Senin, 14 Agustus 2017

makalah analisis universitas galuh ciamis



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Masyarakat Tatar Galuh sangat mengharapkan dan mendambakan agar memiliki Perguruan Tinggi yang dapat dibanggakan, seiring dengan sulitnya melanjutkan studi ke perguruan tinggi khususnya bagi masyarakat ciamis sangat dirasakan oleh para generasi muda ciamis sebagai penerus bangsa yang memiliki idealisme dan patriotisme kebangsaan serta memiliki jiwa peduli atas utuhnya persatuan dan kesatuan bangsa, berbekal ilmu pengetahuan, keterampilan dan akhlak mulia.
Dalam rangka meningkatkan pelayanan. Universitas Galuh tetap menjaga kualitas infrastruktur, efisiensi, efektifitas administrasi dan organisasi internal sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. Menyadari akan arti keberadaan Perguruan Tinggi sebagai Wahana pembentukan watak dan kepribadian serta intelektual dalam pembentukan kecerdasan yang dilandasi oleh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Karenanya Universitas Galuh berkomitmen untuk segera melakukan langkah-langkah penjamin layanan akademik dengan menghindari praktik-praktik yang tidak bertanggung jawab dan tidak bermartabat.

B.   Rumusan Masalah
1)    Bagaimana sejarah Universitas Galuh ?
2)    Apa saja fasilitas penunjang perkuliahan ?
3)    Apa saja program pendidikan yang terdapat di Universitas Galuh?

C.   Tujuan
1)    Untuk mengetahui sejarah Universitas Galuh
2)    Untuk mengetahui fasilitas penunjang perkuliahan
3)    Untuk mengetahui program pendidikan yang terdapat di Universitas Galuh




BAB II
PEMBAHASAN

A.   Sejarah Universitas Galuh
Setiap orang di Priangan Timur khususnya tentu mengenal kerajaan Galuh, kerajaan yang amat besar dan amat terkenal. Nah kerajaan Galuh memang sekarang tinggal sejarah namun nama Galuh akan tetap eksis setidaknya sampai saat ini, tahu kenapa ? ya karena nama Galuh ini kemudian diabadikan (ditasbihkan) menjadi nama Universitas di Ciamis – Universitas Galuh.
Universitas Galuh beranjak perlahan menjadi Universitas unggulan, meneruskan tradisi unggul kerajaan Galuh. Sekarang mari mengenal Universitas ini lebih dekat. Ternyata sejarah perjalanan Universitas Galuh sengat panjang dan berliku. Bermula ketika masyarakat Tatar Galuh begitu mendambakan agar mereka memiliki perguruan tinggi sendiri, oleh karenanya tahun 1969 di Ciamis diselenggarakan Perguruan Tinggi IKIP Bandung kelas jauh, berkampus di jalan Jendral Sudirman. Sayang Perguruan Tinggi itu tak bertahan lama berdasarkan SK Sektor IKIP Bandung sejak1 juli 1975 IKIP Bandung extention Ciamis ditutup.
Penutupan IKIP Bandung Extention itu tak menyulutkan semangat pemuda Ciamis untuk bergerak mewujudkan Perguruan Tinggi (PT) yang memadai. Di motori oleh Mayor R Alibasya (alm), Letkol H.Ibing Kalyubi (alm), Drs. K.H. Djuan Ahmad Asy’ari, Drs. H.Odjo Sudjaja Gazali, Drs. H. Idit Suhendi (alm), Drs. Syafe’i Bastaman beserta kawan lainnya merumuskan untuk mendirikan PT di Ciamis yang di sampaikan pada Musda KNPI Ciamis 1977.
Dengan hasrat semangat yang tinggi akhirnya rencana ini didukung banyak tokoh masyarakat maka di bentuklah Yayasan Pendidikan Galuh , dengan akta Notaris No.44 tanggal 31 Desember 1977 yang diketuai oleh mayor R. Alibasya Yudanegara. Tahun 1978 dipersiapkan IKIP Galuh menerima mahasiswa baru.
Kemudian setelah itu perkembangan Perguruan Tinggi di bawah yayasan pendirian Galuh semkin cepat. Diantaranya dengan berdirinya STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Kependidikan) ,STP (Sekolah Tinggi Pertanian) ,STISIP (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ) ,STIE(Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi), dan STH (Sekolah Tinggi hukum).
Harapan utama masyarakat Tatar Galuh adalah memiliki Univetsitas yang unggul, karenanya untuk mewujudkan harapan itu, YPB kemudian mengeluarkan surat keputusan pembentukan penitia pendirian Universitas Galuh (UNIGAL).
Pada tanggal 8 April 1998 turunlah SK NO 114/SK/Disdik/98 yang menetapkan penggabungan sekolah – sekolah tinggi menjadi fakultas – fakultas di dalam Universitas Galuh dengan penambahan Fakultas Teknik.
Peresmian sendiri diadakan tanggal 10 Mei 1988 oleh mantan Bupati Ciamis sekaligus Gubernur Bidang Kesra H. Dedem Ruchlia. Akhirnya berkat dukungan dari berbagai lapisan masyarakat dan civites akademika, baik mahasiswa, dosen dan karyawan akhirnya Universitas ini resmi berdiri dan terus berkembang kearah yang lebih baik.

B. FASILITAS PENUNJANG PERKULIAHAN
1. Bangunan
Kampus milik sendiri, representatif, berada dalam jalur strategis dan dapat
dijangkau dengan mudah dari berbagai arah.

2. Laboratorium
1. Laboratorium Bahasa dilengkapi pusat layanan Kursus Bahasa Inggris,
Galuh English Centre (GEC). Bimbingan dan Test : TOEIC, TOEFL, IELTS.
2. Laboratorium Biologi
3. Laboratorium Hukum
4. Laboratorium Akuntansi
5. Laboratorium Fisip
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Keperawatan
8. Laboratorium Kebidanan
9. Laboratorium Pertanian dan Rumah Kaca

3. Upt Perpustakaan
Perpustakaan dilengkapi dengan berbagai macam buku dari berbagai
bidang ilmu, tempat yang nyaman dilengkapi dengan pendingin ruangan
sehingga memberikan kenyamanan bagi mahasiswa yang sedang membaca buku
atau hanya sekedar untuk berdiskusi seputar materi kuliah.

4. Knowledge Center (Warintek)
Knowledge Center merupakan proyek kerjasama dengan Menristek, berfungsi sebagai sarana pendidikan dan latihan ICT, penyebaran informasi dari media center dan Community Acces Point (Warintek) Terdapat Kawasan Free Hotspot Internet di Gedung Rektorat, dan Fakultas-fakultas.

5. Beasiswa
Mahasiswa yang berprestasi diberikan beasiswa, baik yang berasal dari
Pemerintah, Swasta maupun Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis diantaranya :
1.  Beasiswa bantuan belajar mahasiswa (BBBM)
2.  Beasiswa peningkatan prestasi akademik (BPPA)
3.  Beasiswa supersemar
4.  Beasiswa peningkatan prestasi ekstrakulikuler (BPPE)
5.  Beasiswa bagi mahasiswa berprestasi & tidak mampu program regular Dinas pendidikan prov. Jawa barat.
6.  Beasiswa bantuan belajar bagi guru
7.  Beasiswa yayasan pendidikan galuh
8.  Bantuan khusus mahasiswa
9.  Beasiswa korban bencana alam nasional

6. Asuransi
Seluruh Mahasiswa yang aktif dilindungi oleh Asuransi Kecelakaan bekerjasama dengan PT. Asuransi Bumi Putra.

7. Kerjasama Antar Instansi
Universitas Galuh telah melakukan MoU/Kemitraan dengan PTN, BUMN, Pemerintah Daerah, Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas di Wilayah Kabupaten Ciamis.

8. Kegiatan Mahasiswa
Bakat dan minat mahasiswa disalurkan melalui Organisasi Kemahasiswaan
diantaranya :
1.  Badan Eksekutif Mahasiswa.
2.  Dewan Perwakilan Mahasiswa.
3.  UKM Bola Basket.
4.  UKM Tarung Derajat.
5.  UKM Paduan Suara Mahasiswa.
6.  UKM Teater Tangtu Tilu.
7.  UKM Gamapala.
8.  UKM Hockey.
9.  UKM LDK Raudlatul Muttaqin.
10. UKM Pramuka.
11. UKM Resimen Mahasiswa.
12. UKM KSR PMI


C. PROGRAM PENDIDIKAN
Universitas Galuh bernaung di bawah Badan Hukum Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis yang berkeududukan di Ciamis dengan Akta Notaris No. 49/1977 Jo. No. 18 Tahun 1995. Seluruh kegiatan pendidikan di laksanakan di “Kampus Ungu“ Universitas Galuh yang beralamat di Jalan R.E. Martadinata No. 150 Tlp/Fax (0265) 776787 Ciamis 46251 Program Pendidikan yang diselenggarakan Universitas Galuh adalah dengan menggunakan satuan kredit semester (SKS) yang mengacu ada Keputusan Mendiknas Nomor : 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000.
Sejalan dengan berlakunya Keputusan tersebut di atas, maka Universitas Galuh sudah beberapa kali menyesuaikan kurikulum pendidikan untuk seluruh program studi  yang berbasis kompetensi. Jumlah kredit yang harus di tempuh oleh setiap mahasiswa
bervariasi, tergantung pada jenjang studi yang ditempuh, antara lain untuk jenjang :
Diploma (D3)            Jumlah SKS yang harus ditempuh antara 110-129 SKS
dijadwalkan 6           semester dengan batas waktu maksimal pendidikan selama 10 semester.
Stara Satu (S1)         Jumlah SKS yang harus ditempuh antara 144-160 SKS
dijadwalkan untuk 7 semester dengan batas waktu maksimal pendidikan selama 14 semester.
Stara Dua (S2)         Jumlah SKS yang harus ditempuh antara 36-50 SKS yang dijadwalkan untuk 4 semester dengan batas waktu maksimal 10 semester, termasuk penyusunan TESIS.
Beban studi mahasiswa untuk satu semester berkisar antara 16-20 SKS antara 18 SKS).

Description: C:\Documents and Settings\Admin\My Documents\Bluetooth\Bip\MISC\Profil_Universitas_Galuh_0024.jpg





BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Demikianlah pembahasan mengenai analisis lingkungan di Universitas Galuh Ciamis, dengan keterbatasan bahan materi sehingga penulis dapat menyajikan sebagaimana yang penulis peroleh. Sekilas mengenai Universitas Galuh Ciamis bahwasanya Universitas Galuh tengah berusaha mempersiapkan pola pendekatan berbasis mutu melalui sistem lembaga penjamin mutu, sebagai langkah standardisasi input, output dan proses demi kepuasan “Stakholder”. Upaya tersebut kami lakukan melalui pembenahan-pembenahan mekanisme dan tata laksana oraganisasi beserta kelengkapannya, peningkatan profesional dosen dan staf terhadap mahasiswa sehingga menciptakan atmosfer akademik yang kondusif dan demokratis.
Dalam konteks “Postmoderrism” pendidikan tinggi bukanlah merupakan proses memperoleh “Ijazah” saja namun lebih diorientasikan kepada memperoleh value/nilai-nilai moral tinggi melalui penekanan “critical thinking” sehingga mahasiswa akan peka terhadap isu kesetaraan, demokrasi, hubungan antar mahasiswa dalam kontek plural dan hak untuk maju (berkreativitas tanpa mengorbankan hak-hak orang lain). Karenanya Universitas Galuh berkomitmen untuk segera melakukan langkah-langkah penjamin layanan akademik dengan menghindari praktik-praktik yang tidak bertanggung jawab dan tidak bermartabat.


B.   Saran
Sebagai salahsatu mahasiswa di Universitas Galuh Ciamis, hendaknya kita mengetahui keadaan lingkungan di kampus kita sendiri, sehingga proses perkuliahan dapat berjalan dengan lancar.




DAFTAR PUSTAKA



1 komentar:

  1. Kasus Mantan Dekan FIKes Unigal Ciamis | Reportasee.com – Mantan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas Galuh (Unigal), TJ, telah terbukti bersalah dan divonis hukuman penjara. Penanganan kasus mantan Dekan FIKes Unigal ternyata masih terus berjalan.

    Informasi yang berhasil dihimpun, menyebutkan, ada fakta-fakta baru dalam hasil audit investigasi yang dilakukan auditor/ investigator independen. Fakta tersebut secara tidak langsung menyeret kembali nama mantan Dekan FIKes Unigal dan nama lain yang diduga terlibat.

    Selanjutnya Baca di Kasus Mantan Dekan FIKes Unigal Ciamis | Ciamis

    BalasHapus

MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS

  MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS           Disusun Oleh : DADANG MAULANA YUSUF D4 KEARSIPAN         UNIVERSITAS...