Senin, 14 Agustus 2017

JURNAL : PENGARUH NEGATIF PERKEMBANGAN BUDAYA POPULER TERHADAP KARAKTER REMAJA INDONESIA




PENGARUH NEGATIF PERKEMBANGAN BUDAYA POPULER
TERHADAP KARAKTER REMAJA INDONESIA



ABSTRAK


            Penelitian ini merupakan penelitian kualtitatif mengenai pengaruh negative budaya populer pada remaja. Budaya populer yang berkembang di Indonesia –terutama budaya impor- mulai dari budaya Cina, Jepang, Amerika, sampai budaya Korea yang kini melanda remaja Indonesia. Menurut penelitian, ternyata budaya populer yang berkembang membaa pengaruh buruk terhadap karakter remaja Indonesia, dan berpotensi mengaburkan jati diri bangsa Indonesia. Yang perlu kita lakukan adalah melakukan pengawasan dan tindak lanjut mengenai budaya populer yang tengah berkembang di Indonesia.

           
Kata kunci : budaya populer


I. PEMBAHASAN

Budaya Populer
Budaya populer sering digunakan untuk menyebut budaya yang menyenangkan atau banyak disukai orang. Budaya populer juga dianggap sebagai representasi dari budaya rendah. Dalam arti, budaya populer bersifat residual dalam mengakomodasi praktik budaya yang tidak memenuhi persyaratan budaya tinggi yang luhur.
Budaya populer seringkali dianggap sebagai produk atau praktik budaya dengan selera rendah. Hal ini merujuk pada pandangan yang mengatakan bahwa budaya populer merupakan budaya komersial sebagai dampak dari produksi massal dan industrialisasi, sementara budaya tinggi adalah produk budaya hasil intelektualitas dan kreativitas individu yang lebih sophisticated (adiluhung). Meskipun beberapa kalangan mengkritik pemisahan budaya populer dengan budaya tinggi, tetapi perbedaan diantara keduanya tampak jelas. Kritik terutama ditujukan pada perubahan pandangan masyarakat pada objek budaya yang sama. Artinya, suatu produk atau praktik budaya bisa ditafsirkan sangat berbeda ketika berada dalam konteks ruang dan waktu yang berbeda. Misalnya, karya-karya Shakespeare yang saat ini dianggap mewakili budaya tinggi, pada jamannya justru merupakan praktik budaya populer.
Budaya populer pada konteks tertentu juga didefinisikan (disamakan) sebagai budaya massa, yaitu budaya yang diproduksi massa untuk dikomsumsi massa. Budaya massa adalah budaya populer yang dihasilkan oleh industri produksi massa dan dipasarkan untuk mendapatkan keuntungan dari khalayak konsumen. Budaya massa terstandarisasi dalam sistem pasar yang anonim, praktis, heterogen, dan lebih mengabdi pada kepentingan pemuasan selera rendah.
Budaya populer juga dikaitkan dengan konsep hegemoni Antonio Gramsci, mengacu pada cara kelompok dominan dalam suatu masyarakat mempengaruhi dan mendapatkan dukungan dari kelompok subordinat melalui proses kepemimpinan (jika tidak boleh disebut teladan), intelektual, dan moral atas praktik-praktik budaya. Gramsci menegaskan terdapat pertarungan ideologis dalam masyarakat, dimana kelompok-kelompok subordinat melakukan perlawanan secara terus-menerus terhadap kekuatan dominan, sehingga menghasilkan resistensi dan konsensus yang saling berkelindan dan tumpang tindih.
Mendefinisikan “budaya” dan “populer”, pada dasarnya sangat rumit, terutama karena konsep tersebut masih diperdebatkan. Definisi itu bersaing dengan berbagai definisi budaya populer itu sendiri. John Storey, dalam Cultural Theory and Popular Culture, menyatakan bahwa budaya populer juga didefinisikan sebagai sesuatu yang “diabaikan” saat kita telah menetapkan apa yang disebut sebagai budaya tinggi. Namun kenyataannya banyak karya dan praktik budaya yang melampaui dikotomi ini, misalnya Shakespeare. Suatu pendekatan post-modernisme pada budaya populer bahkan tidak lagi mengenali perbedaan antara budaya populer dan budaya tinggi.

Perkembangan Budaya Populer
Pada awalnya, kajian tentang budaya populer tidak dapat dipisahkan dari peran Amerika Serikat dalam memproduksi dan menyebarkan budaya Populer. Negara tersebut telah menanamkan akar yang sangat kuat dalam industri budaya populer, antara lain melalui Music Television (MTV), McDonald, Hollywood, dan industri animasi mereka (Walt Disney, Looney Toones, dll). Namun, perkembangan selanjutnya memunculkan negara-negara lain yang juga berhasil menjadi pusat budaya populer seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, dan Taiwan. Dadang Rusbiantoro dalam buku Generasi MTV (Dadang, 2008:190) juga menyatakan bahwa MTV –terutama pada Indonesia- membawa sangat banyak pengaruh. Budaya MTV yang pada kalanya menjadi bagian dari budaya populer remaja Indonesia sangat berpengaruh. Baik disadari maupun tidak, budaya populer dan media massa membawa pengaruh sangat besar terhadap remaja. Dadang menyatakan bahwa remaja merupakan sebuah bentuk kontradiktif antara sebagai pengungkapan ekspresi diri sendiri dan juga sebagai padang rumput yang subur bagi produsen komersial.
Menurut Nissim Kadosh Otmazgin, peneliti dari Center for Southeast Asian Studies (CSEAS) Kyoto University, Jepang sangat sukses dalam menyebarkan budaya populernya. Ia mengemukakan bahwa, “Selama dua dekade terakhir, produk-produk budaya populer Jepang telah diekspor, diperdagangkan, dan dikonsumsi secara besar-besaran di seluruh Asia Timur dan Asia Tenggara”. Manga (komik Jepang), anime (film animasi), games, fashion, musik, dan drama Jepang (dorama) merupakan contoh-contoh budaya populer Jepang yang sukses di berbagai negara.
Setelah Jepang, menyusul Korea Selatan yang melakukan ekspansi melalui budaya populer dalam bentuk hiburan.  Amerika Serikat sebagai negara asal budaya pop juga mendapat pengaruh penyebaran budaya pop Korea tersebut. Hal ini dibuktikan dengan masuknya beberapa artis Korea ke Hollywood. Di samping itu, film-film Korea juga menjadi magnet bagi sutradara Hollywood untuk melakukan re-make film Korea, salah satunya Il Mare yang ceritanya diadopsi Hollywood menjadi Lake House. Kasus di Amerika Serikat tersebut menjadi contoh keberhasilan ekspansi budaya populer Korea di dunia.
Proses penyebaran budaya Korea di dunia dikenal dengan istilah Hallyu atau Korean Wave. Hallyu atau Korean Wave (“Gelombang Korea”) adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di dunia. Pada umumnya Hallyu mendorong masyarakat penerima untuk mempelajari bahasa Korea dan kebudayaan Korea,hingga akhirnya budaya tersebut masuk ke Indonesia dan melahirkan musisi ternama.

Budaya Populer di Indonesia
Budaya sedikit banyak mempengaruhi unsur-unsur manusia dalam menjalani kehidupannya. Dahulu, orang-orang berpergian menggunakan delman. Dan beberapa tahun kemudian, orang-orang berpergian menggunakan taksi, mobil atau kendaraan umum. Dahulu sekali, orang mendengarkan musik menggunakan gramophone atau piringan hitam. Kini orang-orang mendengarkan musik menggunakan telepon genggam atau mp3 player, dimana segala sesuatunya menjadi mungil dan mudah dibawa kemana-mana.
Demikian juga dalam dunia pendidikan. Dulu sekali para murid menulis menggunakan papan hitam kecil berupa batu tulis, kemudian setelah kertas ditemukan mereka menulis menggunakan buku. Masa dewasa ini, tidak hanya buku saja yang digunakan. Para siswa bisa menulis menggunakan  komputer, laptop hingga tablet. Bila tidak mengikuti arus perkembangan jaman dan mengikuti budaya populer, seseorang dikatakan kuno dan ketinggalan jaman. Dan parahnya lagi, orang tidak memiliki persepsi yang sama mengenai apa itu budaya populer. Pada umumnya mereka hanya ikut-ikutan semata tanpa memahami segi positif atau negatif dari suatu budaya populer.
Dalam kalangan para pelajar, budaya populer sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan mereka sehari-hari. Setelah demam Korea mewabah, sapaan,”Annyong Haseiyo!”, mulai merebak dan terdengar dimana-mana. Saat demam budaya Cina mewabah, semuanya saling menyemangati dalam bahasa Cina yaitu,”Jia you!”. Saat budaya Jepang mulai dikenal, semuanya lalu mulai mengatakan maaf dalam bahasa tersebut, yaitu,”Gomenasai!”. Sementara itu bahasa asli, bahasa ibu dan bahasa daerah negeri sendiri terlupakan. Pembicaraan bahasa Indonesia yang menggunakan EYD telah lama hilang dan tergantikan dengan bahasa SMS yang lebih singkat atau dikenal pula dengan bahasa alay. Seperti misalnya,” !tU T@eMiN mUk4NyA S4m@ aJa……t4p! KL0 y4nG L4!n 4g@K bEd4 D`k!t SaMa MuK@ Y4nG d! M4kE-Up….T4p! tETep GaNt3nG”, dan lain sebagainya.
Budaya populer tampak menjadi pedang dengan dua sisi. Satu sisi memperkaya budaya sendiri dan sisi lain merusak budaya asli itu sendiri.

Pengaruh Budaya Populer Terhadap Remaja
Seperti yang sudah dibahas pada bagian Budaya Populer di atas, istilah budaya populer itu sendiri kadang didefinisikan sebagai “budaya rendahan”, yang berlawanan dengan budaya tinggi. Hal ini disimpulkan dari tinjauan bahwa budaya populer tidak memiliki beberapa unsur yang dimiliki budaya tinggi, yaitu intelektualitas, adiluhung, dan sophisticated.
Seperti yang dibahas oleh Cyntia Rachmijati dalam artikelnya mengenai pengaruh budaya pop (https://cynantia.wordpress.com/2013/10/21/pengaruh-budaya-populer-pada-pendidikan/), budaya populer memiliki beberapa karakteristik khusus. Beberapa karakteristik ini –baik mau atau tidak mau, akan terserap pada individu atau kelompok yang turut mengikuti perkembangan budaya populer, walaupun tidak kesemuanya.
Beberapa karakteristik yang diungkapkan oleh Cyntia adalah sebagai berikut:
1.      Pragmatisme: dalam budaya populer segala sesuatunya diterima meskipun belum tentu menghasilkan suatu manfaat yang berguna.
2.      Hedonisme: dalam budaya populer lebih mengacu kepada kepuasan emosi daripada kepuasan secara intelek.
3.      Materialisme: dikenal pula sebagai budaya McWorld dimana materi, uang dan mencari kekayaan adalah hal yang terpenting.
4.      Banalisme: dikenal juga sebagai kedangkalan, dimana teknologi mempermudah segala sesuatunya namun juga menjadi kehilangan makna hidup.
5.      Konsumerisme: budaya popular erat kaitannya dengan konsumerisme. Orang lebih mengutamakan nama, merk dan gengsi daripada kegunaan atau fungsi dari sesuatu.
Sebagian besar dari karakteristik tersebut, walaupun sebenarnya dapat dihindari, akan mempengaruhi karakter individu atau kelompok yang mengikuti perkembangan budaya populer. Jika perkembangan budaya populer  di Indonesia terus berkembang tanpa diawasi, masyarakat –terutama remaja- akan memiliki karakter-karakter tersebut. Para remaja akan memiliki pola pikir yang banal, akan menyerap sifat materialistis, konsumerisme, hedonisme, dan banyak pengaruh –yang menurut penulis-negatif.


Kesimpulan
Seperti yang kita lihat bahwa perkembangan budaya populer sangat merebak dan sangat susah dihindari. Salah satu hal yang sangat penulis sayangkan adalah budaya populer yang berkembang di Indonesia justru merupakan budaya impor yang diimpor dengan lebih mengutamakan kepentingan materialism, tanpa memikirkan pengaruh-pengaruh negative dari budaya tersebut. Remaja yang menyerapnya juga cenderung langsung menyerapnya secara pragmatis dan banal. Jika hal demikian terus berkembang tanpa pengawasan dan tindak lanjut, pengaruh-pengaruh negative yang terkandung dalam budaya populer akan terserap ke dalam kepribadian remaja, dan yang lebih parah lagi, akan berpengaruh buruk terhadap jati diri bangsa kita, bangsa Indonesia.
Saran
Sebagai orang yang mengerti perihal budaya populer dan pengaruh buruknya, kita harus melakukan pengawasan dan tindak lanjut terhadap budaya populer yang diindikasi akan membawa pengaruh negative yang berkembang di Indonesia. Dengan itu, kita akan membantu mereduksi pengaruh negative yang terbawa, atau bahkan menghilangkannya.



Daftar Pustaka
Rusbiantoro, Dadang. (2008). “Generasi MTV”. Yogyakarta: JALASUTRA.
Rachmijati, Cynantia. (2013). “Pengaruh Budaya Populer Pada Pendidikan”. [Internet]. Tersedia: https://cynantia.wordpress.com/
Fathulnuddin. (2013). “Pengaruh Budaya Pop Pada Pergaulan Remaja”. [Internet]. Tersedia: https://fathulnuddin.wordpress.com/
Surya University. (2010). “Definisi Budaya Populer”. [Internet]. Tersedia: http://prasasti.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS

  MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS           Disusun Oleh : DADANG MAULANA YUSUF D4 KEARSIPAN         UNIVERSITAS...