Senin, 14 Agustus 2017

makalah kegiatan sosial di bojongsalawe



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Manusia adalah makhluk sosial. Makhluk ini tidak bisa hidup sendiri, didalam hidupnya ia bergantung pada makhluk lain. Setiap individu tidak mampu bertahan hidup lama apabila ia tidak mau menyadarinya bahwa dirinya sebagai makhluk sosial. Makhluk ini diciptakan oleh Sang Pencipta dengan bergantungan satu sama lain. Oleh sebab itu kegiatan saling menolong sangatlah diperlukan. Hal ini memicu tumbuhnya kesadaran untuk mengikuti kegiatan sosial. Kegiatan sosial terlihat sangat mudah dan remeh untuk dilakukan. Kebanyakan orang menganggap kegiatan tersebut sepele. Bagi orang awam menganggap kegiatan tersebut hanya menghabiskan waktu, bahkan kegiatan tersebut hanya akan menimbulkan rasa capek, menghabiskan waktu, bahkan bisa saja mengorbankan materi. Bagi orang yang tidak mengetahui arti pentingnya kegitan sosial ini, mereka malas untuk melakukannya.
Mengacu pada penjelasan diatas, maka kami dalam hal ini berupaya untuk menyusun sebuah makalah berkenaan dengan kegiatan sosial yang bertempat di daerah Bojong Salawe, tempat dimana kami telah melakukan wawancara dengan salah seorang tokoh masyarakat setempat.

B.   Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut :
1.   Untuk memenuhi tugas sosiologi
2.   Untuk mengetahui kegiatan sosial yang ada di Bojongsalawe
3.   Mengetahui bagaimana cara sosialisasi dengan masyarakat setempat untuk mewujudkan tujuan bersama dalam hal gotong royong serta kegiatan sosial lainnya.
BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Kegiatan Sosial
Kegiatan sosial adalah salah satu bentuk kepedulian seseorang atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain yang dirasa memiliki keterbatasan kondisi. Keterbatasan kondisi ini dapat berupa keterbatasan sandang, pangan, papan, maupun kesehatan/fisik yang disebabkan oleh berbagai kondisi. Pada dasarnya kegiatan sosial mengacu pada kata “sosial”. Hal ini terkait dengan kebutuhan manusia antara satu dengan yang lain.
Disinilah peran kegiatan sosial. Kegiatan sosial dapat menyokong kehidupan masyarakat menjadi lebih baik serta menciptakan kesetaraan sosial. Peran ini menjadi penting melihat banyaknya kondisi masyarakat yang berkekurangan dari segi ekonomi atau kesenjangan sosial. Melalui kegiatan sosial kita diajak untuk lebih peka dan peduli terhadap keadaan sekitar. Sifat ini perlu dikembangakan sejak dini (Alavi, Amin, Subhi, Mohamad, & Sarnon, 2012), sehingga kepedulian ini dapat menjadi langkah  awal  yang  mencegah  terjadinya sikap apatis pada masyarakat.
Pada hakikatnya, sebagai mahluk sosial yang saling membutuhkan, kita memiliki kewajiban untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Hal yang perlu diingat adalah bahwa setiap gerakan yang kita lakukan dalam kegiatan sosial adalah murni karena kepedulian kita akan masyarakat. Sehingga, dalam penerapannya kita dapat mempertimbangkan dan mengambil keputusan yang tepat dalam memberi bantuan yang dapat memberikan bekal untuk masa depan mereka serta memberikannya pada orang yang tepat pula.
Pada era kini, kegiatan sosial kurang dimaknai secara esensial. Kegiatan sosial kini dilakukan pada pihak yang kurang tepat. Biasanya sasaran dari kegiatan sosial adalah pihak yang mampu secara ekonomi ataupun mereka sudah menerima bantuan yang cukup dari pihak lain. Hal ini menyebabkan kurangnya kesetaraan sosial antar-wilayah. Selain itu juga dapat memicu adanya kecemburuan sosial.
Kegiatan sosial banyak dipahami sebagai bentuk bantuan secara langsung untuk masyarakat kurang mampu. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, namun perlu diperhatikan bahwa bantuan tersebut akan lebih baik, jika memiliki nilai esensi yang baik pula. Misalnya saja, seperti pemberian jasa perpustakaan keliling bagi masyarakat di daerah terpencil dan kegiatan lainnya. Manfaat dari kegiatan sosial ini adalah dapat memberikan bantuan berupa ilmu pengetahuan yang disalurkan melalui buku-buku.
Berdasarkan kondisi saat ini, dapat dikatakan kegiatan sosial masih bersifat non-preventif. Perlu diketahui sifat dari kegiatan sosial seperti ini akan menjadi kurang bermakna jika hanya memberikan bantuan dana maupun sebatas barang-barang kebutuhan pokok. Selain itu, pihak penerima bantuan akan cenderung memiliki ketergantungan atas bantuan yang telah diberikan. Hal ini disebabkan karena kegiatan ini hanya menyelesaikan masalah yang bersifat sementara dan tidak solutif. Oleh sebab itu dibutuhkan pemahaman mendalam akan kegiatan sosial saat ini.
Kegiatan sosial lebih berdaya guna jika membagikan “sesuatu” yang bermakna lebih bagi banyak orang. Bentuk dari kegiatan ini dapat bermacam-macam, seperti memberikan pelatihan kerja bagi para tuna wisma atau penyandang disabilitas, memberikan pengajaran bagi anak-anak putus sekolah, maupun memberikan penyuluhan kesehatan di beberapa daerah pelosok. Selain bersifat mencegah, kegiatan semacam ini memberikan rasa tanggap seseorang akan kesejahteraan hidup di masa mendatang.
Kesadaran dan kepekaan akan isu sosial dapat membangun karakter seseorang mengenai cara berpikir dan berperilaku yang membantu sesama untuk hidup dan bekerja sama dalam membangun kehidupan yang lebih baik (Chrisiana, 2005). Untuk itu diperlukan peran dari semua pihak untuk membangun kemajuan bangsa melalui kegiatan-kegiatan sosial yang “berkualitas”. Sehingga, pada masa mendatang, dengan dilaksanakannya berbagai kegiatan sosial dapat memiliki peran sebagai solusi jangka panjang bagi kehidupan masyarakat.


B.   Sekilas Daerah Bojongsalawe
Bojongsalawe merupakan wilayah yang terletak di Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi. Kontur wilayahnya merupakan wilayah pesisir, dimana sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan.
Secara teoritis, masyarakat pesisir merupakan masyarakat yang tinggal dan melakukan aktifitas sosial ekonomi yang terkait dengan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan. Dengan demikian, secara sempit masyarakat pesisir memiliki ketergantungan yang cukup tinggi dengan potensi dan kondisi sumberdaya pesisir dan lautan.
Namun demikian, secara luas masyarakat pesisir dapat pula didefinisikan sebagai masyarakat yang tinggal secara spasial di wilayah pesisir tanpa mempertimbangkan apakah mereka memiliki aktifitas sosial ekonomi yang terkait dengan potensi dan kondisi sumberdaya pesisir dan lautan.
Menurut Fahmi, Masyarakat pesisir itu sendiri dapat didefinisikan sebagai  kelompok orang atau suatu komunitas yang tinggal di daerah pesisir dan sumber kehidupan perekonomiannya bergantung secara langsung pada pemanfaatan sumberdaya laut dan pesisir.



C.   Biodata Narasumber
Nama                        : Sugiato
Alamat                      : Dusun Bojongsalawe RT.15 RW.06
Tempat Tgl Lahir       : Ciamis, 07 September 1969
Riwayat Pendidikan   : SLTA
Pekerjaan                  : Nelayan
Jabatan                    : Kepala Dusun

D.   Susunan Pewawancara
Pewawancara           :
1.   Maya
2.   Kelvin
3.   N. Yuli
4.   Arman
Pembuat Pertanyaan : Yuli

E.   Kegiatan Hasil Wawancara
Pertanyaan :
1.   Kegiatan sosial apa saja yang dilakukan di daerah bojongsalawe ?
2.   Apakah sosialisasinya berjalan dengan baik ?
3.   Sosialisasi apa saja yang ada disini ?
4.   Apa mayoritas pekerjaan masyarakat di bojongsalawe ?

Jawaban :
1.   Kegiatan sosialnya cukup banyak dan berjalan lancar, salahsatunya adalah kegiatan gotongroyong yang dilakukan dalam jangka waktu 2 minggu sekali. Semua masyarakatnya ikut gotong royong. Ada juga kebudayaannya yaitu seperti pengajian, syukuran-syukuran dan masih banyak lagi.
2.   Sangat baik, sosialisasinya dijalankan oleh RT RW dan disampaikan kepada masyarakat dengan baik dan masyarakat pun menerima sosialisasinya dengan baik tidak ada yang ribut.
3.   Sosialisasinya ada beberapa macam yaitu tentang penyampaian kebersihan lingkungan, pajak bumi dan bangunan dan pengajian dan lainnya.
4.   Mayoritas masyarakat di bojongsalawe yaitu nelayan dan berdagang ikan. Namun ada juga yang bertani tetapi tidak  banyak karena daerah disini itu dekat dengan laut jadi susah bila ingin bertani.





















BAB III
PENUTUP

Demikianlah kegiatan hasil wawancara kami dengan narasumber, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, khususnya kami penulis yang masih dalam proses belajar. Dan dengan kegiatan tersebut kita dapat mengetahui bagaimana proses kegiatan sosial di daerah tersebut, dan apa makna sesungguhnya kegiatan sosial yang dilakukan dengan sosialisasi yang baik yang terbentuk anara komunikasi yang baik dari pihak berwenang / pemerintah setempat dengan masyarakatnya.
Berbagai keuntungan mengikuti kegiatan sosial antara lain menambah relasi kita dengan teman-teman relawan diluar, menambah berbagai pengalaman yang didapatkan selaama mengikuti  kegiatan tersebut, menumbuhkan jiwa sosial kita agar bisa saling membantu satu sama lain, mendatangkan rejeki, menumbuhkan kreativitas dan sebagainya. Alasan orang malas untuk mengikuti kegiatan-kegitan sosial salah satunya mereka merasa tidak mendapatkan reward yang dapat dinnikmati secara nyata. Mereka tidak menyadari bahwa dengan mengikuti kegiatan sosial orang tersebut menjadi pengalaman dalam berorganisasi, bisa mendatangkan rejeki berupa materi.









DAFTAR PUSTAKA


3.   http://detian23com.blogspot.co.id/2015/04/pantai-bojong-salawe.html






















1 komentar:



  1. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    BalasHapus

MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS

  MAKALAH FORMAT REKOD BISNIS           Disusun Oleh : DADANG MAULANA YUSUF D4 KEARSIPAN         UNIVERSITAS...