Sabtu, 17 Februari 2018

PENYEJUK HATI : KEBERSIHAN



Description: D:\background\245152.jpgPenyejuk Hati
KEBERSIHAN

Islam adalah agama yang erat kaitannya dengan kebersihan dan kesucian. setiap muslim diwajibkan agar senantiasa menjaga kebersihan baik kebersihan badan maupun kebersihan lingkungannya/tempat ia tinggal. bahkan dalam melaksanakan berbagai ibadah semisal shalat, kita diwajibkan untuk suci dari hadast kecil dan hadast besar untuk menghilangkan kotoran dan najis yang menempel pada tubuh kita melalui mendi besar (baca : doa niat mandi besar) dan berwudhu. tempat yang kita gunakan untuk mengerjakan sholat pun harus bersih dari berbagai kotoran yang najis. menjaga kebersihan dan bersuci juga merupakan ibadah karenanya ALLAH SWT sangat mencintai hamba hambanya yang bersih dan memelihara kebersihan.

Untuk menyempurnakan iman seorang muslim, maka kebersihan tubuh dan seluruh anggota badan haruslah dijaga sesuai syariat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. semua tata cara tentang menjaga kebersihan telah diatur dalam islam secara detail dan lengkap seperti anjuran untuk senantiasa memotong kuku, membersihkan gigi menggunakan siwak, sunnah mandi dan memakai wangi wangian saat hari jumat dan lain sebagainya. sumber utamaya tentu saja Al-Qur'an dan hadits Nabi.

Banyak sekali dalil dalil yang menjelaskan tentang perlunya seorang muslim menjaga kebersihan baik ayat ayat Al-Qur'an maupun hadits Rasulullah saw. untuk itu kali ini muslim fiqih akan menyajikan kumpulan hadist hadist Nabi Muhammad SAW tentang kebersihan dalam terjemahan/arti bahasa indonesianya . . .

Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqas dari bapaknya, dari Rasulullah saw. : Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu” (HR. Tirmizi)

Agama Islam itu adalah agama yang bersih atau suci, maka hendaklah kamu menjaga kebersihan. Sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang suci”. (HR. Baihaqiy)

Dari Abu Sa'id berkata, Rasulullah saw. Bersabda, “Kunci dari salat adalah bersuci.” (H.R. at-Tirmizi: 221)

Kebersihan itu mengantarkan kepada keimanan dan keimanan itu menyertai pemiliknya di surga.” (Riwayat Ath-Thabrani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS

  MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS           Disusun Oleh : DADANG MAULANA YUSUF D4 KEARSIPAN         UNIVERSITAS...