Senin, 14 Agustus 2017

makalah analisis universitas galuh verse 2



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Universitas Galuh Merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di periangan timur, jawa barat berdirri tanggal 13 mei 1998, berdasarkan surat keputusan yayasan nomor 059/SK/YPG-Cms/V/1998 setelah mendapatkan izin dari DIKTI dan Kebudayaan Republik Indonesia dg surat keputusan nomor 114/DIKTI/Kep/1998 tgl 8 April 1998.
UNIGAL merupakan gabungan dari beberapa Sekolah Tinggi yg ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Galuh yaitu STKIP, STH, STIE, STISIP, STIP dan Fakultas Teknik. sejak Terbitnya SK Pendirian Galuh, maka semua sekolah tinggi berubah menjadi FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP). Begitupun yg lainnya di awali dg kata “FAKULTAS.”
      Pada tahun 2000  Universitas Galuh CIAMIS membuka program pasca sarjana “PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN.” dua tahun kemudian membuka faultas baru yaitu “FIKes” Fakultas Ilmu Kesehatan.
      Sampai th 2013 Unigal Ciamis telah berusia 14 Tahun, dan meurpakan masa yg penuh dengan tantangan apalagi jika dikaitkann dengan beerbagai perubahan peraturan dan perundang-undangan yang di lakukan oleh pemerintah.

B.     Rumusan Masalah
1)      Bagaimana sejarah Universitas Galuh ?
2)      Apa saja fasilitas penunjang perkuliahan ?
3)      Apa saja program pendidikan yang terdapat di Universitas Galuh?

C.    Tujuan
1)      Untuk mengetahui sejarah Universitas Galuh
2)      Untuk mengetahui fasilitas penunjang perkuliahan
3)      Untuk mengetahui program pendidikan yang terdapat di Universitas Galuh




BAB II
PEMBAHASAN


A.    Sejarah Universitas Galuh
Dalam mewujudkan harapan masyarakat Tatar Galuh, YPG Ciamis telah mengeluarkan Surat Keputusan Pembentukan Panitia Pendirian Unversitas Galuh (UNIGAL), dengan dua penambahan fakultas, yaitu Fakultas Teknik Sipil dan Teknik Planologi serta Fakultas Tekonologi Industri, dengan dua jurusan, yaitu Teknik dan Manajemen Industri, dan teknis Elektro. Sementara itu, sekolah- sekolah tinggi yang ada menjadi fakultas, STKIP menjadi FKIP, STH menjadi FH, STIE menjadi FE, STIP menjadi FP, dan STISIP menjadi FISIP. Upaya untuk mewujudkan Universitas Galuh, ditempuh pula melalui jalur birokrasi bahkan dalam peresmian Mejid Bantuan Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila hadir Mendikbud (saat itu) Prof. Dr. Ing, Wardiman Djojonegoro. Pada kesempatan itu terjadi dialog antara Sivitas Akademika dengan Mendikbud, diantaranya tentang pendirian Universitas Galuh di Tatar Galuh.
Pada  tanggal  8  April  1998,  turunlah  Surat  Keputusan  Nomor 114/SK/Dikti/98 yang menetapkan penggabungan dan perubahan sekolah- sekolah tinggi menjadi fakultas-fakultas di dalam Universitas Galuh dengan penambahan Fakultas Teknik. Secara resmi Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis mengundang Gubernur Bidang Kesra (H. Dedem Ruchlia) yang juga telah berjasa memberikan dorongan bidang pendidikan pada saat beliau menjadi Bupati KDH TK. II Ciamis, untuk melaksanakan peresmian Universitas Galuh pada tanggal 10 Mei 1998 di Kampus Universitas Galuh. Sejak itulah, maka sekolah-sekolah tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis berubah menjadi fakultas-fakultas. Untuk pertama kalinya Universitas Galuh dipimpin oleh Rekotr Prof. Dr. H. E. Kusmana, M.Pd. sebagai putra daerah yang memberikan kepedulian sangat tinggi kepada Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis.
Perjuangan  Yayasan  Pendidikan  Galuh  Ciamis  dalam  mewujudkan pendidikan tinggi yang dapat dibanggakan mendapat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Bantuan-bantuan itu telah banyak diperoleh, seperti bantuan pelebaran jalan masuk kampus serta bantuan pembuatan Lapangan Sepakbola dari Bupati Ciamis, bantuan dari Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila berupa Mesjid Raudhatul Mutaqin. Selain pembangunan fisik, kualitas sumber daya pun terus dipacu, diantaranya kualitas akademik dosen. Selain kegiatan rutin berupa Seminar Akademik yang diikuti para Dosen, dalam bidang kelimuannya pun terus dipacu, diantaranya melanjutkan studi Program S2 dan S3. Tentu saja dalam mewujudkan cita-cita masyarakat Ciamis untuk memiliki perguruan tinggi yang dapat dibanggakan, yaitu Universitas Galuh tidak akanberhasil dengan baik, jika tidak mendapat dukungan dari seluruh Civitas Akademika Universitas Galuh, baik mahasiswa, dosen dan karyawan. Selain itu dukungan yang sangat berharga adalah dari masyarakat Tatar Galuh sendiri untuk ikut membangun dan membesarkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Pascarjana.

B. FASILITAS PENUNJANG PERKULIAHAN
1. Bangunan
Kampus milik sendiri, representatif, berada dalam jalur strategis dan dapat
dijangkau dengan mudah dari berbagai arah.

2. Laboratorium
1. Laboratorium Bahasa dilengkapi pusat layanan Kursus Bahasa Inggris,
Galuh English Centre (GEC). Bimbingan dan Test : TOEIC, TOEFL, IELTS.
2. Laboratorium Biologi
3. Laboratorium Hukum
4. Laboratorium Akuntansi
5. Laboratorium Fisip
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Keperawatan
8. Laboratorium Kebidanan
9. Laboratorium Pertanian dan Rumah Kaca

3. Upt Perpustakaan
Perpustakaan dilengkapi dengan berbagai macam buku dari berbagai
bidang ilmu, tempat yang nyaman dilengkapi dengan pendingin ruangan
sehingga memberikan kenyamanan bagi mahasiswa yang sedang membaca buku
atau hanya sekedar untuk berdiskusi seputar materi kuliah.

4. Knowledge Center (Warintek)
Knowledge Center merupakan proyek kerjasama dengan Menristek, berfungsi sebagai sarana pendidikan dan latihan ICT, penyebaran informasi dari media center dan Community Acces Point (Warintek) Terdapat Kawasan Free Hotspot Internet di Gedung Rektorat, dan Fakultas-fakultas.

5. Beasiswa
Mahasiswa yang berprestasi diberikan beasiswa, baik yang berasal dari
Pemerintah, Swasta maupun Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis diantaranya :
1.    Beasiswa bantuan belajar mahasiswa (BBBM)
2.    Beasiswa peningkatan prestasi akademik (BPPA)
3.    Beasiswa supersemar
4.    Beasiswa peningkatan prestasi ekstrakulikuler (BPPE)
5.    Beasiswa bagi mahasiswa berprestasi & tidak mampu program regular Dinas pendidikan prov. Jawa barat.
6.    Beasiswa bantuan belajar bagi guru
7.    Beasiswa yayasan pendidikan galuh
8.    Bantuan khusus mahasiswa
9.    Beasiswa korban bencana alam nasional

6. Asuransi
Seluruh Mahasiswa yang aktif dilindungi oleh Asuransi Kecelakaan bekerjasama dengan PT. Asuransi Bumi Putra.

7. Kerjasama Antar Instansi
Universitas Galuh telah melakukan MoU/Kemitraan dengan PTN, BUMN, Pemerintah Daerah, Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas di Wilayah Kabupaten Ciamis.

8. Kegiatan Mahasiswa
Bakat dan minat mahasiswa disalurkan melalui Organisasi Kemahasiswaan
diantaranya :
1.  Badan Eksekutif Mahasiswa.
2.  Dewan Perwakilan Mahasiswa.
3.  UKM Bola Basket.
4.  UKM Tarung Derajat.
5.  UKM Paduan Suara Mahasiswa.
6.  UKM Teater Tangtu Tilu.
7.  UKM Gamapala.
8.  UKM Hockey.
9.  UKM LDK Raudlatul Muttaqin.
10. UKM Pramuka.
11. UKM Resimen Mahasiswa.
12. UKM KSR PMI

C. PROGRAM PENDIDIKAN
Universitas Galuh bernaung di bawah Badan Hukum Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis yang berkeududukan di Ciamis dengan Akta Notaris No. 49/1977 Jo. No. 18 Tahun 1995. Seluruh kegiatan pendidikan di laksanakan di “Kampus Ungu“ Universitas Galuh yang beralamat di Jalan R.E. Martadinata No. 150 Tlp/Fax (0265) 776787 Ciamis 46251 Program Pendidikan yang diselenggarakan Universitas Galuh adalah dengan menggunakan satuan kredit semester (SKS) yang mengacu ada Keputusan Mendiknas Nomor : 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000.
Sejalan dengan berlakunya Keputusan tersebut di atas, maka Universitas Galuh sudah beberapa kali menyesuaikan kurikulum pendidikan untuk seluruh program studi  yang berbasis kompetensi. Jumlah kredit yang harus di tempuh oleh setiap mahasiswa
bervariasi, tergantung pada jenjang studi yang ditempuh, antara lain untuk jenjang :
Diploma (D3)              Jumlah SKS yang harus ditempuh antara 110-129 SKS
dijadwalkan 6             semester dengan batas waktu maksimal pendidikan selama 10 semester.
Stara Satu (S1)            Jumlah SKS yang harus ditempuh antara 144-160 SKS
dijadwalkan untuk 7 semester dengan batas waktu maksimal pendidikan selama 14 semester.
Stara Dua (S2)            Jumlah SKS yang harus ditempuh antara 36-50 SKS yang dijadwalkan untuk 4 semester dengan batas waktu maksimal 10 semester, termasuk penyusunan TESIS.
Beban studi mahasiswa untuk satu semester berkisar antara 16-20 SKS antara 18 SKS).

Description: C:\Documents and Settings\Admin\My Documents\Bluetooth\Bip\MISC\Profil_Universitas_Galuh_0024.jpg




BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Demikianlah pembahasan mengenai analisis lingkungan di Universitas Galuh Ciamis, dengan keterbatasan bahan materi sehingga penulis dapat menyajikan sebagaimana yang penulis peroleh. Sekilas mengenai Universitas Galuh Ciamis bahwasanya Universitas Galuh tengah berusaha mempersiapkan pola pendekatan berbasis mutu melalui sistem lembaga penjamin mutu, sebagai langkah standardisasi input, output dan proses demi kepuasan “Stakholder”. Upaya tersebut kami lakukan melalui pembenahan-pembenahan mekanisme dan tata laksana oraganisasi beserta kelengkapannya, peningkatan profesional dosen dan staf terhadap mahasiswa sehingga menciptakan atmosfer akademik yang kondusif dan demokratis.
Dalam konteks “Postmoderrism” pendidikan tinggi bukanlah merupakan proses memperoleh “Ijazah” saja namun lebih diorientasikan kepada memperoleh value/nilai-nilai moral tinggi melalui penekanan “critical thinking” sehingga mahasiswa akan peka terhadap isu kesetaraan, demokrasi, hubungan antar mahasiswa dalam kontek plural dan hak untuk maju (berkreativitas tanpa mengorbankan hak-hak orang lain). Karenanya Universitas Galuh berkomitmen untuk segera melakukan langkah-langkah penjamin layanan akademik dengan menghindari praktik-praktik yang tidak bertanggung jawab dan tidak bermartabat.


B.     Saran
Sebagai salahsatu mahasiswa di Universitas Galuh Ciamis, hendaknya kita mengetahui keadaan lingkungan di kampus kita sendiri, sehingga proses perkuliahan dapat berjalan dengan lancar.






DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS

  MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS           Disusun Oleh : DADANG MAULANA YUSUF D4 KEARSIPAN         UNIVERSITAS...