Rabu, 21 Desember 2016

MEREKRUT DAN MENGELOLA SDM




1.    Pendahuluan
Tujuan utama dari proses rekrutmen dan seleksi adalah untuk mendapatkan orang yang tepat bagi suatu jabatan tertentu, sehingga orang tersebut mampu bekerja secara optimal dan dapat bertahan di perusahaan untuk waktu yang lama. Meskipun tujuannya terdengar sangat sederhana, proses tersebut ternyata sangat kompleks, memakan waktu cukup lama dan biaya yang tidak sedikit dan sangat terbuka peluang untuk melakukan kesalahan dalam menentukan orang yang tepat. Kesalahan dalam memilih orang yang tepat sangat besar dampaknya bagi perusahaan atau organisasi. Hal tersebut bukan saja karena proses rekrutmen & seleksi itu sendiri telah menyita waktu, biaya dan tenaga, tetapi juga karena menerima orang yang salah untuk suatu jabatan akan berdampak pada efisiensi, produktivitas, dan dapat merusak moral kerja pegawai yang bersangkutan dan orang-orang di sekitarnya. Pada saat ini dimana persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin kuat, perusahaan seringkali mengalami kesulitan dalam menentukan kandidat yang tepat mengingat bahwa ada banyak kandidat yang tersedia tetapi sangat sedikit yang memiliki kualifikasi yang memadai. Rendahnya moral kerja dan pengaruh budaya “bapakisme” yang telah berlangsung puluhan tahun semakin menyulitkan perusahaan dalam mendapatkan kandidat yang benar-benar cocok. Selain menuntut keahlian dan ketrampilan si petugas rekrutmen perusahaan juga harus benar-benar mempersiapkan proses rekrutmen dan seleksi secara maksimal.
2.    Pengertian
Rekrutmen adalah proses mencari, menemukan, mengajak dan menetapkan sejumlah orang dari dalam maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu seperti yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia. Hasil yang didapatkan dari proses rekrutmen adalah sejumlah tenaga kerja yang akan memasuki proses seleksi, yakni proses untuk menentukan kandidat yang mana yang paling layak untuk mengisi jabatan tertentu yang tersedia di perusahaan. Pelaksanaan rekrutmen dan seleksi merupakan tugas yang sangat penting, krusial, dan membutuhkan tanggung jawab yang besar. Hal ini karena kualitas sumber daya manusia yang akan digunakan perusahaan sangat tergantung pada bagaimana prosedur rekrutmen dan seleksi dilaksanakan.
3.  Sebelum merekrut SDM sebagai tenaga kerja, perlu diketahui dulu beberapa hal berikut:
a)   Tenaga kerja yang dibutuhkan (produksi, keuangan, pemasaran, pimpinan, kepegawaian, dll)
b)   Berapa jumlah yang diperlukan
c)    Tentukan persyaratan minimum
4. Syarat2:
  • Keahlian; pendidikan formal; kursus, pengalaman kerja, dll
  • Umur
  • Jenis kelamin
  • Fisik dan kesehatan
  • Mental dan kejujuran
5. Cara perekrutan sumber daya
a) Cara Formal: Perekrutan calon tenaga kerja melalui pihak ketiga, BBLKI, Kantor Penempatan Kerja, Bursa tenaga kerja, dll.
b) Cara nonformal: Melalui perantara pegawai yang sudah ada di dalam perusahaan, melalui iklan, rekan-rekan.
6. Seleksi calon tenaga kerja
a) Tidak berdasar ilmu pengetahuan, dengan prosedur:
  • Surat lamaran pekerjaan
  • Ijazah
  • Pengalaman kerja/cv
  • Wawancara langsung
  • Rekomendasi pihak ketiga
b) Berdasar ilmu pengetahuan; metode ini dapat dipertanggungjawabkan karena sesuai dengan proesdur recruitment yang benar:
  • Application form : surat lamaran, ijazah, cv, kelakuan baik, dll
  • Wawancara : wawancara awal dan akhir
  • Tes Intelegensi, minat, bakat, dll
7. Prosedur merekrut SDM
  • Mengisi formulir
  • Wawancara pendahuluan : untuk mengetahui kesan tentang calon tenaga kerja
  • Wawancara lanjutan : untuk menggali informasi lebih dari data lamaran dan lampiran
  • Testing: untuk mendapatkan kemampuan ilmu pengetahuan
  • Penelitian pengalaman dan surat-surat keterangan
  • Pemeriksaan kesehatan
  • Rekomendasi: diajukan kepada bidang yang memerlukan sdm baru
  • Wawancara akhir: dilakukan oleh bagian yang memerlukan sdm baru
  • Penempatan calon tenaga kerja: sebelum diangat sdm tetap, ada masa percobaan tergantung kebijakan dari perusahaan
  • Pengangkatan tenaga kerja
8. Jenis Tes
  • Achievement test : untuk mengukur kesanggupan melaksanakan tugas
  • Aptitude test : untuk mengetahui bakat
  • Intelligence test : untuk mengetahui kecerdasar
  • Personality tes : untuk mengetahui kepribadian
9.  MACAM-MACAM LATIHAN DAN PENDIDIKAN
Macam-macam latihan dan pendidikan dalam perusahaan yang dikelola oleh wirausaha dalam rangka peningkatan sumber daya manusia:
1)   Latihan Industri (industrial training) Latihan ini bertujuan membantu karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya secara efektif dan efisien
2)   Latihan Tugas (Job training) Latihan ini untuk memberikan instruksi kepada karyawan guna melaksanakan tugas-tugas tertentu di dalam perusahaan
3)   Latihan Pengawasan (supervisor training) Latihan ini untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana memeriksa dan mengawasi kegiatan pekerjaan dalam perusahaan
4)   Latihan Manajemen (Management training) Latihan untuk melatih kayawan yang memangku suatu jabatan tertentu di dalam perusahaan.
5)   Latihan Pengembangan Pimpinan,  Latihan yang bertuuan untuk pengembangan pimpinan perusahaan agar memperoleh kemampuan memimpin anak buahnya dala rangka pengembanan usaha atau bisnisnya
10. METODE LATIHAN DAN PENDIDIKAN
Metode latihan dan pendidikan yang dijalankan wirausaha sebagai pemilik perushaan dalam rangka peningkatan SDM,
1)   Latihan Induksi
Latihan yang dapat ditempuh melakui (a) perkuliahan (b) perjalanan dinas / studi banding
2)   Latihan Tugas
Latihan yg dapat ditempuh melalui (a) karyawan bekerja sambil belajar (c) mengikuti pelatihan di luar perusahaan (c) mengikuti pelatihan di dalam perusahaan dengan tenaga ahli yang didatangkan wirausaha
3)   Latihan Pengawasan
Latihan pengawasan dapat dilaksanakan dalam bentuk mengikutkan karyawan untuk kursus-kursus  di luar ataupu didalam perusahaan
4)   Latihan pengembangan pimpinan/manajer persahaan
Manajer perusahaan dapat belajar melalui kursus keahlian menejemen usaha ataupun meneruskan pendidikannya diperguruan tinggi.
11. PENGELOLAAN SDM MELALUI MUTASI
Mutasi merupakan aspek yang penting untuk menghilangkan rasa jemu/bosan  menghadapi pekerjaan pada diri pegawai. Mutasi akan terjadi bila adanya lowongan suatu jabatan yang harus segera diisi oleh SDM yang berkualitas.
12. PENGELOLAAN SDM MELALUI PROMOSI
Promosi adalah kenaikan jabatan yang lebih tinggi, baik kekuasaan maupun tanggungjawabnya dalam struktur organisasi perusahaan.  Promosi merupakan alat untuk meningkatkan SDM yang berkualitas, meningkatkan prestasi, dan moral pegawai di dalam perusahaan. Promosi harus berdasar pada” The Right Man In The Right Place”
13. PENGELOLAAN SDM MELALUI MOTIVASI
Kemampuan karyawan ditentukan oleh kualifikasi yang dimilikinya, antara lain pendidikan, pengalaman, kemampuan dan sifat-sifat pribadinya. Agar kemampuan tersebut dapat berkembang dengan baik, maka pemilik perusahaan harus memberikan perhatiaan dan dorongan berupa motivasi.
Motivasi adalah suatu perangsang dan dorongan bagi karyawan agar bekerja lebih giat dan produktif. Motivasi dapat berupa inspirasi, semangat dan dorongan kepada karyawan agar dapat bekerja dengan baik sesuai dengan keinginan wirausaha.
Pemberian motivasi bias dengan dua cara:
1)   Pemberian insentif semimaterial: pemberian motivasi ini tidak dalam bentuk pemberian uang, tapi berupa (a) penempatan pegawai ditempat yang tepat (b) memberikan latihan pendidikan, Kurusu, dll (c) menyediakan fasilitas kerja
2)   Pemberian insentif material: pemberian motivasi dengan memberikan upah/gaji/bonus yang memadai dan cukup untuk keperluan hidupnya.
14. PENGELOLAAN SDM MELALUI ACTUATING
Untuk melaksanakan perencanaan SDM perlu diadakan tindakan Actuating (penggerakan). Ini semata-mata ditujukan untuk mendapatkan SDM yang penuh disiplin, taat, patuh, dan setia dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya.

KUMPULAN DONGENG DINA BAHASA SUNDA NU AYA DI DAERAH PANGANDARAN



DONGENG  CUKANG TANEUH

Cukang Taneuh atawa langkung di kenal Green Canyon mangrupa wisata walungan anu ayeuna dijadikeun minangka hiji objek wisata di Kabupaten Pangandaran. Green Canyon perenahna 31 km arah Kidul Pangandaran benerna di Desa Kertayasa, Kacamatan Cijulang, Propinsi Jawa Barat. Nami Green Canyon asalna ti turis mancanagara nyaéta ti urang prancis anu namina Bill Jhon, sedengkeun nami aslina nyaéta Cukang Taneuh. Cukang anu ngagaduhan hartos jembatan sarta Taneuh hartina taneuh janten Cukang Taneuh ngandung hartos jembatan anu dijieun ti taneuh ku proses alamiah, tekstur handap jembatanna nyaéta stalaknit sarta stalakmit. Lamun di tingali ti kajauhan badé katingal sapertos sungut gua anu di hias ku lembah anu héjo handap jembatan kasebat nyaéta tempat palirénan parahu pesiar, sateuacan lebet kajero aya hiji curug anu ku warga dinya disebat pancuran emas. Saleresna dina waktu nu teu tangtu badé katingali sapertos emas anu di akibatkan ku cai anu kiruh, nu boga warna kacoklat - coklatan katimpa cahaya sareng ti katebihan katingal samar-samar sapertos pancuran emas.
Lebet langkung ka jero deui lamun ngojay badé ngaliwatan batu anu ngawangun jiga payung mangka di sebat batu payung. ti batu payung ieu, turis tiasa tumpak di luhur batu payung sarta lamun aya kawani tiasa luncat terjun ka walungan tangtosna kedah aya pangawasan ti pemandu, kumargi jangkungna batu payung 6 meter. Langkung kajero deui aya anu di sebat pamandian putri, tempat ieu aya sakedik di luhur gawir, turis anu hoyong ka tempat éta kedah naék sakedik kana gawir. Pamandian putri ieu ngawangun sapertos bak mondok kalayan di hias ku cai rembesan tina dinding sarta stalaknit sapertos cai hujan, tiis sarta matak seger anu saurna ngandung khasiat dina pamandian putri ieu tiasa ngajantenkeun awet anom.











Dongeng Batu Hiu

Kacaritakeun dina abad ka 11, datang rombongan ti karajaan mataram nu di pimpin ku Aki Gede jeung Nini Gede.rombongan téh mangrupa prajurit-prajurit ti Mataram.kusabab kasaktenna marenahna di usir ku karajaan sabab para patinggi karajaan sieun kasaingan tanding lamun eta aki jeung nini Gede masih keneh aya di sabuderun karajaan mataram mah. Geus lila ngalalakon ahirna nepi ka daerah basisir laut kidul(ayeuna jadi batu hiu) aki jeung nini Gede istirahat. Nalika istirahat si aki nitah ka rombonganana titah neangan lauk jang dahar rombonganana.basa eta prajurit nu di titah téh nya éta Galuh oder jeung Galunggung kuning.anjeuna nengan nepi ka tengah laut nu ahirna eta prajurit nu duan tadi meunangkeun lauk anu kacida gédéna. Kabungah maranehna karasa nepi ka eak eakan. 
Tuluy we di bawa ka sisi basisir pikeun di asakan ku rombongan nu sejenna tapi saacan eta lauk di asakan eta lauk di tingali heula ku aki jeung nini gede. Saprak eta di tingali ku aki jeung nini gede maranehna ngarasa reuwas ningali lauk badag nu miboga sisit kasar jeung heuras.aki jeung nini gede nyebut “Lauk Hiu”. Saprak aki jeung nini nyebutkeun kekecapan éta,éta lauk robah jadi batu badag nu jiga lauk hiu.
            Tah ti saprak harita eta lembur katelah waé Batu Hiu nu ayeuna eta lembur perenahna di desa ciliang kecamatan Parigi 14 km ti daerah pangandaran mah.
















DONGÉNG CITUMANG

Dina jaman Karajaan - karajaan di Indonesia mimiti ngalaman kamunduran sarta karuntuhan, aya hiji jalma ti turunan karajaan mecakan. Rombongan turunan karajaan éta mios kalawan ngagunakeun parahu margi kedah nyebrang kana walungan-walungan. Nanging di walungan kasebat ngalaman halodo sarta ahirna parahu kasebat kajebak dina walungan éta. Sarta duka kamana rombongan turunan karajaan anu aya di parahu éta dugi ka ayeuna. Saterusna cariosan éta dugi ka warga dinya anu disebat Ciparahu, nya éta tapak lalampahan rombongan turunan Karajaan (ménak).
Sabot sababaraha warsih ka hareup aya sababaraha anu ningali walungan éta. Nanging belah wétan walungan Ciparahu, aya curug anu nyarupaan tungku (hawu) dina nalika jawa disebut Tumang anu jadi kaunikan unikna walungan Ciparahu. Sarta ahirna kira-kira wewengkon curug dinamian ku balaréa kalawan sebutan Citumang, nya éta cai curug anu nyarupaan Tungku (Tumang).
Saterusna dina bagéan seuseupan walungan, aya curug anu numpang sarta tétéla dipengkeureun curug kasebat aya cai anu ngocor. Janten, cai éta datangna henteu ngan ti luhur nanging ti handap ogé. Sarta cenah dideukeut curug éta aya sato nu namina Uling (sidat ageung) anu saurna mah aya dina lebet gua. Lamun Uling éta usik, bagéan sakitar gua éta bakal oyag. Aya anu nyebutkeun ogé, yén cinyusu dina gua asalna ti walungan Citanjong ti Gunung Porang perbatasan Banjarsari. Seuseupan Gunung Porang éta asalna ti Gunung Keneng, mata airna Gunung Keneng asalna ti wewengkon Bagolo. Kasebat wé gua sarta curug éta ku masarakat dinya nya éta Kali Numpang (kali anu numpang)
Sababaraha taun ka hareup seueur tokoh masarakat anu ningali kaéndahan walungan. Caket walungan Ciparahu aya bendungan. Prosés midamel bendungan kasebat kalawan ngagunakeun tali bal sarta élmu atawa ajian anu kagaduhanana. “Ku cara, teuleum kajero cai kirang langkung salila 2 jam sarta ngabentangkeun tali bal kajero cai. Margi jaman baheula acan aya téknologi canggih sepertos jaman ayeuna. Mémang saleresna teu masuk akal, tapi nya éta kanyataannana”. Ceuk H.Sobari tokoh masarakat nu asalna ti Karangnangka.
Ahirna dugi ayeuna, bendungan éta aya kénéh sarta walungan éta kakoncara kalawan kasohor nu disebut Citumang sarta gua sarta curug éta kakoncara kalawan sebutan Kali Numpang.





BABAD CIJULANG
Kanggo urang Cijulang pituin mah, ngadangu istilah sajarah cijulang tantos emutan teh ngalayang kana “Sajarah Cijulang” anu sok diaos waktos "Ngabukutaun".
Nurutkeun Sajarawan Sunda Prof. Dr. Edi S. Ekadjati, naskah “Sajarah Cijulang” kalebet naskah sunda buhun golongan babad, diserat dina Basa Sunda nyampur jeung Basa Jawa, ngango huruf Arab Pegon. Salah sahiji kopi “Sajarah Cijulang” janten koleksi Perpustakaan Nasional nomber SD 206 B nanging ieu mah tos ditranselasi kana aksara laten. Eusina ngajerentekeun silsilah, ti ngawitan Nabi Adam dugi ka pakolotan Cijulang; teras wae ngalalakon Aki Gede jeung Nini Gede. Namina oge naskah buhun, dina “Sajarah Cijulang” antara kanyataan sareng dongeng sigana nyampur janteun hiji.
Jang Langas dianggap luluhur Cijulang numutkeun “Sajarah Cijulang” mah, linggih na di Taal, gaduh putra sapuluh, genep anu tumetep di Cijulang yaeta Sabarudin, Karangmawangsa, Sukamawangsa, Parajasinga, Martadimangsa, sareng Ayuwetan.
Ari Aki jeung Nini Gede anu ngalalakon dina “Sajarah Cijulang”, lanceuk pangedena Jang Langas, urang Kedungrandu, ayeuna eta tempat aya keneh, jadi ngaran hiji desa di Kacamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Ari nu jadi cukang lantaran Aki Gede abur-aburan, kusabab kahayang Kenjeng Sinuwun nu jadi panguasa di Banyuwas ngawin anak awewe Aki Gede teu disaluyuan. Inggis ku bendu Sinuwun jeung ngadenge beja rek dirurugan, Aki jeung Nini Gede sabondoroyot dibaturan ku sawidak kuren terus mentas di Jaranmaganti (Cimanganti)  teras linggih di Pakemitan. Hariwang kapanggih ku pasukan Sinuwun, mindah deui Aki Gede teh ka Cikaso terus ka Kolemba, Bojong Cikur, Bubulak Karang Simpang, Binangun, terus ka Nagrog rek neangan tempat pinagaraeun tapi geus eweuh nu suwung, teras balik deui ka Binangun nembong geus aya Gandek Sinuwun nu dipiwarang neangan Aki Gede saparakanca. Teras eta Gandek ku Aki gede dibadamian sangkan ngadehes ka Dalem Sukapura anu kagungan nagara, ari aki gede terus neangan tempat pinagaraeun, mimiti ka tempat nu jadi Lembur Sarakan, Cikadu, Cikawung, Pepedan, Cipanengah, Sipatahunan, Cipakawuk, jeung Gurago anu teras dijadikeun lembur ngalih ti Binangun.
Ngarasa mantep di Gurago, terus Aki Gede nitah anak awewena jeung minantuna ka Sukapura ngadeheus Kanjeng Dalem, nu harita ngarana Dalem Tambela. 
Harita Cijulang teh asup ka wilayah Sukapura sanes Galuh siga ayeuna,  dina “Sajarah Cijulang” kacarioskeun yen anu janten kapala pamarentahan teh Dalem Tambela di Sukapura, jadi kurang leuwih Aki Gede teh jumeneng dina mangsa Cijulang masih keneh janten bagian ti Sukapura anu ayeuna mah gentos nami janteun Tasikmalaya.
Taun 1674 Umbul Sukakerta, Wirawangsa diangkat ku Sultan Agung janteun Mantri Agung Bupati Sukapura, gelarna Raden Tumengung Wiradadaha I, ieu minangka bales jasa saatos newak Dipati Ukur, harita Cijulang tos kasebat dina 12 daerah bawahan Sukapura anu dibebaskeun tina kawajiban mayar pajak ku Sultan Agung salami 7 turunan.
1674 Wirawangsa tilar dunya, digentos ku putera katiluna yaeta Raden Djajamanggala anu digelaran Raden Tumengung Wiradadahan II, ajeuna katelah ”Dalem Tambela”. Naha Dalem Tambela ieu anu dimaksad Dalem Tambela dina ”Sajarah Cijulang”? Upami leres aya sababaraha fakta anu teu saluyu. Dina ”Sajarah Cijulang” Dalem Tambela anu marentah di Sukapura kacarioskeun ngagaduhan anak mantu, malah salah sahiji mantuna dibikeun ka Aki Gede janteun hadiah saatos Aki Gede rengse ngawangun Situ Cimawati. Padahal ceuk fakta sajarah, Dalem Tambela teu kantos marentah di Sukapura kulantaran tilar dunya di Banyumas sauih dilantik di Mataram, ningalkeun 8 putra anu aralit keneh, layona dicandak dina tambela ka Sukapura janteun katelah Dalem Tambela.
Taun 1674 janteun hiji-hijina titimangsa anu kacatet dina sajarah, taun eta Aki Gede geus tumetep di Gurago, jadi mangsa ngalalana ti Kedungrandu nepi ka Gurago kajadianana saacan tahun 1674. Kira-kira saha atuh Kanjeng Sinuwun ti Banyumas nu jadi sabab Aki Gede pundah-pindah tempat ku sabab sieun ku anjeuna? Naha mungkin R. Tumenggung Metayuda II, Adipati Banyumas 1650-1705, atawa adipati sateuacanna R. Ngabei Mertayuda I anu marentah di Banyumas tahun 1620-1650.
Sapertos dicutat di luhur, Cijulang zaman Aki Gede sanes bawahan Galuh tapi Sukapura anu ngagusti ka Karajaan Mataram, eta teh kulantaran nalika Karajaan Galuh runtuh dina taun 1528 wilayahna mung kantun saalit. Waktos Sunan Amangkurat I janteun Raja Mataram, struktur wedana/bupati dihapus, digentos janten Ajeg, aya 12 Ajeg di wewengkon Mancanagara Kilen, salah sahijinya Sukapura. Taun 1677, wilayah ieu dipasrahkeun ka VOC teras jadi bawahan Bupati Kumpeni di Cirebon, status ieu teu robah waktos VOC bangkrut digentos ku Pamarentahan Hindia Walanda, nembe dina tahun 1864 dialihkeun janteun bagian ti Karesidenan Priangan. 
Waktos Pamarentah Walanda ngayakeun reorganisasi wilayah, dumasar kana Staatsblad 425 tahun 1931, Cijulang masih keneh janten kawadanaan anu lebet ka Kabupaten Sukapura, harita nu janten Wadana, R. Somawirya.

CHEAT GTA PS2



Cheat GTA PS2
Kiamat
L2, kanan, L1, segitiga, kanan, kanan, R1, L1, kanan, L1, L1, L1

Manusia 1/2 dewa
bawah, X, kanan, kiri, kanan, R1, kanan, bawah, atas, segitiga

Uang, darah, tameng
R1, R2, L1, X, kiri, bawah, kanan, atas, kiri, bawah, kanan, atas

Lompat tinggi
atas, atas, segitiga, segitiga, atas, atas, kiri, kanan, kotak, R2, R2

Pukulan maut
atas, kiri, X, segitiga, R1, bulat, bulat, bulat, L2

Bernafas dalam air
bawah, kiri, L1, bawah, bawah, R2, bawah, L2, bawah

Senjata 1
R1, R2, L1, R2, kiri, bawah, kanan, atas, kiri, bawah, kanan, atas

Senjata 2
R1, R2, L1, R2, kiri, bawah, kanan, atas, kiri, bawah, bawah, kiri

Senjata 3
R1, R2, L1, R2, kiri, bawah, kanan, atas, kiri , bawah, bawah, bawah

Dua senjata
bawah, kotak, X, kiri, R1, R2, kiri, bawah, bawah, L1, L1, L1

Peluru tak terbatas
L1, R1, kotak, R1, kiri, R2, R1, kiri, kotak, bawah, L1, L1

Rekrut
bawah, kotak, atas, R2, R2, atas, kanan, kanan, atas

Bunuh diri
kanan, L2, bawah, R1, kiri, kiri, R1, L1, L2, L1

Kurus
segitiga, atas ,atas, kiri, kanan, kotak, bulat, kanan

Gendut
segitiga, atas ,atas, kiri, kanan, kotak, bulat, bawah

Kekar
segitiga, atas, atas, kiri, kanan, kotak, bulat, kiri

Dikelilingi pel@cur
kotak, kanan, kotak, kotak, L2, X, segitiga, X, segitiga

Suasana pantai
atas, atas, bawah, bawah, kotak, bulat, L1, R1, segitiga, bawah

Badut
segitiga, segitiga, L1, kotak, kotak, bulat, kotak, bawah, bulat

Elvis
L1, bulat, segitiga, L1, L1, kotak, L2, atas, bawah, kiri

Yakuza
X, X, bawah, R2, L2, bulat, R1, bulat, kotak

Nascar 1
bawah, R1, bulat, L2, L2, X, R1, L1, kiri, kiri

Nascar 2
R1, bulat, R2, kanan, L1, L2, X, X, kotak, R1

Nascar 3
R2, L1, bulat, kanan, L1, R1, kanan, atas, bulat, R2

Mobil golf
bulat, L1, atas, R1, L2, X, R1, L1, bulat, X

Buldoser
R2, L1, L1, kanan, kanan, atas, atas, X, L1, kiri

Mobil sherif
atas, kanan, kanan, L1, kanan, atas, kotak, L2

Mobil orang kaya
R2, atas, L2, kiri, kiri, R1, L1, bulat, kanan

Tanker
R1, atas, kiri, kanan, R2, atas, kanan, kotak, kanan, L2, L1, L1

Mobil romero
bawah, R2, bawah, R1, L2, kiri, R1, L1, kiri, kanan

Truk sampah
bulat, R1, bulat, R1, kiri, kiri, R1, L1, bulat, kanan

Motor roda empat
kiri, kiri, bawah, bawah, atas, atas, kotak, bulat, segitiga, R1, R2

Boat amphibi
segitiga, segitiga, kotak, bulat, X, L1, L2, bawah, bawah

Mobil monster
kanan, atas, R1, R1, R1, bawah, segitiga, segitiga, X, bulat, L1, L1

Tank
bulat, bulat, L1, bulat, bulat, bulat, L1, L2, R1, segitiga, bulat, segitiga

Helikopter tempur
bulat, X, L1, bulat, bulat, L1, bulat, R1, R2, L2, L1, L1

Pesawat jet
segitiga, segitiga, kotak, bulat, X, L1, L1, bawah, atas

Pesawat stunt
bulat, atas, L1, L2, bawah, R1, L1, L1, kiri, kiri, X, segitiga

Parasut
kiri, kanan, L1, L2, R1, R2, R2, atas, bawah, kanan, L1

Jetpack
kiri, kanan, L1, L2, R1, R2, atas, bawah, kiri, kanan

Semua mobil berwarna hitam

bulat, L2, atas, R1, kiri, X, R1, L1, kiri, bulat

Semua mobil berwarna pink

bulat, L1, bawah, L2, kiri, X, R1, L1, kanan, bulat

Semua mobil jadi jelek

L2, kanan, L1, atas, X, L1, L2, R2, R1, L1, L1, L1

Semua mobil jadi mewah

kanan, R1, atas, L2, L2, kiri, R1, L1, R1, R1

Semua mobil desa

L1, L1, R1, R1, L2, L1, R2, bawah, kiri, atas

Semua mobil transparan
segitiga, L1, segitiga, R2, kotak, L1, L1

Semua kendaraan hancur
R2, L2, R1, L1, L2, R2, kotak, segitiga, bulat, segitiga, L2, L1

Nos
kiri, segitiga, R1, L1, atas, kotak, segitiga, bawah, bulat, L2, L1, L1

Mobil kebal
L1, L2, L2, atas, bawah, bawah, atas, R1, R2, R2

Mobil melambung
kotak, R2, bawah, bawah, kiri, bawah, kiri, kiri, L2, X

Mobil terbang
kotak, bawah, L2, atas, L1, bulat, atas, x, kiri

Mobil berjalan di atas air
kanan, R2, bulat, R1, L2, kotak, R1, R2

Boat terbang
R2, bulat, atas, L1, kanan, R1, kanan, atas, kotak, segitiga

Sepeda lompat tinggi
segitiga, kotak, bulat, bulat, kotak, bulat, bulat, L1, L2, L2, R1, R2

Bintang enam
bulat, kanan, bulat, kanan, kiri, kotak, X bawah

Mengurangi wanted level
R1, R1, bulat, R2, atas, bawah, atas, bawah, atas, bawah

Menaikkan wanted level
R1, R1, bulat, R2, kanan, kiri, kanan, kiri, kanan, kiri

Kunci polisi
bulat, kanan, bulat, kanan, kiri, kotak, segitiga, atas

Pengemudi agresif
kanan, R2, atas, atas, R2, bulat, kotak, R2, L1, kanan, bawah, L1

Trafik agresif
R2, bulat, R1, L2, kiri R1, L1, R2, L2

Rambu lalu lintas hijau
kanan, R1, atas, L2, L2, kiri, R1, L1, R1, R1

Waktu berjalan cepat
bulat, bulat, L1, kotak, L1, kotak, kotak, kotak, L1, segitiga, bulat, segitiga

Gerakan cepat
segitiga, atas, kanan, bawah, L2, L1, kotak

Gerakan lambat
segitiga, atas, kanan, bawah, kotak, R2, R1

Membidik sambil mengemudi
atas, atas, kotak, L2, kanan, x, R1, bawah, R2, bulat

Skill mengemudi maksimum
kotak, L2, X, R1, L2, L2, kiri, R1, kanan, L1, L1, L1

Respek maksimum
L1, R1, segitiga, bawah, R2, X, L1, atas, L2, L2, L1, L1

Pagi
R2, X, L1, L1, L2, L2, L2, kotak

Malam
R2, X, L1, L1, L2, L2, L2, segitiga

Selalu tengah malam
kotak, L1, R1, kanan, X, atas, L1, kiri, kiri

Geng berkuasa
L2, atas, R1, R1, kiri, R1, R1, R2, kanan, bawah

Nyepi
X, bawah, atas, R2, bawah, segitiga, L1, segitiga, kiri

Penduduk menyerang
bawah, atas, atas, atas, X, R2, R1, L2, L2

Penduduk bersenjata
R2, R1, X, segitiga, X, segitiga, atas, bawah

Badai pasir
atas, bawah, L1, L1, L2, L2, L1, L2, R1, R2

Kabut
R2, X, L1, L1, L2, L2, L2, X

Cuaca cerah
R2, x, L1, L1, L2, L2, L2, kotak

Hujan badai
R2, X, L1, L1, L2, L2, L2, bulat


Demikian kumpulan kode cheat gta kali ini, lihat juga
cheat gta for pc di blog ini. semoga bisa membuat permainan kamu lebih seru dan mengasyikkan...

BIOMA HUTAN TROPIKA



BIOMA HUTAN TROPIKA
Ciri-ciri :
  1. Curah hujan
Yang paling membedakan bioma hutan hujan tropik dengan beberapa bioma lainnya adalah tingkat curah hujan. Sebab dalam bioma hutan hujan tropik ini memiliki curah hujan yang cenderung tinggi. bahkan menurut data yang ada total curah hujan yang ada lebih dari 2000 mm per tahunnya. makanya di namakan dengan bioma yang lembab dan basah. Sepanjang tahunnya, hutan yang hidup di daerah ini selalu mendapatkan hujan. Biasanya tanaman dan hewan yang ada pada bioma ini memiliki keanekaragaman yang luar biasa banyaknya. Sebab pada iklim inilah pohon dan hewan paling mudah beradaptasi.
  1. Banyak pohon yang tinggi
Tak salah jika banyak pepohonan yang bisa tumbuh subur dan makmur di hutan ini. Bisa di buktikan dengan banyaknya pohon pohon tinggi. mereka bisa tumbuh dengan baik. Jika di ukur, tinggi dari pohon pohon ini bisa mencapai 20 meter sampai dengan 40 meter. Meskipun sinar matahari selalu tampak, tapi jika anda berada di bawah pohon ini susah untuk melihat panasnya matahari. Karena sinarnya selalu terhalang oleh dahan dahan pohon.
  1. Sinar matahari yang tidak mencapai tanah
Ini bukan berarti bahwa bioma hutan hujan tropis tidak mendapatkan sinar matahari. Justru mereka selalu mendapatkan penyinaran matahari sepanjang tahun. Hanya saja tidak bisa sampai menembus dasar hutan. Sehingga berada di bawah pepohonan akan tampak waktunya selalu sama. Karena sinar matahari yang menyinari terhalang oleh pepohonan, oleh ranting, dahan, dan dedaunan.
  1. Pohon memiliki daun yang lebat
Karena adanya sinar pohon sepanjang tahun, maka pertumbuhan pohon pohon yang ada di sini cukup baik. Mereka bisa berfotosintesis dengan sempurna. Sehingga nutrisinya terpenuhi. Bagaimana bisa tahu? Bisa di lihat dari tingginya pohon yang menjulang sampai ke angkasa. Juga pada dedaunan yang lebat, menghalangi sinar matahari yang masuk. Warna dari dedaunannya juga hijau menyegarkan itulah salah satu keunikan hutan hujan tropis.
  1. Punya iklim yang mikro di lingkungannya
Selain itu, pohon pohon yang ada dalam hutan hujan tropis memiliki iklim yang mikro. Ini bisa di temukan pada sekitar permukanan tanah di sana. Selain itu pada pepohanan juga ada pula, yakni berada di bawah kanopi daun. Hal ini membuat dedaunan yang ada pada pohon pohon berbentuk seperti tudung. Bisa memayungi yang ada di bawahnya.
Daerah persebaran :
benua di dunia seperti Asia, Australia, Afrika, Amerika Selatan dan Tengah, Kepulauan Pasifik serta Mexico. 
Flora di bioma hutan tropika
Udara di bawah kanopi hampir selalu lembab. Pohon-pohon mengeluarkan air melalui pori-pori daun (stomata). Proses penguapan ini disebut transpirasi. penguapan ini menyebabkan setengah dari curah hujan di hutan hujan.
Tanaman hutan hujan melakukan banyak adaptasi terhadap lingkungan. Dengan curah hujan yang tinggi, tanaman beradaptasi untuk meloloskan air dari daun mereka dengan cepat sehingga cabang tanaman tidak terbebani. Banyak tanaman memiliki ujung tetes dan alur daun, dan beberapa daun memiliki lapisan berminyak untuk menumpahkan air. Daun-daun yang lebar digunakan untuk menyerap sinar matahari sebanyak mungkin. Beberapa pohon memiliki tangkai daun yang berubah seiring dengan pergerakan matahari sehingga mereka selalu menyerap cahaya dalam jumlah maksimum. Daun di atas kanopi berciri hijau gelap, kecil dan kasar untuk mengurangi kehilangan air di bawah sinar matahari yang kuat. Beberapa pohon menumbuhkan daun yang lebar pada tingkat yang lebih rendah dan menumbuhkan daun kecil di kanopi atas. Tanaman lain tumbuh di atas kanopi untuk mendapatkan sinar matahari. Tanaman tersebut adalah epifit seperti anggrek dan bromeliad.
Lebih dari 2.500 spesies tanaman merambat tumbuh di hutan hujan. Liana tumbuh dari semak kecil yang tumbuh di lantai hutan, ia menumbuhkan sulur untuk menggapai pohon dan mencapai sinar matahari di atas kanopi. Tanaman merambat tumbuh dari satu pohon ke pohon lain dan membentuk 40% dari daun kanopi. Rotan anggur memiliki duri di bagian bawah daunnya yang menunjuk ke belakang sebagai pegangan anakan pohon.
Tidak ada spesies dominan di hutan hujan tropis. Pohon dari spesies yang sama sangat jarang ditemukan tumbuh berdekatan. Keragaman hayati dan pemisahan spesies mencegah kontaminasi massal dan kematian dari penyakit atau karena pertumbuhan serangga. Keanekaragaman hayati juga menjamin bahwa akan ada cukup serbuk sari untuk mengurus kebutuhan setiap spesies. Hewan tergantung pada bunga-buah tanaman sebagai pasokan makanan sepanjang tahun.

Fauna di bioma hutan tropika
Kehidupan fauna sangat beragam. Hewan-hewan penghuni hutan hujan tropis berupa mamalia, burung, reptil, amfibi, dan serangga. Karakteristik hewan ini adalah memiliki warna-warna cerah dengan pola yang tajam, bersuara keras, dan ketergantungan pada buah-buahan.
Hewan-hewan yang hidup di hutan hujan tropis diantaranya adalah Kupu-kupu, Kumbang, Kupu-kupu Sayap Bening, Capung, Kupu-kupu Burung Hantu, Ulat Kaki Seribu, Belalang Sembah, Lutung Gading, Monyet, Gorilla, Lemur, Kera, Orangutan, Macan, Ocelot, Kerbau, Babi Rusa, Kelelawar, Kapibara, Rakun, Gajah, Pemakan Semut Raksasa, Berang-Berang Sungai, Tapir Malaya, Badak, Tapir, Babi Hutan, Beo Abu-Abu Afrika, Enggang, Nuri Hitam, Kasuari Gelambir Ganda, Kasuari Leher Emas, Bangau Bluwok, Motmot, Merpati Nicobar, Beo, Merak, Nuri Pelangi, Nuri Merah, Enggang Badak, Scarlet Ibis, Scarlet Macaw, Swainson's Toucan, Toucan, Kakaktua Kuning, Kadal, Anole, Bunglon, Iguana Fiji, Tokek Mata Hijau, Iguana, Bunglon Daun, Leaf-Tailed Gecko, Biawak Rawa, Biawak Air, Ular, Boa Constrictor, Piton Pohon Hijau, Buaya, Caiman/Alligator, Katak, Blue Poison Dart Frog, Giant Monkey Frog, Green Poison Dart Frog, Katak Emas Panama, Katak Tomat, Ikan Angelfish, Neon Tetras, Discus, lele, Danios, Gurame, ikan adu.

MAKALAH PENGARUH PENDIDIKAN DAN LATIHAN DASAR TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS SDM

  MAKALAH PENGARUH PENDIDIKAN DAN LATIHAN DASAR TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS SDM Disusun untuk memenuhi Tugas Mata kuliah Eko...