Senin, 14 Agustus 2017

MAKALAH TENTANG SBMPTN



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan merupakan hal penting, dimana dalam agamapun diperintahkan untuk menuntut ilmu hingga akhir liang lahat. Setelah menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), para pelajar mulai menyiapkan diri dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu ke perguruan tinggi.
Pada awal tahun, biasanya banyak siswa kelas 12 & alumni SMA/sederajat yang mulai berpikir untuk masuk kuliah. Bagi mereka yang udah ngebet banget untuk masuk kuliah, segala upaya akan dilakukan untuk mencapai tujuan tsb. Tapi dalam upaya mencapai tujuan ini, para calon mahasiswa ini seringkali dihadapkan dengan berbagai macam pertanyaan yang membingungkan, contohnya seperti:
1)      Saya cocoknya berkuliah di jurusan apa?
2)      Universitas yang bagus di Indonesia ada apa saja sih?
3)      Ada apa aja sih jalur penerimaan masuk mahasiswa di Indonesia?
4)      Sebaiknya cara masuk universitas A itu lewat jalur seleksi apa ya?
5)      Bagaimana taktik menentukan urutan pemilihan jurusan ketika daftar SBMPTN?
6)      Apa saja indikator dalam menentukan urutan prodi dalam pendaftaran SBMPTN?
7)      Apakah passing grade itu adalah tolak ukur yang akurat untuk memprediksi persaingan calon mahasiswa?
Dalam hal ini penulis membahas tentang seputar SBMPTN yang merupakan jalur seleksi ke Perguruan Tinggi.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian SBMPTN ?
2.      Bagaimana sejarah mula SBMPTN ?
3.      Universitas mana saja yang menggunakan sistem SBMPTN ?
4.      Bagaimana ketentuan umum dan persyaratan dalam mengikuti SBMPTN ?

C.    Tujuan
1.      Untuk Mengetahui pengertian SBMPTN
2.      Untuk Mengetahui Bagaimana sejarah mula SBMPTN
3.      Untuk Mengetahui Universitas mana saja yang menggunakan sistem SBMPTN
4.      Untuk Mengetahui Bagaimana ketentuan umum dan persyaratan dalam mengikuti SBMPTN




BAB II
PEMBAHASAN

Perguruan tinggi terbagi jadi 2 macam yaitu PTS (Perguruan Tinggi Swasta) dan PTN (Perguruan Tinggi Negeri), Lalu apa perbedaanya? PTS adalah milik suatu badan swasta kalau PTN milik negara. Perbedaan yang lain Kuliah di  PTS biayanya lebih besar dari pada kuliah di PTN, karena tidak dapet subsidi dari pemerintah. Dalam segi kualitas, kami kira itu kembali ke masing - masing. Kalo di PTN tidak harus lebih pinter dari pada yang di swasta.
Ada banyak jalur buat masuk ke PTN. 2 yang diselenggarakan pemerintah, dan yang lainnya itu dari universitas sendiri yang mengadakan. Dan ini hanya untuk yang mengambil jenjang S1.

A. Pengertian SBMPTN
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, PTN, maupun bagi kepentingan nasional.
Bagi calon mahasiswa, Ujian Tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

B. Sejarah SBMPTN
Berdasarkan sejarahnya, awal mula penyelenggaraan SBMPTN dimulai dari penyelenggaraan SNMPTN melalui ujian tertulis (SNMPTN Tulis) yang diselenggarakan pada tahun 2008. Pada saat itu, SNMPTN diselenggarakan oleh Dirjen Dikti Kemendikbud. Namun sejak 2013 diserahkan kepada Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Berdasarkan pengalaman yang sangat panjang dalam melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis, pada tahun 2013, MRPTNI tetap menyelenggarakan ujian tertulis sebagai salah satu bentuk seleksi masuk PTN selain SNMPTN. Seleksi yang mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan ini disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang sosial dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu seni dan/atau keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.
C. Perguruan Tinggi Negeri Peserta SBMPTN
Jumlah PTN yang tergabung ke dalam SBMPTN pertama kali pada tahun 2013 adalah sebanyak 62 PTN dan pada tahun 2015 diperkirakan bertambah menjadi 77 PTN. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya perguruan tinggi baru maupun perguruan tinggi Islam yang sebelumnya berada di Kementerian Agama kemudian pengelolaannya dilimpahkan kepada Kementerian Ristek dan Dikti.
No
Nama Perguruan Tinggi Negeri/ Badan Hukum
Singkatan
2013
2014
2015
1
UNSYIAH
v
v
v
2
UNIMAL
v
v
v
3
UIN Aceh
x
x
v
4
UTU
x
x
**
5
UNSAM
x
x
**
6
USU
v
v
v
7
UNIMED
v
v
v
8
UNRI
v
v
v
9
UIN Riau
v
v
v
10
UNAND
v
v
v
11
UNP
v
v
v
12
UNJA
v
v
v
13
UNMRAH
v
v
v
14
UNIB
v
v
v
15
UNSRI
v
v
v
16
UIN Palembang
x
v
v
17
UNILA
v
v
v
18
ITERA
x
x
v
19
UBB
v
v
v
20
UI
v
v
v
21
UNJ
v
v
v
22
UIN Jakarta
v
v
v
23
UPN Veteran Jakarta
x
x
**
24
UNTIRTA
v
v
v
25
IPB
v
v
v
26
UNPAD
v
v
v
27
UPI
v
v
v
28
ITB
v
v
v
29
UIN Bandung
v
v
v
30
UNSIKA
x
x
**
31
UNSIL
x
x
**
32
UNDIP
v
v
v
33
UNNES
v
v
v
34
UIN Semarang
v
v
v
35
UNSOED
v
v
v
36
UNS
v
v
v
37
UNTIDAR
x
x
**
38
UGM
v
v
v
39
UNY
v
v
v
40
UIN Yogyakarta
v
v
v
41
UPN Veteran Yogyakarta
x
x
**
42
UNAIR
v
v
v
43
ITS
v
v
v
44
UNESA
v
v
v
45
UIN Surabaya
v
v
v
46
UTM
v
v
v
47
UB
v
v
v
48
UM
v
v
v
49
UIN Malang
v
v
v
50
UNEJ
v
v
v
51
UPN Veteran Jatim
x
x
**
52
UNUD
v
v
v
53
UNDIKSHA
v
v
v
54
UNRAM
v
v
v
55
UNDANA
v
v
v
56
UNIMOR
x
x
**
57
UNTAN
v
v
v
58
UPR
v
v
v
59
UNLAM
v
v
v
60
UNMUL
v
v
v
61
ITK
x
x
v
62
UBT
v
v
v
63
UNSRAT
v
v
v
64
UNIMA
v
v
v
65
UNG
v
v
v
66
UNSULBAR
x
x
v
67
UNTAD
v
v
v
68
UNHALU
v
v
v
69
USN
x
x
**
70
UNHAS
v
v
v
71
UNM
v
v
v
72
UIN Makassar
v
v
v
73
UNSRAT

v
v
v
74
UNKHAIR
v
v
v
75
UNPATTI
v
v
v
76
UNIPA
v
v
v
77
UNCEN
v
v
v
78
UNMUS
v
v
v
Total Perguruan Tinggi
63
64
78
Keterangan: v = PTN ikut serta dalam SBMPTN pada tahun tersebut; x = PTN belum ikut serta dalam SBMPTN pada tahun tersebut; '*' = Perkiraan jumlah PTN yang ikut serta SBMPTN pada tahun tersebut; '**' = Perkiraan PTN akan ikut serta dalam SBMPTN pada tahun tersebut

Tahun 2016

Jenis ujian

Ujian tertulis

  • Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Ujian keterampilan

·         Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
·         Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
·         Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.
·         Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id
D. Ketentuan Umum dan Persyaratan
1. Ketentuan Umum
SBMPTN 2017 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.
2. Persyaratan
  1. Pendaftaran
    1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2015 dan 2016 harus memiliki ijazah.
    2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
    3. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  2. Penerimaan
    Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2017, sehat, dan memenuhi persyaratan khusus Universitas Brawijaya yang akan diumumkan segera.
Prosedur Pendaftaran
  1. Pendaftaran SBMPTN 2017 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id mulai tanggal 4 April 2017.
  3. Pendaftaran online Paper-Based Testing (PBT) dan Computer-Based Testing (CBT) dan dibuka dari tanggal 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran online CBT akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.
Jenis Ujian
  1. Ujian Tertulis (PBT atau CBT)Materi Ujian Tertulis terdiri atas:
    1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
    2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
    3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
  2. Ujian KeterampilanUjian Keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan terdiri dari :
    1. Ujian Keterampilan seni rupa dengan mata uji tes menggambar, tes pengetahuan dan wawasan seni rupa.
    2. Ujian Keterampilan seni tari dengan mata uji tes tari bentuk, tes kreatifitas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (dalam bentuk wawancara).
    3. Ujian Keterampilan seni musik dengan mata uji tes musikalitas, tes praktik instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (dalam bentuk wawancara).
    4. Ujian Keterampilan seni drama/teater dengan mata uji tes praktik monolog, tes pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama/teater (dalam bentuk wawancara).
    5. Ujian Keterampilan olahraga dengan mata uji tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.
Peserta dapat mengikuti Ujian Keterampilan di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.
Jadwal Ujian
  1. Ujian Tertulis (PBT dan CBT) :PBT dan CBT dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 16 Mei 2017
  2. Ujian Keterampilan :Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017
Pengumuman Hasil Seleksi
Hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id.
Tata Cara Daftar Ulang
Tata cara daftar ulang bagi calon mahasiswa baru jalur SBMPTN tahun 2017 dapat diakses melalui URL berikut : TATA CARA DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU JALUR SBMPTN TAHUN 2017















BAB III
KESIMPULAN


Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing) atau menggunakan komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia pusat.
Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
Sebagai siswa kelas XII yang nantinya akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi tentunya informasi ini sangatlah membantu dalam menentukan pilihan serta opsi yang akan diambil dalam melanjutkan pendidikannya.


















DAFTAR PUSTAKA


5.      https://sbmptn.ac.id/?mid=13

















KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat RahmatNyalah kita disini dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “SBMPTN”.
Adapun makalah ini tersusun atas tugas dari mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam penyusunanya kami menyadari terdapat kesulitan dalam mencari informasi serta materi yang dibutuhkan, namun dengan usaha yang kuat serta tekad akhirnya kami dapat melaluinya.
Demi kesempurnaan makalah ini, kami menerima saran maupun kritik yang bersifat membangun. Akhir kata kami / penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yangtelah ikut andil dalam membantu penyelesaian makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua, khususnya bagi kami/penulis.


Parigi, 13 Agustus 2017


Penulis









Text Box: i
 


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………           i
DAFTAR ISI ……………………………………………………………….                        ii
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………….                       1
A.        Latar Belakang……………………………………………………….           1
B.        Rumusan Masalah…………………………………………………….          1
C.        Tujuan…………………………………………………………………         1
BAB II PEMBAHASAN……………………………………………………..        2
A. Pengertian SBMPTN……………………………………………………….        2
B. Sejarah SBMPTN……………………………………………………………       2
C. Perguruan Tinggi Negeri Peserta SBMPTN…………………………………       3
D. Ketentuan Umum dan Persyaratan…………………………………………..      6
BAB III KESIMPULAN ……………………………………………………….     9
DAFTAR PUSTAKA……………………Text Box: ii……………………………………….   10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS

  MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS           Disusun Oleh : DADANG MAULANA YUSUF D4 KEARSIPAN         UNIVERSITAS...