Kamis, 06 Agustus 2020

KUMPULAN PIDATO PILDACIL

Pidato Mensyukuri Nikmat Alloh, Khusus Pildacil


Assalamu alaikum Warohmatullohi Wabarokaaatuh.

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على اشرف الأنبياء والمرسلين سيد محمد وعلى اله وصحبه اجمعين, اما بعد.

Dewan juri serta para semua asatizd dan asatidzah yang sangat kami hormati, ta'lupa pula kepada semua rekan-rekanku yang senasip seperjuangan yang kami cinta sanyagi, da' ta'lupa pula kepada semua para hadirin hadirot yang kami sangat mulyakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Ilahi Robby, karena tanpa rahmat dan ampunannya kita tidak bisa hadir dalam satu tempat yang Insya Alloh sangat barokah ini.

Kedua kalinya Shalawat serta salam marilah kita haturkan keharibaan Nabi Besari kita yaitu; Muhammad Ibni Abdilloh, yang menjadi panutan bagi semua umat Islam.

Ijinkanlah kami pada malam yang sangat barokah untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul; ''
Mensyukuri Nimat Alloh Swt''.

Para hadirin kakak-kakak adik-adik semua yang sangat kami hormati,

Sesugguhnya nikmat alloh itu banyak sekali, kita sebagai anak sholeh dan sholehah tentunya tidak mampu untuk menghitung nikmatnya, sesuai firman Alloh Swt yang berbunyi;
وان تعدو نعمة الله لا تحصوها.
''Apabila kalian semua ingin mrnghitung nikmatku yang telah diberikan pada kalian semua, maka kalian tidak akan bisa''.

Oleh karena itu marilah kita berfikr nikmat Alloh yang telah diberikan pada kita ambil saja yang paling kecil,  kira-kira apa ea?,,,,,,,,,,,kita ambil contoh mata, mata adalah nikmat Alloh yang diberikan pada.

   Sebelumnya saya mau naya,,,.
Pernahkah kalian mensyukuri mata yang diberikan oleh Alloh?
Kalau pernah Alhamdulillah, kalau tidak Inna Lillah. Allah karuniakan kepada kita sepasang mata. Dengan mata itu, kita bisa melihat indahnya dunia ini. Dengan mata itu pula kita bisa membaca, berjalan tanpa salah arah dan berbagai hal lainnya.

Nikmat Allah itu memang baru akan terasa begitu besar dan bernilainya, ketika nikmat itu telah hilang dari diri kita. Andai saja, Allah mencabut nikmat sepasang mata ini, sungguh apapun akan manusia korbankan agar nikmat mata itu bisa kembali ada pada dirinya. Berobat kesana-kemari, dengan tenaga dokter ahli yang berbayar mahal, di rumah sakit dengan peralatan yang serba canggih. Tidak terbayangkan, berapa banyak biaya yang harus ia keluarkan untuk itu.

Hadirin hadirot yang berbahagi.

Marilah kita mulai sekarang pandai-pandailah bersyukur sebelum Alloh Swt mencabut nikmat yang telah diberikan pada kita dan apabila kalian bersyukur maka Alloh akan menambahkannya, dan apabila kalian ingkar maka Alloh akan menyiksanya dengan siksaan yang sangat pedih, Sesuai dengan firmannya: لئن شكرتم لأزيدنكم ولئن كفرتم ان عذابي لشديد.

Kiranya cukup sampai disini, apabila ada kesalahan itu semua karena kebodohan kami sediri dan apabila ada kebenaran itu semua murni dari Alloh Swt, dan semuga pidato kami yang berjudul: Mensyukuri Nikmat Alloh ini bermanfaat pada kita semua,  akhirnya dari kami

 عليكم ورحمة الله وبركاته اهدناالصراط المستقيم , ثم السلام

 

 

 

Naskah Pildacil: Adab Kepada Orang Tua

Asalamualaikum wr.wb
Hamdan Wa Syukron lillah,Solaatan wa salaaman ‘ala rosulillah.ammaa ba’du.
Yang terhormat Para Alim Ulama’
Yang terhormat Dewan juri
Yang terhormat bapak dan ibu guru yang hadir pada acara ini
Hadirin dan hadirat yang berbahagia
Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.
Ayo, bersyukur kepada Allah. Ayo, bersalawat kepada rasulullah. Dan ayo, berbakti kepada kedua orang tua kita.
Teman-temanku, maukah kalian masuk surga? Ayo, mau tidak? Jika mau, begini caranya: pelukah kedua tangan orang tua kita kita seraya ucapkan:
Asalamualaikum ya abi ya umi,
Asalamualaikum ya abi ya umi,
Salam indah kupersembahkan,
Dari Allah Yang Penyayang,
Salam indah ku persembahkan,
Dari Allah Yang Penyayang.
Teman-temaanku yang tersayang, memberi salam dan doa kepada kedua orang tua itu merupakan salah satu contoh adab yang baik terhadap orang tua.

Ada contoh lagi teman-temanku, yaitu kita harus rajin mengaji supaya menjadi anak yang saleh. Ke sekolah tidak malas lagi, tentu akan membuat hati orang tua kita bahagia. Nah, membahagiakan orang tua adalah salah satu cara untuk mendapatkan ridonya.
Teman-temanku, Coba dengarkan, ikutilah dan bertepuk tangnalah;
Aku (prok, prok, prok)
Anak saleh (prok, prok, prok)
Rajin solat (prok, prok, prok)
Rajin ngaji (prok, prok, prok)
Orang tua (prok, prok,prok)
Dihormati (prok, prok, prok)
Cinta islam (prok, prok, prok)
Sampai mati (prok, prok, prok)
Lailahaillah muhammadurosulullah. Yes !!!
Nah, menghormati orang tua begitu banyak caranya. Diantaranya dengan mentaati apa yang mereka perintahkan yang sejalan dengan ajaran agama kita. Apabila orang tua memerintahkan untuk membelikan sesuatu, maka hendaklah kita tidak menolaknya dan pergunakanlah bahasa yang baik.

Adab terhadap orang tua ini dijelaskan oleh Alloh SWT dalam surat Al Isra ayat 23:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعۡبُدُوٓاْ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلۡوَٲلِدَيۡنِ إِحۡسَـٰنًا‌ۚ إِمَّا يَبۡلُغَنَّ عِندَكَ ٱلۡڪِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوۡ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ۬ وَلَا تَنۡہَرۡهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوۡلاً۬ ڪَرِيمً۬ا (٢٣)

“Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”

Mengucapkan kata ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.

Terus, apabila kita hendak pergi sekolah, maka kita harus ingat untuk bersalaman terlebih dahulu. Jangan hanya meminta uang jajan lantas kita pergi begitu saja. Itu contoh kecilnya. Nah, apabila kita bisa menghormati orang tua, maka sudah termasuk anak yang soleh.

Kesimpulan pidato saya ialah ada menghormati orang tua adalah salah satu adab yang baik kepada orang tua.
Demikianlah, yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan pidato saya bermanfaat bagi kita semua.

Ikan Lohan ikan gurami, banyak terdapat di danau Nongsa
Segala kesalahan dari kami, dan kebenaran dari yang Esa

Wasalamualaikum. Wr. Wb

 

 

Kebersihan sebagian dari Iman

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ

 

 

Bismillahir Rahmaanir Rahiim


 Alhamdu Lillahi Rabbil 'Alamin. Allahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammadin Wa 'Ala Alihi. Amma Ba'du.


Pertama-tama marilah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT, taqwa dalam artian menjalankan segala perintahnya dengan penuh tanggungjawab dan jiwa yang bersih serta meninggalkan segala larangnnya.


Shalawat dan salam kita curahkan kepada Baginda Nabi besar Muhammad SAW, karena berkat beliaulah kita dapat merasakan nikmatnya islam seperti sekarang ini.
Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang berjudul : “Kebersihan Sebagian daripada Iman”


Dewan Juri yang terhormat serta hadirin yang dimuliakan Allah
Kebersihan adalah satu kata yang memiliki makna yang sangat luas, kata tersebut sering kali kita dengar namun sering pula kita abaikan tanpa disadari. Bersih secara bahasa adalah sesuatu yang tak bernoda atau suci sedangkan secara syar’iah bersih adalah kejernihan atau kesucian lahir dan bathin seseorang dalam menjalani hidup serta terhindar dari hal-hal yang tidak terpuji.
Dalam sebuah hadits nabi dikatakan :
Yang artinya : “Sesungguhnya Allah SWT itu sangatlah indah dan dia menyukai setiap hal-hal yang indah pula”.


Dari penggalan ayat di atas, dapat kita cermati bersama, bahwa proses penciptaan alam dan lingkungan yang telah Allah amanatkan kepada manusia seharusnya dijaga dan dilestarikan sebaik-baiknya, sehingga nantinya Allah swt. tidak akan murka dan menguji hambanya dengan berbagai malapetaka dan bencana yang kerap kali melanda negeri ini.


Dewan Juri yang terhormat serta hadirin yang dimuliakan Allah
Oleh karena itu, sebagai kesimpulan akhir, saya mengajak kepada kita semua untuk selangkah lebih maju dalam meningkatkan kebersihan, karena kebersihan itu sebagian dari iman.


Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, saya akhiri dengan sebuah pantun;
Buah nanas, buah kedondong
Kalau ingin citra imannya bagus,Tolong jaga kebersihannya dong.

 

 

Wabillaahi Taufik Walhidayah,Waridoh Wal Inayah

Wassalmu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEMULIAAN AKHLAK RASULULLAH

 

ASSALAMU’ALAIKUM............................................

 

KALAU ANDA MAU KE KOLAM

JANGAN PERGI DI WAKTU MALAM

KALAU ANDA MENGAKU ISLAM

JAWAB SAYA MEMBACA SALAM

 

Hamdan Wa Syukron lillah, Solaatan wa salaaman ‘ala rosulillah. Ammaa ba’du.

Puji dan syukur  marilah kita panjatkan kehadirat Allah yang maha gofur  yang memberi kita panjang umur semoga kita  tidak kufur. Solawat beserta salam semoga tercurah limpahkan kepada hakim tertinggi jaksa termulia yakni HABI BANA,WANABIYANA MUHAMAD SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, para tabiin-tabiatnya, hingga umatnya yang senantiasa menghidupkan sunnahnya hingga akhir jaman. Aamiin.

Yang terhormat Para Alim Ulama’

Yang terhormat Dewan juri

Yang terhormat bapak dan ibu guru yang hadir pada acara ini

Juga teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.

Bismillahirrahmanirrahim………………………………

Kemuliaan akhlak Rosulullah saw. Rosulullah saw diciptakan oleh Allah dengan kesempurnaan akhlak yg sangat mulia  sebagai pedoman, sebagai acuan, sebagai contoh bagi umatnya .

Hadirin rohima kumullah…

Telah sampaikah kepada kita, betapa mulianya akhlak Rasulullah?  Bukankah beliau yang menjenguk tetangga yang membencinya, bukankah beliau yang menyuapi yahudi buta yang senantiasa menghinanya, bukankah beliau yang meminta kebaikan untuk thoif yang mengusirnya?

Lalu mengapa kita lupa, bukankah Rasulullah yang mengasihi anak yatim, senang menyambung silaturahim, hormat kepada orang tua, santun dalam berkata, tidak pernah mencaci dan mencela, tidak menyimpan dendam?

Sesungguhnya benar surat Al-Ahzab ayat 21, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

Hadirin rohimakumullah

Sebagai umat kangjeng nabi muhammad sudah seharusnya kita mencontoh apa yang telah ia contohkan kepada umatnya....tapi ironis sekali dengan apa yang terjadi sekarang ini

Generasi Muda sekarang lebih gemar berbuat maksiat. Tukang mabok, tukang tarok, tukang mukaken androk ,tukang monok jeng nu denok. naudzubillahhimindalik

Benar sekali perbedaan kita dengan Rosul hanya pada kata “sedikit” saja.

Kalau rosul sedikit makan kita sedikit sedikit makan,  betul?

Kalau rosul sedikit sedikit baca Quran kit`a sedikiiit baca  quran?

Kalau rosul sedikit-sedikit bersedekah , kita sedikit sekali bersedekah .....

Astagfiurllah aladzim……..

Hadirin rohima qumullah

Kejadian seperti itu, pernah terjadi pada jaman Rosulullah saw , oleh karena itu disebut lah dalam sejarah  nabi yaitu jaman jahiliah atau jaman kebodohan. Lalu kondisi seperti itu beransur membaik ketika Rosullullah saw mulai menyampaikan risalahnya.

Maka dalam hadits Riwayat Ahmad dikatakan INNAMA BUNGISTU LIUTAMMIMA MAKARIMAL AHLAQ. SESUNGGUHNYA AKU DI UTUS UNTUK MENYEMPURNAKAN AHLAK MANUSIA.

Hadirin rohimakumullah

Mari bersama sama kita benahi kembali akhlak kita, kembali pada ajaran ajaran Allah, melaksanakan apa yang dicontohkan Rosullullah,  agar kita  benar benar menjadi ummat yang terbaik, yang akan mendapat kan syapaat di hari akhir nanti.  Aamin yarobbal alamiiin

Sekian uraian dari saya, mohon maaf kekurangan dan kehilapannya, yang benar dari Allah ,yg salah jangan dibawa ke rumah. NUN WALKOLAMI WALA YASTURUN WALLAHU WAFIK ILA AKWA MITTORIK.

WASSALAMUALAIKUM WASSALAMUALIKUM WAROHMATILLAHI WABARAKATUH

 

 

 

 

CIRI ANAK SOLEH

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh..

 

Si kabayan sedang seneng

Karena dikasih lontong

Yang cantik dan ganteng-ganteng

Salam saya jawab dong

 

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh..

 

Hamdan wa syukron lillah, solatan wa sallaman ‘alaa rosuulillah. Wa’alaa alihi wa ash-habihi waman tabi’a hudah. (amma ba’du)”

 

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah swt. karenaNya pada hari ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat.

Shalawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Saw., yang senantiasa mendorong ummatnya untuk menjadi ummat yang soleh.

 

Yang saya hormati, dewan juri, beserta bapak ibu guru juga  teman seperjuangan yang Isma cintai.

 

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan ciri anak soleh.

Nah sekarang Isma mau tanya.

Teman-teman suka tidak berteman dengan anak soleh??

Apakah teman-teman mau jadi anak soleh??

Tau tidak ciri-cirinya anak soleh?

Mau tau atau mau tau banget??

Kalau belum tahu, mari kita kaji Al-Quran Surat Ali Imran ayat 114, Ciri orang-orang soleh menurut Allah yaitu :

يُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِ وَيَأۡمُرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِ وَيُسَٰرِعُونَ فِي ٱلۡخَيۡرَٰتِۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ ١١٤

 

Ciri yang pertama yaitu : يُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِ

Mereka beriman kepada Allah dan hari hari akhir. Contohnya, kita jauhkan hati kita dari berputus asa. Hati kita tetap yakin, kalau kita punya Allah yang menolong kita. Baru saja sekali orang tua menolak keinginan kita, seperti ingin beli hape, motor ini itu, kita langsung ngancam-ngancam mau bunuh diri, berarti keimanan kita kepada Allah dan hari akhir dipertanyakan.

Ciri yang kedua : وَيَأۡمُرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِ

Mereka menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar.  Menyuruh kepada diri sendiri dan orang lain agar senantiasa berada dijalan yang benar.

Nah teman-teman, Isma mau tanya. Jika sedang ulangan, kita melihat teman menyontek, apa yang kita lakukan??diam saja atau menegurnya?atau kita ikut menyontek??hehehe.

kalau kita membiarkan berarti kita tidak termasuk ciri orang soleh. Jika kita mengingatkan berarti kita berusaha menjadi orang soleh. Silahkan,, mau pilih yang mana.

 

Ciri yang ketiga yaitu وَيُسَٰرِعُونَ فِي ٱلۡخَيۡرَٰتِۖ

Bersegera dalam kebaikan. Apakah kita termasuk yang ketiga itu?

Nah…. sekarang coba di ingat, ketika terdengan adzan magrib kemarin apakah kita bersegera solat atau masih duduk nonton sopo jarwo? Atau kalau ibu-ibu ya tanggung masih nonton Lonceng cinta nunggu iklan??gitu ya?!!

 

Hadirin rohimakummullah..

Apabila ketiga ciri tadi ada dalam diri kita, maka kata Allah أُوْلَٰٓئِكَ مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

mereka termasuk orang-orang soleh. Oleh karena itu, marilah kita berdo’a semoga kita menjadi orang soleh. Ayo ikuti saya : dadanya sambil di usap ya :

Robbi , (robbi)

Habli, (habli)

Minassolihiiin (minassoolihiin)

Aaamiiin.

Jadi kesimpulannya ciri orang soleh ada tiga : 1. Beriman kepada Allah dan hari akhir 2. Amar ma’ruf nahyi munkar 3. Bersegera dalam kebaikan.

 

Si Kabayan pulang ke Tasik

Pulangnya bareng ceu esih

Sekian dari Isma yang cantik

Sampai jumpa dan terimakasih

Wallohul muwaafiq ilaa aqwaamiththoriq

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokaaaaaatuh

 

 

Bismilaahirrahmaanirrahiim.

Assalaamu’alaikum warahmatullaahiwabarakaatuh


الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Waqaalallaahu Ta’alaa Filquraanilkariim A’uudzubillaahimisyaithoonirrajiim bismillaahirrahmaanirrahiim

alaihi wasallaam' Waqaalannabiyyu shollallaahu

 

وَاَقِيْمُوْ الصَّلَىةَ وَآتُوْ الزَّكَوةَوَارْكَعُوْامَعَ الرَّاكِعِيْنَ

 

اَلصَّلاَةُ عِمَادُ الدّيْنِ فَمَنْ اَقَامَهَا فَقَدْ اَقَامَ الدّيْنِ وَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ هَدَمَ الدّيْنِ

 

Dewan juri yang saya hormati, bapak-bapak serta ibu-ibu yang saya hormati, serta teman-teman yang saya cintai. Kalau saat ini kita biasa berkumpul di tempat yang berbahagia ini dalam keadaan sehat walafiat, ini berkat karunia dan rahmat Allah SWT.  Untuk itu marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadiratnya sehingga mudah-mudahan nikmat yang telah kita terima akan lebih bertambah lagi. 

 

Shalawat serta salam semoga selalu terlimpah kepada nabi akhir zaman, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang, yakni nabi Muhammad SAW. Kepada seluruh keluarganya, pada sahabatnya, serta seluruh umatnya yang senantiasa mengikuti jejak langkahnya. Amiin.

Hadirin rahikumullah dalam kesempatan ini izinkan saya menyampaikan materi tentang “Sholat itu tiangnya agama”.

 

Para hadirin sekalian izinkan saya bertanya, jika sebuah bangunan tiangnya roboh maka apa yang akan terjadi apakah semuanya akan ikut roboh?

 

Tentu saja semuanya akan ikut roboh.

 

Begitu juga dengan ibadah sholat. Sholat itu adalah tiangnya agama. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW di dalam hadist riwayat bukhari Muslim. Yang berbunyi:


اَلصَّلاَةُ عِمَادُ الدّيْنِ فَمَنْ اَقَامَهَا فَقَدْ اَقَامَ الدّيْنِ وَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ هَدَمَ الدّيْنِ

Artinya: “Shalat adalah tiang agama. Barang siapa yang menegakkan shalat,maka berarti ia menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkan shalat berarti ia merobohkan agama”. 

 

 

Di dalam Hadist tersebut diterangkan bahwa tegak atau tidaknya agama Islam pada diri seseorang adalah tergantung pada keistiqomahan seorang hamba dalam melaksanakan sholatnya.

 

 

Diriwayatkan oleh Ath-Thabarani rahimahullahu dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 

أَوَّلُ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الصَّلَاةُ، فَإِنْ صَلَحَتْ صَلَحَ لَهُ سَائِرُ عَمَلِهِ وَإِنْ فَسَدَتْ فَسَدَ سَائِرُ عَمَلِهِ

“Amalan hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat nanti adalah shalat. Apabila shalatnya baik tentu seluruh amalannya yang lain pun baik. Tetapi bila shalatnya jelek maka seluruh amalannya pun tentu jelek.” (Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah 3/343)

 

Para hadirin sekalian dari kedua hadist tersebut sudah jelas sekali bahwa sholat itu adalah ibadah yang tidak boleh ditinggalkan karena hukumnya adalah wajib. Allah SWT berfirman di dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 43

 

وَاَقِيْمُوْ الصَّلَىةَ وَآتُوْ الزَّكَوةَوَارْكَعُوْامَعَ الرَّاكِعِيْنَ

 

Artinya:  Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'


Pengertian wajib itu sendiri adalah apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan kita mendapatkan dosa. Pahala yang kita kumpulkan selama di dunia tentunya dapat memasukan kita ke syurga. Sementara dosa yang kita perbuat dapat mengantarkan kita ke neraka.

 

Kita mencari harta, benda, pangkat, jabatan siang dan malam. Sementara sholat yang wajib kita tinggalkan dengan alasan sedang malas atau sibuk. Padahal sholat itu tidak membutuhkan waktu berjam-jam. Jika kita hitung paling cepat sholat itu berapa menit? paling hanya 5 menit. Sekarang 5 menit dikalikan 5 waktu.Yaitu hanya 25 menit. Di dalam satu hari itu ada 24 jam. Masa kita tidak bisa untuk menyempatkan diri kita menghadap kepada sang pencipta hanya 25 menit. Sedangkan Allah SWT telah banyak memberikan kepada nikmat kepada kita semua.

 

Mari dimulai dari sekarang kita lebih meningkatkan ibadah kita, terutama ibadah sholat. Karena kita tidak tahu bisa saja sholat yang hari ini kita lakukan adalah sholat terakhir. Karena yang namanya ajal bisa datang kapan saja dan dimana saja.

 

Demikian yang bisa saya sampaikan, Yang benarnya itu datangnya dari Allah SWT,dan yang salahnya adalah dari kebodohan diri saya sendiri.

 

Wanashrumminallaah wafathun qarib wabassyiril mu’miniin. Wassalaamu’alaikum warahmatullaahiwabarakaatuh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara Memilih Teman Yang Baik

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلى سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ,سَيِّدِنَاوَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلى الِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ اَمَّابَعْدُ

Hadirin yang berbahagia.

Pertamatama dari yang paling utama dari segala apa yang kita anggap utama di dunia yang bersifat fana, mari terlebih dahulu kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji kehadirat Allah yang maha kuasa, yang telah menciptakan rasa cinta diantara kita, termasuk rasa cinta terhadap semua mahkluknya.

Sholawat dan salam mari selalu kita sanjungkan keharibaan alam junjunan kita, Nabi dengan mukjijat terbesarnya Al-Qur’an, siapa lagi kalau bukan Baginda rasulullah saw. dan semoga tercurah limpahkan pula kepada keluarganya, para shahabatnya, dan para pengikutnya termasuk kita yang hadir pada kesempatan yang berbahagi ini. Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin.

Hadirin yang berbahagia.

Dalam kesempatan ini, Saya.................Kelas ...........perwakilan dari SD/MI...., Insya allah akan menyampaikan uraian ceramah tentang “Cara Memilih Teman Yang Baik”.

Hadirin rahimakumullah.

Dalam memilih teman bergaul itu harus hati-hati. Sebab, bagaimanapun juga, sedikit atau banyak, teman bergaul bisa berpengaruh trehadap perkembangan agama, jiwa dan tingkah laku kita selanjutnya.

Kaum Muslimin yang berbahagia.

Rasulullah bersabda:

اَلرَّجُلُ خَلِيْلِهِ فَلْيَنْضُرْ اَحَدُكُمْ مَنْ يُخَا لِلُ

“Seseorang itu ikut agama/faham teman dekatnya maka hendaklah tiap-tiap kamu waspada dengan siapa ia berteman dekat” (HR. Abu Daud dan Turmudzi)

Hadirin yang saya hormati.

Teman yang baik itu seperti pembawaminyak wangi. Kita tertarik untuk memiliki minyak wangi tersebut, atau setidak-tidaknya kita bisa ikut menghirup baunya yang wangi.

Sedangkan teman yang jelek diibaratkan sebagai sang peniup api. Bila kita dekat-dekat bisa-bisa pakaian kita terbakar, atau atau setidak-tiadnya kita akan kena asap hitamnya atau menghirup baunya yang busuk.

Hadirin kaum muslimin wal muslimat

Oleh karena itu, marilah kita pilih teman bergaul kita, untuk kebahagiaan dan keberhasilan hidup di dunia dan untuk bekal di akhirat kelak.

Hadirin rahimakumullah.

Akhirkat, Kalau ada piring yang pecah, jangan disimpan di dalam peti, kalau ada kata-kata yang salah, jangan disimpan di dalam hati.

Sebelum ditutup ada pantun nih.

Jalan-jalan pakai sepeda // Pakai topi dikepala

Jagalah perkataan yang mulia // terutama pada orang tua

Demikian yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf

Burung Irian burung cendrawasih, cukup sekian dan terima kasih.

Undzur ma Qola wala tandzur man Qola, Billahi fii sabilil haq.

 وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ 

 

 

 

KEJUJURAN

 

 

Assalaamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh

            Alhamdulillah wa syukurillah, mayyahdillaahu fala mudhiilalah wamayyudhlilhu fala haadhiyalah. Asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu annaa muhammadan abduhu warosuluh.

            Hadirin yang saya hormati dan Insya Allah dimuliakan oleh Allah, tak henti-hentinya, tak bosan-bosannya senantiasa kita panjatkan puji syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT. Atas berjuta-juta nikmat yang telah dicurahkan kepada kita. Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada uswatun khasanah kita, nabi Muhammad SAW, para shahabat serta keluarga beliau.

            Pripun pawartasipun pak...buk...? Alhamdulillah semoga baik-baik saja nggih...

            Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan tausyah dengan tema BERLAKU JUJUR. Salah satu akhlaq terpuji yang mampu mengantarkan pemiliknya meraih derajat dan kehormatan yang tinggi, baik di mata Allah maupun di mata sesama manusia.

Kejujuran senantiasa mengarahkan umat manusia kepada kebajikan, dan kebajikan akan mengantarkan pelakunya meraih derajat tinggi di dalam surga. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Innashshidqa yahdii ilal birri wa innal birro yahdii ilal jannah...”

Yang artinya: “Sesungguhnya jujur menunjukkan kepada kebajikan dan kebajikan menunjukkan jalan ke surga...” (HR. Bukhari dan Muslim)

            Hadirin yang dimuliakan Allah, a muslim should be honesty in everything, although he get destruction. ( e muslim sut bi hanesti in evrithing, olthow hi get distraksien)

Seorang muslim hendaknya selalu melakukan kejujuran walaupun dirinya mengalami kehancuran, mendapat ancaman maupun tekanan. Karena apa??? Karena pada hakikatnya di dalam kejujuran terdapat kesuksesan, keselamatan, dan kemuliaan. Hanya orang jujur yang akan meraih derajat tinggi, kebahagiaan lahir batin, dan keberhasilan yang luar biasa. Seperti firman Allah pada QS. Al Maidah : 8

Ta’awudz.... Yaaa ayyuhalladziina aamanuu kuunuu qawwaamiina lillaahi syuhadaaa a bilqisth....

Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil.” 

Sebuah lagu yang mengajak kita untuk berlaku jujur.

 

Bicara jujurlah, jangan kau berbohong

Jaga lisanmu kawan

Hatimu kan tenang, takkan dirisaukan

Engkau akan dipercaya

 

            Wahai saudaraku, ayuukkkk kita budayakan jujur, mari kita budayakan malu. Malu untuk berbohong, malu untuk berkhianat, dan yang paling penting adalah malu untuk melanggar larangan-larangan Allah SWT.

            Apakah kita mau disebut sebagai seorang pembohong?

            Apakah kita mau disebut sebagai seorang pendusta?

            Apakah kita mau disebut sebagai seorang munafik???.... tentu TIDAK !

Hadirin yang saya hormati, sebagai seorang mukmin, kita harus menjauhi perbuatan bohong, karena bohong merupakan salah satu ciri orang munafik. Sedangkan seseorang yang memiliki sifat munafik tidak ada tempat baginya kecuali neraka.

            Adakah yang ingin masuk neraka???  Tidak kan....? maka dari itu mangga sedaya kita laksanakan perintah Allah serta kita jauhi larangan-laranganNya. Deal or no deal ??? ok DEAL ! niki di catet malaikat lho yaa... 

Saudaraku yang dirahmati Allah,

I think that’s all, thanks for your time and your attention (Ai ting thets ol, thengs for yor taim en yor etensien. Ai hop it cen gif benefit tu as en wi can eplei in awer laif).

Keep spirit !

Akhiru kalam,

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

 

 

 

 

Tema : Akhlak Kepada Guru

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى فَضَّلَ بَنِى آدَمَ بِالْعِلْمِ وَالأَعْمَلْ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ. وَعَلَى أَلِهِ وَالصَّحْبِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَة. أَمَّا بَعْدُ

Yang saya hormati…

Serta para pelajar rohimakumulloh

 

Tiada kata yang pantas diucapkan, selain rasa syukur kepada Alloh SWT karena atas berkat kuasanya kita dapat hadir pada malam hari ini dalam keadaan yang sempurna tanpa kurang suatu apapun. Allohumma sholli ‘ala Muhammad SAW, semoga kita bisa meneladaninya dan mendapatkan syafa’atnya.

 

Hadirin Hadirot rohimakumulloh.

Dewasa ini, akhlak/moral/sopan santun para pelajar banyak mengalami kemerosotan, banyak murid yang membangkang bahkan melawan gurunya. padahal guru harus dihormati dan dimuliakan. Sebab guru adalah  orang yang mengajarkan kepada kita tentang berbagai ilmu pengetahuan.

Seorang penyair berkata : 

وَقْنَعْ بِجَهْلِكَ اِنْ جَفَوْتَ مُعَلِّمَا

“dan terimalah kebodohanmu bila kamu membangkang pada guru.

 

Maka pada kesempatan yang mulia ini saya akan menyampaikan pidato saya tentang “Akhlak terhadap Guru”.

 

Hadirin Hadirot rohimakumulloh.

Dalam kitab Ta’limul Muta’alim karya Sheikh Az-Zarnuji diterangkan bahwa ada beberapa akhlak yang dapat kita praktekkan pada guru, diantaranya:

Pertama, hendaknya kita tidak berjalan di depan guru

Kedua, tidak duduk di tempat duduknya guru

Ketiga, tidak memulai bicara kecuali dengan izin guru

Keempat, tidak bertanya sesuatu bila guru sedang capek/bosan

Kelima, jika ingin bertemu dengan guru ucapkanlah salam dan jangan mengetuk pintunya tapi tunggu sampai guru keluar

Keenam, jangan membuat guru marah/murka dan patuhilah perintahnya

Ketujuh, hormatilah putra/putrinya dan orang yang ada hubungan kerabat dengan guru

 

Hadirin Hadirot rohimakumulloh.

Oleh karena itulah, seorang murid harus bisa mencari kerelaan hati seorang guru, harus bisa menghormati guru, harus bisa berkata yang sopan pada guru, harus bisa melaksanakan nasihat-nasihat guru dan harus bisa menentramkan hati guru. Kenapa seorang murid harus melakukan itu semua? Jawabannya adalah agar guru ridho/ikhlas atas ilmunya yang sudah diberikan sehingga ilmu yang kita peroleh bisa bermanfaat.

 

Hadirin Hadirot rohimakumulloh.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Akhir kata ...

Burung Irian

Burung Cenderawasih

Cukup sekian

dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

 

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

            Dewan juri yang saya muliakan! Teman-teman yang saya banggakan!

           Hadirin Rohimakumullah !

            Terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan pada baginda Habib tertinggi anti korupsi, jaksa termulya anti durhaka ya’ni Habibana Wanabiyana Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya, para tabi’in dan tabi’atnya, juga semoga sampai kepada kita selaku umatnya. Amiin...

            Hadirin Rohimakumullah !

            Pada kesempatan ini saya perwakilan dari SDN Ganeas I akan menyampaikan tentang ciri-ciri orang bertaqwa. Ciri-ciri orang bertaqwa diterangkan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 3-4.

Ciri-ciri orang bertaqwa dalam ayat tadi adalah:

1.      Orang yang beriman kepada yang ghaib (percaya adanya surga, neraka, para malaikat yang semuanya adalah ciptaan Allah SWT)

2.      Orang-orang yang mendirikan Shalat (baik shalat fardu ataupun shalat sunnat)

3.      Orang-orany yang menginfaqkan sebagian hartanya di jalan Allah seperti membantu pembangunan masjid, madrasah, pesantren atau membantu mereka yang membutuhkan

4.      Orang-orang yang beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan kitab-kitab yang diturunkan sebelum Nabi Muhammad SAW seperti Taurat, Zabur dan Injil.

5.      Yakin akan adanya Hari Qiamat

Hadirin Rohimakumullah !

            Dengan demikian orang yang bertaqwa yaitu orang yang percaya kepada yang Ghaib, mendirikan Shalat, menafkahkan sebagian rizkinya dan percaya kepada kitab-kitab Allah SWT serta percaya akan adanya hari kiamat.

            Kata TAQWA dapat diartikan Ta artinya Tawadhu (rendah diri dan tidak sombong). Huruf Qaf artinya Qona’ah (menerima apa adanya pemberian dari AllahSWT). Kemudian Wa artinya Wara’adalah hati-hati dalam perbuatan dan perkataan. Dan huruf Ya artinya yakin atau oftimis.

           

 

 

 

Hadirin Rohimakumullah !

            Mudah-mudahan kita semua menjadi orang yang bertaqwa, karena orang yang bertaqwa akan selamat di dunia dan akhirat,dan karena Taqwa adalah bekal yang paling baik.

Hadirin Rohimakumullah !

            Demikian yang dapat saya sampaikan, Hud ma Shofa Wada ma Kadar

            Burung irian burung cendrawasih

            Cukup sekian dan terimakasih

           

                                                                                                   Wassalamu’alaikum Wr. Wb....

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS

  MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS           Disusun Oleh : DADANG MAULANA YUSUF D4 KEARSIPAN         UNIVERSITAS...