memiliki  nilai  postif.
Akan tetapi jika melihat kondisi Ronggeng Gunung sekarang sangat mengkhawatirkan, maka dari itu peneliti mewawancarai beberapa masyarakat yang dibagi menjadi beberapa kategori yaitu sesepuh, anak muda dan kaum terpelajar. Mereka dimintai pendapat mengenai keadaan  ronggeng pada saat ini, dari  beberapa  jawaban  dari  setiap  informan  memiliki  simpulan  bahwa  mereka sam-sama menyadari bahwa Ronggeng Gunung memiliki manfaat bagi kehidupannya, seperti untuk mendekatkan, sebagai tempat silaturahmi dan seperti datang ke pengajian karena banyak nasehat yang ada pada wangsalan Ronggeng Gunung,  akan  tetapi  pada  saat  ini  sangat  disayangkan  bahwa  ronggeng  Gunung telah kalah oleh kesenian modern, walaupun Ronggeng Gunung kalah oleh kesenian modern mereka sangat menantikan setiap pementasan Ronggeng Gunung karena mereka sadara bahwa Ronggeng Gunung memiliki manfaat untuk kehidupan.

C. Fungsi dan Makna Tari Ronggeng Gunung
Fungsi dari tari ronggeng berfungsi sebagai tari hiburan masyarakat di Jawa Barat, khususnya daerah Ciamis dan Pangandaran sebagai tempat asal usul terlahirnya kesenian rakyat ini. Tari ronggeng gunung biasanya digelar di halaman rumah pada saat ada acara perkawinan, khitanan atau bahkan di huma (ladang), misalnya ketika dibutuhkan untuk upacara membajak atau menanam padi ladang. Durasi sebuah pementasan Ronggeng Gunung biasanya memakan waktu cukup lama, kadang-kadang baru selesai menjelang subuh.
Dalam perkembangannya tari ronggeng gunung dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu sebagai tari hiburan dan tari ronggeng gunung untuk acara adat. Pada acara Ronggeng Gunung sebagai tarian hiburan biasanya lebih fleksibel tanpa adanya pakem tertentu. Sebaliknya untuk acara adat, tari ronggeng gunung ini dikenai pakem-pakem tertentu seperti urutan lagu yang dibawakan.

D. Pertunjukan Tari Ronggeng Gunung
Tari Ronggeng Gunung ini dibawakan oleh grup / kelompok kesenian ronggeng. Orang-orang yang tergabung dalam kelompok kesenian Ronggeng Gunung biasanya terdiri dari enam sampai sepuluh orang. Namun demikian, dapat pula terjadi tukar-menukar atau meminjam pemain dari kelompok lain. Biasanya peminjaman pemain terjadi untuk memperoleh pesinden lalugu, yaitu perempuan yang sudah berumur agak lanjut, tetapi mempunyai kemampuan yang sangat mengagumkan dalam hal tarik suara. Dia bertugas membawakan lagu-lagu tertentu yang tidak dapat dibawakan oleh pesinden biasa. Sedangkan, peralatan musik yang digunakan untuk mengiringi tari Ronggeng Gunung adalah tiga buah ketuk, gong dan kendang.
Sebagai catatan, untuk menjadi seorang ronggeng pada zaman dahulu memang tidak semudah sekarang. Beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain bentuk badan bagus, dapat melakukan puasa 40 hari yang setiap berbuka puasa hanya diperkenankan makan pisang raja dua buah, latihan nafas untuk memperbaiki suara, fisik dan juga rohani yang dibimbing oleh ahlinya. Dan, yang umum berlaku, seorang ronggeng harus tidak terikat perkawinan. Oleh karena itu, seorang penari ronggeng harus seorang gadis atau janda.
Ronggeng Gunung dibawakan oleh 5 orang penari wanita dengan 1 penari utama. Dalam pertunjukannya tarian ini dibawakan berbaur antara penari ronggeng dan penonton, tanpa adanya batasan yang jelas.

E. Kostum Penari Ronggeng Gunung
Para penari wanita dalam tarian Ronggeng Gunung ini mengenakan busana khas Jawa Barat untuk menari. Busana wanita tersebut terdiri dari dodot samping, ikeut sarung, karembong, kabaya dan sampur.
Para penari ronggeng gunung juga masing-masing membawa sebuah selendang sebagai properti dalam menari.

F. Musik Pengiring  Tari Ronggeng Gunung
Adapun musik pengiring tari ronggeng gunung ini terdiri dari beberapa alat musik Jawa Barat yaitu gong, kendang dan bonang. Iringan pada lagu tidak bisa lepas dari lagu Ladrang dan Sisigaran. Karena iringan tidak berhenti ketika perpindahan lagu dari Kudup Turi ke Ladrang dan dari Ladrang ke Sisigaran. Salah satu unsur musikal dalam penyajian kesenian Ronggeng Gunung  adalah iringan  atau musik  pengiring  yang berfungsi  untuk  mengiringi  lagu  Kudup  Turi.  Iringan  ini  dihasilkan  dari  bunyi  waditra yang dimainkan. Jumlah waditra/instrumen pengiring dalam penyajian kesenian rongeng Gunung sangat sederhana sekali bila dibandingkan dengan Wayang Golek atau Ronggeng Kaler.
Instrumen pengiring ini terdiri dari satu buah kendang, tiga buah ketuk, dan satu buah goong. Setelah kita ketahui bersama, ketuk yang digunakan pada penyajian kesenian Ronggeng  Gunung  terdiri  dari  tiga  buah  ketuk,  akan  tetapi  ketika  peneliti  malakukan penelitian dan melakukan rekaman, ketuk yang digunakan hanya dua buah. Hal tersebut kemungkinan karena nayaga yang memainkan instrumen Ketuk merangkap sebagai nayaga  pada  instrumen  goong.  Oleh  karena  itu,  yang  akan  diungkap  adalah  instrumen kendang, ketuk 1, ketuk 2 dan goong. 






















BAB III
KESIMPULAN

Pertama  nilai  fungsional  struktural nayaga dalam  kehidupan  masyarakat Banjarsari  ada  pada  sinden  dan wawangsalan,  disebut  ada  pada  sinden  karena dalam  nayaga  terdapat  bagian-bagian  lain  seperti  pemukul kendang,  gong  dan kenong atau yang disebut ketuk tilu serta sinden, tetapi bagian yang memiliki nilai fungsional struktural disini adalah sinden. Nilai tersebut ada pada lagu atau  orang Banjarsari menyebutnya sisindiran (wawangsalan), dalam wawangsalan ini terdapat nilai-nilai kehidupan yang menjadi pedoman atau penasehat bagi masyarakat  Banjarsari  dimana    nilai-nilai  itu  diantaranya  nilai  kejujuran,  religi, nasionalisme,  keadilan,  kebijaksanaan,  humor,  kasih  sayang  yang  secara  tidak sadar sisindiran tersebut sebagai pengendali perilaku masyarakat Banjarsari.
Kedua nilai fungsional struktural bagian penari dalam kehidupan masyarakat  Banjarsari  dilihat  dari  gerakan  ronggeng  gunung  yang  memutar  dan dilakukan secara rampak membuat bertambahnya kekerabatan dan kedekatan yang  meningkat  atau  yang  disebut  solidaritas.  Gerakan  satu  lagi eredan dimana gerakan ini lebih seperti pertarungan dimana terdapat dua kubu yang mendukung jagoannya  masing-masing,  mereka eredan dan  diakhir  jika  sudah  diketahui  ada pemenang bukan berbuntut masalah akan tetapi lebih ke meningkatkan kedekatan dan keakraban mereka karena pada akhir eredan ini dari ke dua kubu berkumpul dan menari bersama, kesolidaritasan ini dirasakan oleh masyarakat Banjarsari.
Ketiga nilai fungsional struktural kesenian ronggeng gunung dalam kehidupan  masyarakat  baik  itu  nayaga  dan  penari    adalah  nilai  solidaritas  dan kontrol sosial, untuk kontrol sosial terdapat dalam isi dari sisindiran yang merupakan bagian dari nayaga, sedangkan nilai solidaritas terdapat pada gerakan ronggeng gunung yaitu gerakan memutar dan gerakan eredan.
Terakhir cara untuk mempertahankan nilai fungsional struktural ronggeng gunung adalah dengan melestarikan  terlebih dahulu kesenian tersebut, karena tidak akan ada nilai fungsional struktural jika ronggeng gunung sudah tidak ada. Maka dari itu cara untuk melestarikan kesenian ronggeng gunung adalah dengan didirikannya sanggar Panggugah Rasa sebagai sarana atau wadah untuk melestarikan ronggeng gunung sekaligus nilai yang terkandung di dalammnya.


DAFTAR PUSTAKA


1.    http://sosiologi.upi.edu
3.    http://a-research.upi.edu/operator/upload/s_c0951__060185_chapter3








Rabu, 03 Januari 2018

WHAT IF ?

bagaimana jika kamu wahai kakaku tidak menikah dengannya dulu?
mungkin.....
hidupku tidak berantakan... karena cita-cita kandas ditengah jalan...
hidup keluarga kita tidak sesulit ini...
tidak akan ada luka mendalam diantara kita,,,,,

bagaimana jika kamu wahai kakakku dapat mengendalikan istrimu?
mungkin....
hidupku sesuai apa yang aku inginkan...
dapat membantu orangtua kita...
tak akan luka mendalam yang hingga kini memberkas,,,,

bagaimana jika..... begini.... begitu.....
akankah berubah sesuai keinginan kita??
jalan hidup manusia tidak ada yang tau, manusia hanya bisa merencanakan
Tapi Tuhan yang memutuskan
namun tetap saja setidaknya tidak akan ada luka hingga sekarang.....

#artikelsampah
#iknowit
#becozimcrazy

Dear Sahabat


Dear sahabat....
aku gak ngerti apa arti kata Sahabat?
aku memang mempunyai banyak teman, namun tak seorangpun yang dapat aku mengerti apa dan siapa itu sahabat.
yang aku rasa hanya keluarga yang selalu berada disampingku disaat apapun....
kata sahabat hanyalah semu....
mereka jelas tidak ada
hanya angan-angan belaka
kalian pikir kalian siapa mengaku-mengaku sebagai sahabat?
peduli kah kalian?
media komunikasi sudah canggihpun tak ada tuh yang benar-benar peduli...
just chat....just typing what u want to share... just posting how amazing you are....!!!!
semuanya hanya semu....
i hate you all
caring? what is caring? no one....

MAKALAH PENGARUH PENDIDIKAN DAN LATIHAN DASAR TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS SDM

  MAKALAH PENGARUH PENDIDIKAN DAN LATIHAN DASAR TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS SDM Disusun untuk memenuhi Tugas Mata kuliah Eko...